eprintid: 17349 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/49 datestamp: 2023-07-10 08:24:23 lastmod: 2023-07-10 08:24:23 status_changed: 2023-07-10 08:24:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Agus, Pipi Rezky creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Kartikawati, Eka creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI Pada Konsep Materi Sistem Reproduksi ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada konsep materi sistem reproduksi beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya pada siswa-siswi kelas XI di SMAN 92 Jakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA di SMAN 92 Jakarta, yang dilaksanakan bulan Maret-Mei 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 sebanyak 36 siswa yang diambil secara Teknik Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal berbentuk pilihan ganda dengan alasan terbuka, disertai skala CRI (Certainty of Response Index) untuk mengetahui tingkat keyakinan siswa dalam menjawab soal dan angket faktor-faktor penyebab miskonsepsi. Hasil miskonsepsi siswa terhadap materi sistem reproduksi diperoleh rata-rata sebesar 24% yang tergolong kedalam kategori rendah. Subkonsep materi sistem reproduksi yang memiliki miskonsepsi tertinggi terdapat pada subkonsep fertilisasi in vitro yaitu sebesar 38.89%. Sementara berdasarkan butir soal miskonsepsi tertinggi dengan persentase 52.77% terdapat pada materi hormon-hormon dan organ reproduksi pria dan wanita. Sedangkan berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa ditemukan pada aspek peserta didik dengan variabel kemampuan siswa. Dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi siswa kelas XI tergolong rendah dan miskonsepsi paling banyak terjadi pada materi hormon kelamin pria dan wanita, dan berdasarkan faktor-faktor yang mempengruhinya terdapat variabel kemampuan siswa. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmadi, A. & S. W. (2008). Psikologi Belajar. (A. & S. W. Ahmadi, Ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta. Ardiyanti, Y. &, & Utami, M. R. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi. Biosfer, J.Bio & Pend. Bio, 2(2), 18–23. Retrievedfromhttp://www.journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/574 Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (R. Damayanti, Ed.) (2nd ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara. Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). Pengelolaan kelas sebagai determinan terhadap hasil belajar ( Classroom management as a determinant of student achievment ), 3(2), 9–17. Chaniarosi, L. F. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Guru Biologi SMA Kelas XI IPA Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Edubio Tropika, 2(2), 187–250. Deadara, E. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Prodi Pendidikan Biologi, 6(4), 198–210. Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. (Dimyati & Mudjiono, Ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta. Eka, K. I. (2014). Miskonsepsi dalam Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. (K. I. Eka, Ed.) (Edisi 1). Yogyakarta: Deepublish. Fajriana, N. & A. & S. (2016). Analisis Miskonsepsi Buku Teks Pelajaran Biologi Kelas XI Semester I SMAN Di Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik, 4(1), 60–65. Guyton, A. C. (1991). Buku Teks Fisiologi Kedokteran. (A. Darma & P. Lukmanto, Eds.). Jakarta: Buku Kedokteran ECG. Hairy, Monica Rizky & Kusmiyati & Yamin, M. (2018). Analisis Penguasaan Konsep Materi Sistem Reproduksi Pada Siswa SMA Negeri di Kota Mataram. J. Pijar MIPA, 13(2), 119–123. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.749 Hakim, A. & L. &, & Kadarohman, A. (2012). Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Education Sciences, 4(3), 544–553. 75 Ibrahim, M. (2012). Seri Pembelajaran Inovatif Konsep, Miskonsepsi dan Cara Pembelajarannya. (M. Ibrahim, Ed.). Unesa University Press. Irnaningtyas. (2013). Biologi untuk SMA/MA Kelas XI. (B. Widjajanti, Retno & Prasetya, Ed.). Penerbit Erlangga. Istigfarin, Laily & Racmadiarti, Fida & Budiono, J. D. (2015). Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Struktur dan Jaringan Tumbuhan. Bioedu, 4(3), 991–995. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta. Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar, 5(2), 166–175. Maesyarah & Jufri, A. W. & K. (2015). Analisis Penguasaan Konsep dan Miskonsepsi Biologi Dengan Teknik Modifikasi Certainty Of Response Index Pada Siswa SMP Se-Kota Sumbawa Besar. Journal Pijar Mipa, X(1), 1–6. Muna, I. A. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pgmi Pada Konsep Hukum Newton Menggunakan Certainty of Response Index ( CRI ). Cendekia, 13(2), 1–14. Nugroho, R. A. (2018). Hots (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian dan Soal-soal. (T. Y. Kurniawati, Ed.) (Cetakan I). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Ramdhani, R. & H. & A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Unggul Ali Hasjmy Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, 1(1), 1–9. Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajarannya. Bandung: Alfabeta. Siswana, R. & A. & H. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Materi Fotosintesis pada Siswa Kelas IX SMPN 7 Padang Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Jornal Biosains, 1(2), 1–8. Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. (Slameto, Ed.) (Revisi). Jakarta: Rineka Cipta. Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. (A. Sudijono, Ed.) (1st ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 76 Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). (Sugiyono, Ed.). Bandung: Alfabeta. Sumanti, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran : Teori dan Praktik Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Suparno, P. (2013). Miskonsepsi Dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika (Cetakan 2). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI), (3), 4–9. Wijiningsih, Tri Ayunda & Harjana, T. & S. (2016). Analisis Miskonsepsi Materi Struktur Fungsi Jaringan Hewan Dalam Buku Biologi SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7), 70–79. Zahrowati. (2017). Bayi Tabung ( Fertilisasi In Vitro ) Dengan Menggunakan Sperma Donor dan Rahim Sewaan ( Surrogate Mother ) dalam Perspektif Hukum Perdata. Horlev, 1(2), 196–219. citation: Agus, Pipi Rezky dan Akbar, Budhi dan Kartikawati, Eka (2019) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI Pada Konsep Materi Sistem Reproduksi. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17349/1/PIPI%20REZKY%20AGUS.pdf