TY - THES N2 - Kemampuan seseorang dapat berhasil dalam kehidupannya ditentukan oleh keterampilan berpikirnya, terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah kehidupan yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 58 Jakarta kelas X pada materi Pencemaran Lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X MIPA B SMAN 58 Jakarta. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal essay terdiri dari 15 soal serta kuesioner terdiri dari 20 item pernyataan menggunakan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Ennis. Analisis instrumen ini mencakup validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kategori sedang dengan persentase sebanyak 47,2%, siswa yang kemampuan berpikir kritisnya rendah sebanyak 19,5%, dan siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tinggi sebanyak 33,3%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa rata-rata yang diperoleh siswa X MIPA B SMAN 58 Jakarta pada tes kemampuan berpikir kritisnya menunjukkan nilai 68,6 dengan kategori berpikir kritis pada kategori sedang/cukup. ID - repository17365 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17365/ A1 - Nurlatifah, Asriza A1 - Meitiyani, meitiyani Y1 - 2020/08/22/ M1 - bachelor TI - ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN AV - public PB - Universitas Prof.Dr. Hamka ER -