eprintid: 17353 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/53 datestamp: 2023-07-10 08:26:10 lastmod: 2023-07-10 08:26:10 status_changed: 2023-07-10 08:26:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azmi, Rina Izzatul creators_name: Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih creators_name: Anugrah, Devi creators_id: maryanti.setyaningsih@uhamka.ac.id creators_id: devi.anugerah@uhamka.ac.id title: EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM BIOLOGI DALAM PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 34 JAKARTA ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan laboratorium dalam penunjang pembelajaran biologi di SMA Negeri 34 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 34 Jakarta pada bulan April tahun 2019. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sebanyak 4 guru mata pelajaran biologi dan 1 kepala laboratorium. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket tentang efektivitas pemanfaatan laboratorium. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pemanfaatan laboratorium di SMA Negeri 34 Jakarta termasuk dalam kategori efektif dengan persentase sebesar 77,9% dapat dilihat dari indikator penggunaan laboratorium sebesar 86% termasuk kategori sangat efektif. Selanjutnya indikator fasilitas laboratorium sebesar 86% termasuk kategori sangat efektif. Kemudian indikator prosedur penggunaan sarana laboratorium sebesar 76,56% termasuk kategori efektif. Lalu indikator alokasi waktu sebesar 66% termasuk kategori cukup efektif, dan indikator pemanfaatan laboratorium sebagai sarana dan sumber belajar siswa sebesar 75% termasuk kategori efektif. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian yaitu efektivitas pemanfaatan laboratorium biologi di SMA Negeri 34 Jakarta sudah termasuk efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rhineka Cipta. Aril. (2007). Analisis Pengelolaan Praktikum Biologi Di Laboratorium Biologi. (http://ejournal.umm.ac.idc_journal.pdf). (Online). Diakses pada 13 April 2019. Azra, F. V. L. F. I., & Ramayani, C. (2013). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak Etap)(Studi Kasus Pada CV. Citra Pandion Bernas Di Kabupaten Solok). Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 1(2). Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Rhineka Cipta. Depdiknas. (2002). Jakarta : SPTK-21. Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Decaprio, R. (2013). Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Diva Press. Djumhana, N. (2009). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI. Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida journal, 5(1). Fatonah, S., & Prasetyo, Z. K. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Ombak. Handayani, M. (2018). Pemanfaatan Sarana Laboratorium di SMA yang Telah dan Belum Melaksanakan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2). Indriastuti, I., Herlina, L., & Widiyaningrum, P. (2013). Kesiapan Laboratorium Biologi Dalam Menunjang Kegiatan Praktikum SMA Negeri di Kabupaten Brebes. Journal of Biology Education, 2(2). Irhami, S. N. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Gairah Siswa dalam Pembelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Negeri 02 Banyumas. Jurnal Kependidikan, 7(1). Iqbal, H. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Edisi Ke-2. Cetakan Ke-2. Jakarta: PT Bumi Aksara. Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung: CV. Alfabeta. 52 52 Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Mastika, I. N., Arnyana, I. B. P., Setiawan, I. G. A. N., & Si, M. (2014). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). Mirdayanti, R., & Murni, M. (2018). Kajian Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasi Simulasi Sebagai Upaya Mengatasi Ketidak-sediaan Laboratorium. Visipena Journal, 8(2). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional. Rusmaini. (2011). Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press. Rustaman, N. Y., Dirdjosoemato, S., Yudianto, S. A., & Achmad, Y. (2003). Strategi Belajar Mengajar. Biologi Common Text Book. Subamia, I. D. P. (2015). Analisis Kebutuhan Tata Kelola Tata Laksana Laboratorium IPA SMP di Kabupaten Buleleng. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(2). Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Pers. Sugiyono, P. D. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama. Sukarso. Pengertian dan Fungsi Laboratorium. (Online). (https://wanmustafa.wordpress.com/2011/06/12/pengertian-dan-fungsi-laboratorium/). Diakses pada Minggu, 22 Juli 2019.. Suprayitno, T. (2010). Panduan Teknis Perawatan Peralatan Laboratorium Kimia SMA. Jakarta : Erlangga. Solikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 4(1). 53 53 Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara. Wicaksono, Agung. (2009). Efektivitas Pembelajaran. Jakarta: Gramedia citation: Azmi, Rina Izzatul dan Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih dan Anugrah, Devi (2019) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM BIOLOGI DALAM PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 34 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17353/1/RINA%20IZZATUL%20AZMI.pdf