eprintid: 17348 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/48 datestamp: 2023-07-10 08:22:24 lastmod: 2023-07-10 08:22:24 status_changed: 2023-07-10 08:22:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lisa, Nuridha Fatimatul creators_name: Sukandar, Paskal creators_name: Astuti, Yuni creators_id: yuni.astuti@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Kelas X IPA pada Materi Ekosistem ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh peningkatan kemampuan analisis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) pada siswa kelas X IPA semester 2 tahun ajaran 2018/2019 materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel mempergunakan cluster random sampling. Prosedur penelitian terdiri dari tiga tahap yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan akhir. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis uraian sebanyak 10 soal yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan analisis. Setelah diberi perlakuan, rata-rata posttest pada kelompok ekperimen adalah 62,70 sedangkan kelompok kontrol sebesar 59,55 Selanjutnya data dihitung uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji chi kuadrat pada taraf 1% diperoleh 5,70<11,3 pada kelompok eksperimen dan 3,61<11,3 pada kelompok kontrol maka kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh 1,44<2,277 α=1% maka dihasilkan varians data kelompok yang homogen. Uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 4,701 dengan ttabel 2,383 α=1% maka dengan demikian H0 ditolak yang berarti adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) terhadap kemampuan analisis siswa kelas X IPA pada materi ekosistem. Indikator mengantribusi merupakan indikator yang paling dikuasai pada kedua kelompok penelitian. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asessmen. Yogyakarta: Cipta Jaya. Anggraini, R., Haryono, dan Agustina, W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Kelarutan daan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI MIA 3 Semester Genap SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 5(4), 1-7. Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama. Asrul, Ananda, R., dan Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media. CNN Indonesia. 2019. Rencana Pembangunan Jalan Ancam Deforestasi Hutan Harapan. Diambil 1 April 2018, dari laman https://m.cnnindonesia.com/nasional/20190319212815-20-378876/rencana-pembangunan-jalan-ancam-deforestasi-hutan-harapan. Dahar, R.W. (2018). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Darmawan, D. & Wahyudin, D. (2017). Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. Darmawan, I.P.A., & Sujoko E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30-39. DOI: 10.24246/j.sw.2013.v29.il.p30-39. Deli. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 13 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 71-78. Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Dwikoranto. (2011). Aplikasi Metode Diskusi Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif, Afektif dan Sosial Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA). 1(2), 40-49. Doi: http://dx.doi.org/10.26740/jpfa.v1n2.p40-49. 47 Fajar, J. (201). Meski Mulai Ada Penyerahan, Elang Masih Terancam Punah. Diambil 06 September 2019, dari laman https://www.google.com/amp/s/www.mongabay.co.id/2017/10/26/meski-mulai-ada-penyerahan-elang-masih-terancam-perburuan/amp/ Hadi, S. (1999). Methodology Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikolog UGM. Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hatari, N., Widiyatmoko, A., dan Parmin. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Science Education Journal. 5(2), 1253-1260. Tersedia di: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej. Irwan. (2011). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) dalam Upaya Meningkatkan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1), 1-10. Irmaningtyas. (2013). Biologi. Jakarta. Erlangga. Joyce, B. & Weil, M. (1980). Models of Teaching 2nd edition. New Jersey: Prentice Hall. Inc. Karmana, O. (2013). Biologi. Jakarta: Grafindo Media Pratama. KBBI. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Versi Online. Diambil pada 16 Juli 2019, dari laman: https://kbbi.web.id/pikir. Kemendikbud. (2017). Model Silabus Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Kemendikbud. Lestari, D.I. & Projosantoso, A.K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 145-155. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280. Hake, R.R. (1998). Interactive Engagment Versus Tradiotional Methods: A Six Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Course. American Journal of Physics. 66(1), 64-74. DOI: http://doi.org/10.1119/1.18809. Herliantari, H. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Creative Problem Solving Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri UIN Raden Intan Lampung. 48 Moore, K.D. (2009). Effective Instructional Strategies: From Theory to Practice (2nd ed). Los Angeles: Sage Publications. Nawawi, S., Oviyanti, F., & Faizah, U. (2017). Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Kemampuan Analisis Siswa pada Materi Sistem Saraf Manusia. Edubiotik, 2(2), 30–39. Nugroho, R.A. (2018). HOTS Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Nurgiantoro, B. (2011). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE. Pizzini, E.L. (1991). SSCS Imoplementation Handbook. Iowa: University of Iowa. Pizzini, E.L., Abel, S.K., dan Shepardson, D.P. (1988). Rethinking Thingking in the Science Classroom, The Science Teacher. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Raehanah, Mulyani, S., dan Saputro, S. (2014). Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Problem Solving Tipe Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan Cooperative Problem Solving (CPS) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Matematis. Jurnal Inkuiri, 3(1), 19-27. Ramayulis. (2015). Dasar-Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia. Ratnawulan, E. & Rusdiana. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia Setyani, N.D., Suparmi, & Sarwanto. (2017). Kemampuan Berpikir Analitis Mahasiswa Dalam Pembelajaran Pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri Bebas. Makalah Pendamping Seminar Nasional Pendidikan Fisika III Etnosains dan Perannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa. Universitas PGRI Madiun: 54-59. Siregar, E. & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 49 Sun, R. & Hui, E. (2012). Cognitive Competence as a Positive Youth Development Construct. The Scientific World Journal, 1-7. Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kogntif, dan Psikomotor Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Suryabrata, S. (1984). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Susilawati, E., Rahayuningsih, M., dan Ridlo S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekologi SMA dengan Strategi Outdoor Learning. Unnes Science Education Journal. 5(1), 1091-1097. Syahputra, M. (2014). Penerapan Model SSCS (Saearch, Solve, Create, Share) dengan Metode Eksperimen pada Konsep Fluida Statis untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI IPA SMAN 4 Kota Bengkulu. Skripsi. Universitas Bengkulu. Diambil 07 September 2019, dari laman https://jatimplus.id/ini-penyebab-terjadinya-wabah-ulat-bulu-di-jawa-timur/ Tanpa Nama. (Tanpa Tahun). Ini Penyebab Terjadinya Wabah Ulat Bulu di Jawa Timur. Tim Mongabay 2019. Hutan Negeri Masih Hadapi Berbagai Keterancaman. Diambil 2 April 2019, dari laman https://www.mongabay.co.id/2019/03/21/hutan-negeri-masih-hadapi-berbagai-keterancaman/. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Skripsi, Makalah, dan Artikel FKIP UHAMKA. Jakarta: UHAMKA. Utami, R.P. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa. Bioedukasi. 4(2), 57-71. Wahyu, M.W., & Sutiarso, S. (2017). Peran Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung: 95-100. Wedan. (2019). Download RPP SAM Versi Kemendikbud. Diambil 15 Agustus 2019, dari laman http://silabus.org/download-rpp-silabus-k13/amp. Vygotsky, L.S. (1985). Mind in Society. Cambridge, MA: Harvard University Press. 50 Ware, K., & Rohaeti, E. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA. Jurnal Tadris Kimiya (JTK), 3(1), 42-51. DOI: https://doi.org/10.155575/jtk.v3i1.2219. Yulianti, E., Rosani, M., dan Nuranisa. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMA Negeri 2 Banyuasin 1. Jurnal Swarnabhumi, 3(2), 89-93. Zahriah, Hasan, M., & Jalil, Z. (2016). Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar pada Materi Vektor di SMAN 1 Darul Imarah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 04(02), 151–161. Diambil dari http://jurnal.unsyiah.ac.id.jpsi citation: Lisa, Nuridha Fatimatul dan Sukandar, Paskal dan Astuti, Yuni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Kelas X IPA pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17348/1/NURIDHA%20FATIMATUL%20LISA.pdf