TY - THES Y1 - 2019/08/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada konsep materi sistem reproduksi beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya pada siswa-siswi kelas XI di SMAN 92 Jakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA di SMAN 92 Jakarta, yang dilaksanakan bulan Maret-Mei 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 sebanyak 36 siswa yang diambil secara Teknik Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal berbentuk pilihan ganda dengan alasan terbuka, disertai skala CRI (Certainty of Response Index) untuk mengetahui tingkat keyakinan siswa dalam menjawab soal dan angket faktor-faktor penyebab miskonsepsi. Hasil miskonsepsi siswa terhadap materi sistem reproduksi diperoleh rata-rata sebesar 24% yang tergolong kedalam kategori rendah. Subkonsep materi sistem reproduksi yang memiliki miskonsepsi tertinggi terdapat pada subkonsep fertilisasi in vitro yaitu sebesar 38.89%. Sementara berdasarkan butir soal miskonsepsi tertinggi dengan persentase 52.77% terdapat pada materi hormon-hormon dan organ reproduksi pria dan wanita. Sedangkan berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa ditemukan pada aspek peserta didik dengan variabel kemampuan siswa. Dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi siswa kelas XI tergolong rendah dan miskonsepsi paling banyak terjadi pada materi hormon kelamin pria dan wanita, dan berdasarkan faktor-faktor yang mempengruhinya terdapat variabel kemampuan siswa. A1 - Agus, Pipi Rezky A1 - Akbar, Budhi A1 - Kartikawati, Eka TI - Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas XI Pada Konsep Materi Sistem Reproduksi ID - repository17349 M1 - bachelor AV - public UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17349/ PB - Universitas Prof.Dr. Hamka ER -