eprintid: 17359 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/59 datestamp: 2023-07-10 08:28:31 lastmod: 2023-07-10 08:28:31 status_changed: 2023-07-10 08:28:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dianah, Siti Nurmusholihah creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Kartikawati, Eka creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS X IPA PADA POKOK BAHASAN VIRUS ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan analisis siswa kelas X IPA pada pokok bahasan Virus. Kemampuan analisis merupakan kemampuan memecah suatu kesatuan menjadi bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian tersebut dihubungkan satu sama lain. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-Desember Tahun ajaran 2017-2018 di SMA Negeri 6 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 6 Pandeglang yang berjumlah 250 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan Cluster random sampling yaitu pengambilan kelompok sebagai sampel dipilih secara acak pada empat kelas dari kelas X IPA dan didapatkan kelas X IPA 4 sebagai sampel penelitian yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian berbasis analisis (C4) yang berjumlah lima butir soal tentang Virus dari tiga indikator untuk mengukur kemampuan analisis siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan analisis siswa pada pokok bahasan virus kelas X IPA SMA Negeri 6 Pandeglang rata-rata sebesar 59% yang masih tergolong kurang, dengan indikator tertinggi yaitu membedakan sebesar 76% dan indikator terendah yaitu mengorganisasi sebesar 37%. date: 2019-10-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amri, Sofan dan Iif Khoiru A. 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana. Anderson, Lorin W dan David R Krathwohl.(2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen (Penterjemah: Prihantoro, A. dari A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives A Bridged Eddition: Addison Wesley Longman, Inc. 2001). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Asy’ari, Muslichah. 2006. Penerapan Sains Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-Direktorat Ketenagaan. Atikasari, Sandra., dkk. 2012. Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning (PBL) dalam materi pencemaran lingkungan terhadap Kemampuan Analisis siswa. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. UNESA Journal Of Biology Education. Volume.1 no. 3. ISSN 2252-6579 Brookhart, S. M. 2010. How to Assess High-Order Thinking Skills in Your Classroom. Virginia: ASCD. Bundu, P. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains-SD. Jakarta : Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-Direktorat Ketenagaan. ______. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar 2006. Jakarta: BSNP. Cottrell, S. 2005. Critical Thinking Skills, Developing Effective analysis and Argument. New York : Palgrave Macmillan. Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Penjamin Mutu Pendidikan. Jakarta : Depdiknas. 63 Filsaime, Dennis K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka. Herlinawati, Herpratiwi, Abdurrahman. 2012. Pemanfaatan media audiovisual materi sistem peredaran darah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar. Bandar Lampung. Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Ciputat : Gaung persada. Jufri, A Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung Pustaka Reka Cipta. Kemendikbud. 2016. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Maslow, A. 2010. Teori Hierarki Kebutuhan Maslow. diakses 16 Agustus 2017. dari http://www.praswck.com/teori-kebutuhan-abraham-maslow. Nitko, A.J. & Brookhart, S.M. 2011. Educational Assessment of Student (6th ed). Boston: Pearson Education. Novita, Sania., dkk. 2016. Perbandingan Kemampuan Analisis siswa melalui Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning. Pendidikan Biologi UNS. Volume 13 no 1 (ISSN: 2528-5742). Nurhayati, Eti. 2010. Bimbingan Keterampilan dan Kemandirian Belajar. Bandung : Batic Press. Purwanto, N. 2013. Prinsip-Prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Rustaman, NY., dkk. Strategi Belajar dan Mengajar Biologi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Safari. 2004. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non tes. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia. 64 Slameto. 2015. Belajar dan Faktor -Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta. Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung : Alfabeta. Tim Pengembang MKPd. 2012. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Uno, Hamzah B. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Widiantari, Maha Putri., dkk. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Matematika. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD.Volume 4. No 1. Diunduh pada tanggal 4 Juni 2017, dari https://ejournal.undiksha.ac.id citation: Dianah, Siti Nurmusholihah dan Akbar, Budhi dan Kartikawati, Eka (2019) KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS X IPA PADA POKOK BAHASAN VIRUS. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17359/1/SITI%20NURMUSHOLIHAH%20DIAN.pdf