%0 Thesis %9 Bachelor %A Tanfiziyah, Rifda %A Akbar, Budhi %A ANUGRAH, DEVI %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2019 %F repository:17352 %I Universitas Prof.Dr. Hamka %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SEMESTER 1 %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17352/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi biologi kelas VIII SMP Semester 1. Penelitian dilakukan dari bulan Maret hingga Juli 2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 179 Jakarta yang beralamat di Jalan Raya Kalisari, Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 179 yang tersebar ke dalam 9 kelas. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas VIII 3, VIII 8, dan VIII 9. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (Developmental Research) dengan model prosedural mengadaptasi pengembangan instrumen menurut Djaali dan Mulyono (2008). Instrumen penilaian yang dikembangkan berupa tes pilihan ganda dengan jumlah 60 butir soal yang terdiri dari 9 indikator yaitu observasi, klasifikasi, komunikasi, prediksi, menerapkan konsep, hipotesis, interpretasi, mengajukan pertanyaan serta merancang percobaan. Langkah-langkah pengembangan instrumen terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap sintesa teori dan analisis (menentukan definisi konseptual dan operasional), tahap perancangan (konstruksi variabel, pengembangan indikator, penyusunan kisi-kisi soal, penentuan jenis tes, penulisan instrumen, penskoran) dan tahap evaluasi (uji validitas, reliabilitas, dan analisis butir item). Validasi teoritik dilakukan oleh ahli yang meliputi validasi konstruk, isi dan bahasa. Validasi empirik terdiri dari uji coba tahap I dan uji coba tahap II. Hasil penelitian menunjukkan instrumen penilaian keterampilan proses sains sudah memenuhi syarat instrumen yang baik yakni valid dan reliabel. Selain itu, digunakan angket untuk memperoleh tanggapan dari praktisi terhadap instrumen yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian, jumlah soal yang valid sebanyak 42 butir soal dengan persentase 84% dan 18 butir soal tidak valid dengan persentase 16%. Selanjutnya, pengujian reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown, didapatkan nilai r11 sebesar 0,66 (tinggi).