eprintid: 17357 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/57 datestamp: 2023-07-10 08:28:28 lastmod: 2023-07-10 08:28:28 status_changed: 2023-07-10 08:28:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aprilianti, Siska creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Dharma, Agus Pambudi creators_id: agus.pambudi@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI MAN 8 JAKARTA ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 8 Jakarta pada kelas XI semester 2 bulan maret hingga juni pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, sehingga dapat diperoleh dua kelompok untuk penelitian yaitu XI MIA 1 dengan jumlah 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 dengan jumlah 36 orang siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan Quasi Eksperimen, sedangkan desain yang digunakan Posttest-Only Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 84,29 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 78,20. Hasil uji hipotesis digunakan uji t pada taraf siginfikan α = 1%, diperoleh thitung = 4,14 > ttabel 2,65 ; yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adhani, A. & Ilma, S. (2017). Efektivitas Strategi Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Keterampilan Metakognitif. Kalimantan: Universitas Borneo Tarakan Afandi, M. Chamalah. E. & Wardani. P.O. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Press Arikunto, S. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Asep, J. & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo Badria, L. dan Ramdani, D. (2018). Model Brain Based Learning (BBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pokok Bahasan Sistem Indra. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi Baransano, A.Y. Yohanita, A.M. & Damopolii, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA YABT Manokwari. Disampaikan dalam seminar Nasional MIPA II Universitas Papua “Konservasi, Matematika, Sains dan Teknologi, 12 Juli 2017. Manokwari: Universitas Papua Basri, H. (2015). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia Fajriati, S.I. Safei & Saprina. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brain Based Learning Berbantu Brain Gym Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Makassar: UIN Alauddin Handayani, S.B & Corebima, D.A. (2016). Model Brain Based Learning (BBL) and Whole Brain Teaching (WBT) in Learning. Malang: Universitas Malang Irnaningtyas & Istiadi, Y. (2014). Biologi Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Erlangga Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta KEMENDIKBUD. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta Lestari, E.K. (2014). Implementasi Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Kerawang: UNSIKA 47 Mariyam & Nuraida, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Dipadukan dengan Mind Mapping terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Munfaridah, N. Yuliati, L. & Diantoro, M. (2015). Peran Mind Map dalam Model Brain Based Learning berkaitan dengan Penguasaan Konsep Fisika. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang Munir, K.M. Damopolii, I & Iwan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Yapis Manokwari. Manokwari: UNIPA Nusantari, E. (2015). Kajian Faktor yang Mempengaruhi Retensi Siswa SMA (Analisis Hasil Penelitian Eksperimen dan PTK). Gorontalo: Universitas Gorontalo Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Rulyansah, A. Hasanah,U. & Wardana, A.L. (2017). Model Pembelajaran Brain Based Learning Bermuatan Multiple Intelligences. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng: Saparina, R. Santosa, S. & Maridi. (2013). Pengaruh Model Brain Based Learning (BBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret Saptawulan, A. (2012). Belajar Biolohi yang Menyenangkan dengan Permainan Kuartet dan Pementapan Konsep Secara Mandiri Melalui Blog. Jurnal Pendidikan Penabur Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group 48 Widodo, H. (2018). Pendekatan Brain Based Learning (BBL) sebagai Basis Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan Yazidi, A. (2013). Memahami Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Bogor: Universitas Pakuan. Zaini, H. Munthe, B. & Aryani, A.S. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani citation: Aprilianti, Siska dan Akbar, Budhi dan Dharma, Agus Pambudi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI MAN 8 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17357/1/SISKA%20APRILIANTI.pdf