eprintid: 17354 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/54 datestamp: 2023-07-10 08:28:18 lastmod: 2023-07-10 08:28:18 status_changed: 2023-07-10 08:28:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amanah, Rinfil creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Dharma, Agus Pambudi creators_id: agus.pambudi@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI PADA SISWA KELAS X MATERI DUNIA ANIMALIA ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap keterampilan mengklasifikasi siswa kelas X di MAN 2 Jakarta pada pokok bahasan animalia. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 108 siswa terbagi dalam tiga kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen tes yang terdiri atas 26 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Indikator kemampuan yang diukur meliputi lima jenis indikator yaitu mencari persamaan, mencari perbedaan, mengelompokkan, membandingkan, dan mengontraskan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kemampuan mengklasifikasi dari kelas eskperimen sebesar 76,25. Adapun kelas kontrol memperoleh nilai 60,63. Uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikasi α = 1% di peroleh thitung 9,65 > ttabel 2,38, yang berarti H0 ditolak. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikina penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E berpengaruh terhadap keterampilan mengklasifikasi siswa pada pokok bahasan animalia. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aisiyah, L. N. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dasar Dengan Pendekatan Open Inquiry, 6(1), 13–30. Amaliyah, R., Zubaidah, S., & Lestari, U. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantu Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM, 1. Arikunto, S. (2017). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Ed.2). Jakarta: Bumi Aksara. Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. jakarta: Depdiknas. Gustiawati, R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p27-31 Gazali, A., Hidayat, A., & Yuliati, L. (2015). Efektivitas Model Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 3(1), 10–16. https://doi.org/10.17977/jps.v3i0.4833 Hartati, T. A. W., Corebima, A. D., & Suwono, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dan Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Kemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 3(1), 22–30. https://doi.org/10.17977/jps.v3i1.6939 Kartimi, K., Gloria, R. Y., & Ayani, A. (2013). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pengajaran Biologi Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII Di SMPN 1 Talun. JURNAL SCIENTIAE EDUCATIA, 2(April), 73–85. Kruea-in, C., Kruea-in, N., & Fakcharoenphol, W. (2015). A Study of Thai In-Service and Pre-Service Science Teachers ’ Understanding of Science Process Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 993–997. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.291 Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1). https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.325 Lestari, I. D., Yuliati, L., & Suwono, H. (2018). Kemampuan Representasi Siswa SMP dalam The 5E Learning Cycle dengan Reflective Self Assessment pada 51 Materi Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 165–173. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10492 Manu, T. S. N., & Nomleni, F. T. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Karya Kelompok Terhadap Keterampilan Proses Sains Dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 167–179. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p167-179 Marisna, R., & Sigit, D. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Antara Siswa yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Cycle 5E-Mind Mapping pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7), 891—897. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i7.11332 Ngalimun, N., Fauzani, H. M., & Salabi, A. (2016). Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswajaya Pressindo. Nisa, M., Arifuddin, M., & Miriam, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 13 Banjarmasin Dengan Model Pembelajaran 5E. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2). https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4933 Nugraheni, D., Suyanto, S., & Harjana, T. (2017). Pengaruh Siklus Belajar 5E Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Sistem Saraf Manusia. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(4), 178–188. Pratama, P., & Supradi, K. (2014). Implementasi Local Material Experiment Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Chemistry in Education, 3(1), 1–8. Priadi, A., & Herlanti, Y. (2016). Biologi SMA Kelas X 1. (Z. Zuneldi, Ed.) (kedua). jakarta: Yudhistira. Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung. Putra, F., Nur Kholifah, I. Y., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). 5E-Learning Cycle Strategy: Increasing Conceptual Understanding and Learning Motivation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 171. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2898 R, A., & Wuryanto, W. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran LC 5E Dan TSTS Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Kreano, 5(1). Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Pesona Dasar, 5(2), 22–33. Rustaman, N. (2005a). Stategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang. Sari, I. N., Saputri, D. F., & Beno, Y. (2016). Penerapan Model Learning Cycle 5E Dalam Materi Besaran Pokok Dan Turunan Di Kelas VII SMP Negeri 1 52 Sengah Temila. Jurnal Pendidikan Fisika, 05(2), 277–282. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.127 Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Sickel, A. J., Witzig, S. B., Vanmali, B. H., & Abell, S. K. (2013). The Nature of Discourse throughout 5E Lessons in a Large Enrolment College Biology Course. Research in Science Education, 43(2), 637–665. https://doi.org/10.1007/s11165-012-9281-6 Sistriyani, D., Suwarsi, E., & Supriyadi, S. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Kingdom Animalia Di Sma Dengan Interactive Skill Station Supported By Information Technology (Iss-It) Untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, Dan Hasil Belajar. Journal of Innovative Science Education, 1(1). Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Suryani, A. I., W. Jufri, A., & Setiadi, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran 5E Terintegrasi Pendekatan Sainstifik Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMPN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2016/2017. J. Pijmar MIPA, XII(1), 39–43. Trianto, T. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. Ulas, A. H., Sevim, O., & Tan, E. (2012). The effect of worksheets based upon 5e learning cycle model on student success in teaching of adjectives as grammatical components. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31(2011), 391–398. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.072 Utami, Z. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Sendangadi 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(5). Wijeyanti, N. I., Negara, I. G. O., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Peta Konsep (Concept Mapping) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Tibubeneng Badung. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. Yuniarti, N., & Murnaka, N. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Derivat, 4(2), 8–16. Zulchaidar, I. (2017). Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34, 137–144. citation: Amanah, Rinfil dan Akbar, Budhi dan Dharma, Agus Pambudi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN MENGKLASIFIKASI PADA SISWA KELAS X MATERI DUNIA ANIMALIA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17354/1/RINFIL%20AMANAH.pdf