<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN\r\nBIOLOGI KELAS VIII SEMESTER 1"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian\r\nKeterampilan Proses Sains (KPS) pada materi biologi kelas VIII SMP Semester 1.\r\nPenelitian dilakukan dari bulan Maret hingga Juli 2019. Penelitian ini\r\ndilaksanakan di SMP Negeri 179 Jakarta yang beralamat di Jalan Raya Kalisari,\r\nJakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP\r\n179 yang tersebar ke dalam 9 kelas. Sampel diperoleh dengan menggunakan\r\nteknik cluster random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas\r\nVIII 3, VIII 8, dan VIII 9. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah\r\nmetode pengembangan (Developmental Research) dengan model prosedural\r\nmengadaptasi pengembangan instrumen menurut Djaali dan Mulyono (2008).\r\nInstrumen penilaian yang dikembangkan berupa tes pilihan ganda dengan jumlah\r\n60 butir soal yang terdiri dari 9 indikator yaitu observasi, klasifikasi, komunikasi,\r\nprediksi, menerapkan konsep, hipotesis, interpretasi, mengajukan pertanyaan serta\r\nmerancang percobaan. Langkah-langkah pengembangan instrumen terdiri dari\r\nbeberapa tahap yaitu tahap sintesa teori dan analisis (menentukan definisi\r\nkonseptual dan operasional), tahap perancangan (konstruksi variabel,\r\npengembangan indikator, penyusunan kisi-kisi soal, penentuan jenis tes, penulisan\r\ninstrumen, penskoran) dan tahap evaluasi (uji validitas, reliabilitas, dan analisis\r\nbutir item). Validasi teoritik dilakukan oleh ahli yang meliputi validasi konstruk,\r\nisi dan bahasa. Validasi empirik terdiri dari uji coba tahap I dan uji coba tahap II.\r\nHasil penelitian menunjukkan instrumen penilaian keterampilan proses sains\r\nsudah memenuhi syarat instrumen yang baik yakni valid dan reliabel. Selain itu,\r\ndigunakan angket untuk memperoleh tanggapan dari praktisi terhadap instrumen\r\nyang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian, jumlah soal yang valid\r\nsebanyak 42 butir soal dengan persentase 84% dan 18 butir soal tidak valid\r\ndengan persentase 16%. Selanjutnya, pengujian reliabilitas menggunakan rumus\r\nSpearman-Brown, didapatkan nilai r11 sebesar 0,66 (tinggi)."^^ . "2019-08-30" . . . "Universitas Prof.Dr. Hamka"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Prof.Dr. Hamka"^^ . . . . . . . . . . . . . . . "Budhi"^^ . "Akbar"^^ . "Budhi Akbar"^^ . . "Rifda"^^ . "Tanfiziyah"^^ . "Rifda Tanfiziyah"^^ . . "DEVI"^^ . "ANUGRAH"^^ . "DEVI ANUGRAH"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN\r\nBIOLOGI KELAS VIII SEMESTER 1 (Text)"^^ . . . "RIFDA TANFIZIYAH.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN\r\nBIOLOGI KELAS VIII SEMESTER 1 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN\r\nBIOLOGI KELAS VIII SEMESTER 1 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN\r\nBIOLOGI KELAS VIII SEMESTER 1 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN\r\nKETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN\r\nBIOLOGI KELAS VIII SEMESTER 1 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #17352 \n\nPENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN \nKETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN \nBIOLOGI KELAS VIII SEMESTER 1\n\n" . "text/html" . . . "QH301 Biology"@en . .