eprintid: 17358 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/58 datestamp: 2023-07-10 08:28:29 lastmod: 2023-07-10 08:28:29 status_changed: 2023-07-10 08:28:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurhazizah, Siti creators_name: Meitiyani, meitiyani creators_name: Anugrah, Devi creators_id: devi.anugerah@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA KELAS XI ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem respirasi manusia. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 25 Kabupaten Tangerang pada semester genap 2018/2019. Sampel diambil secara Cluster Random Sampling dengan responden sebanyak 27 siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan berupa angket gaya belajar berjumlah 45 butir dan tes pilihan ganda kemampuan berpikir kritis pada materi sistem respirasi manusia sebanyak 25 soal. Hasil penelitian menghasilkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 64,07 dan persentase rata-rata gaya belajar siswa untuk visual sebesar 63,3%, auditori sebesar 63,6%, dan kinestetik sebesar 63%. Data dianalisis menggunakan uji regresi dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil uji regresi dan korelasi ganda didapatkan persamaan Y = -13,09 + 0,85 X1 + 0,23 X2 + 0,14 X3 dengan perolehan r hitung= 0,398 dan r tabel= 0,396. Dari hasil tesebut menandakan terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi sistem respirasi manusia yang tergolong kategori rendah, dengan r2= 0,158 yang artinya gaya belajar memiliki kontribusi sebesar 15,8% terhadap kemampuan berpikir kritis dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. date: 2019-10-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amir, M. F. 2015. Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara. 1(2): 159-170. Arikunto, S. 2017. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditoi dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. 44(2): 168-174. Chania, Y., Havis, M., & Sasmita, D. 2016. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek. 8(1): 77-84. Deporter, B & Hernacki, M. 1992. Quantum Learning: Unleashing The Genius in You. New York: Dell Publishing. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa. Ennis, R. H. 1996. Critical Thinking. New jersey: Prentice-Hall Inc. Fisher, A. 2007. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Gugi Sagara, editor. (ID): Erlangga. Fristadi, R & Bhrata, H. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY: 597-602. Herdianto, H & Setyarsih, W. 2014. Identifikasi Profil Bepikir Kitis Siswa dalam Pembelajaran Fluida Statis dengan Modifikasi High-a Binaural dan Guided Problem Solving. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 3(2): 154-160. ISSN: 2302-4496. Irawan, T. I., Rahardjo, S. B., & Sarwanto. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. 232-236 Karim, A. 2014. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Formatif. 4(3): 188-195. ISSN: 2088-351x. Komara, E. 2016. Belajar dan Pembelajaran INTERAKTIF. Bandung: PT Refika Aditama 58 Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis – Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press. Mentari, N., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(1): 69-98. p-ISSN: 2356-2684. e-ISSN: 2580- 2437. Mulyaningsih. 2013. Peningkatan Perilaku Caring Melalui Kemampuan Berpikir Kritis Perawat. Jurnal Managemen Keperawatan. 1(2): 100-106. Murfi, A & Noneng, S. R. 2016. Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Studi Komparasi Siswa Berprestasi SMAN 1 dengan MAN 1 Yogyakarta Kelas XI. Jurnal Pendidikan Madrasah. 1(2): 295-308. p-ISSN: 2527-4287. e-ISSN: 2527-6794. Nafila, N. H., Nurul, Azmi., & Muspiroh, N. 2016. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Iman dan Taqwa (IMTAQ) Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ciwaringin. Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains. 5(2): 137-143. ISSN: 2302-1530. e-ISSN: 2527-7596. Ningtyas, D. A & Tenzer. A. 2018. Pengaruh Penerapan Asesmen Portofolio Proses Dalam Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batu. Jurnal Pendidikan Biologi. 9 (1): 1-9. Nurbaeti., Nuryanti, S., 7 Indarini, D. P. 2015. Hubungan Gaya Belajar Dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas X SMKN 1 Bungku Tengah. e-Jurnal Mitra Sains. 3(2): 24-33. ISSN: 2302-2027. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2016. Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah Pietono, Y. D. 2014. Mendidik Anak Sepenuh Hati. Jakarta: Gramedia. Purmadi, A & Surjono, H. D., 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 3(2): 151-165. p-ISSN: 2407-0963. e-ISSN: 2460-7177. Purwanto, N. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 59 Restami, M. P., Suma, K., & Pujani, M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Obseve-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. E-jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3: 1-11. Rokayana, N. W., & Efendi. N. 2017. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA Ditinjau dari Gaya Belajar Visual. Science Education Journal. 1(2): 84-91. e-ISSN. 2540 – 9859. Rosmaiyadi. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Learning Cycle 7E Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1): 12-19. p-ISSN: 2089-8703. e-ISSN: 2442-5419. Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KENCANA. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ________. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sulistiyawati & Andriani, C. 2017. Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Perbedaan Gender Siswa. Wacana Akademika. 1(2): 127- 142. Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: KENCANA PRENADAMEDIA GROUP. Syawahid, M & Susilahudin, P. 2017. Kemampuan Literasi Matematika Siswa SM ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Tadris Matematika. 10(2): 222-240. p-ISSN: 2085-5893. e-ISSN: 2541-0458. Tanujaya, B. 2014. Pengukuran Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika. Proceeding Seminar Nasional Psikometri. 242-252. Yaumi, M. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: KENCANA Prenadamedia Group. Zubaidah, S. 2010. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains. 16 Januari 2010. 1-14. citation: Nurhazizah, Siti dan Meitiyani, meitiyani dan Anugrah, Devi (2019) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA KELAS XI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17358/1/SITI%20NURHAZIZAH.pdf