eprintid: 17347 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/47 datestamp: 2023-07-10 08:21:57 lastmod: 2023-07-10 08:21:57 status_changed: 2023-07-10 08:21:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Novianti, Nuratika creators_name: Murwitaningsih, Susanti creators_name: Abdullah, Sahami creators_id: murwitaningsih@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas XI pada Materi Sistem Imunitas ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI IPA pada materi sistem imunitas di SMAN 105 Jakarta tahun ajaran 2018-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental (eksperimen semu) dengan desain Postest Only Control Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 144 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal posttest bentuk uraian berjumlah 9 soal yang terdiri dari indikator kemampuan berpikir analisis yaitu membedakan, mengorganisasi dan memberikan atribut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 68,58 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 57,90. Uji hipotesis menggunakan uji t-test diperoleh thitung 3,47 > ttabel 2,66 pada α = 0,01 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI IPA pada materi sistem imunitas di SMAN 105 Jakarta tahun ajaran 2018-2019. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ade Suryanda, Eka Putri Azrai dan Nares Wari (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi (Biosferjpb). 9(2) Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning TEORI & APLIKASI PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Asyari, M., Muhdhar, M. H. I. Al, Susilo, H., & Ibrohim. 2016. Improving critical thinking skills through the integration of problem based learning and group investigation. International Journal for Lesson and Learning Studies, 5 No. 1, 36–44. https://doi.org/10.1108/IJLLS-102014-0042 Hanafiah, N. & Suhana, C.2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama Harsanto, R. 2005. Melatih Anak Berpikir Analisis, Kritis dan Kreatif. Jakarta: Grasindo Hasnah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV SDN 118 Pinrang Hertz-Lazarowitz, R., Kirkus, V. B., & Miller, N. (1995). An Overview of Theoretical anatomy of Cooperation in the Clasroom. Cambrigde: Cambrigde University Press. Irnaningtyas dan Yossa Istiadi. 2016. BIOLOGI untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013 yang disempurnakan Peminatan MIPA. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama Joice, B., Well, M., & Calhoun, E. 2000. Model of Teaching. Boston: A Pearson Education Company. Kemendikbud. 2013. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Lilis Nuryanti, Siti Zubaidah dan Markus Diantoro (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP . Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian dan Pengembangan. 3(2) Mirna Mardianah (2014). Pengunaan Performance Assesment (Penilaian Kinerja) Pada Pembelajaran Biologi dengan Kurikulum 2013. SKRIPSI PENDIDIKAN BIOLOGI UIN JAKARTA 56 Muhammat Rahman dan Sofan Amri, Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif . Jakarta:Prestasi Pustakarya, 2014 Ni Nengah Ayu. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar PPkn. SKRIPSI UNIVERSITAS MATARAM Nurmasari Sartono, Rusdi dan Rizkia Handayani (2017). Pengaruh Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMAN 27 Jakarta Pada Materi Sistem Imun. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi(Biosferjpb. 10 (1) Purwanto, Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : CV Pustaka Setia Rosana, L. N. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah , III (1), 34-44 Rosidatul Ilma, A. Saepul Hamdani dan Siti Lailiyah (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Review Pembelajaran Matematika . 2 (1) Safari. 2004 Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes Dengan Manual Kalkulator, dan Komputer Sania Novita, Slamet Santosa, dan Yudi Rinanto.(2016). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning. Proceeding Biology Education Conference. 13(1). Slavin. 2010. Cooperative Learning. Dalam V. G. Aukrust, Learning and Cognition in education (hal. 160-166). USA: Elsevier Ltd. Slavin, R. E. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media Septi Budi Sartika, Ermawati Zulikhatin Nuroh. Peningkatan Keterampilan Berpikir Analisis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Ipa Terpadu Berbasis Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Sugiyanto. 2010. Model- Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka 57 Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta Supriyanti, Mastur, Sugiman. 2015.Keefektifan Model Pembelajaran ARIAS Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas VII. Unnes Journal Of Mathematics Education. 4 (2) Syawaludin Panjaitan (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Pendidikan Karakter Siswa. 1 (1) Trianto. 2009.Mendesain model pembelajaran inovatif progresif KTSP. Jakarta : Kencana Prenada Media Group Yen, Tan Shin, Halili, Siti Hajar. 2015. Effective Teaching Of Higher-Order Thinking (Hot) In Education. The Online Journal of Distance Education and e- Learning, 3 W. Andriyani dan Soeprodjo (2013) Peningkatan Keterlampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran ARIAS. Semarang: UNS citation: Novianti, Nuratika dan Murwitaningsih, Susanti dan Abdullah, Sahami (2019) Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas XI pada Materi Sistem Imunitas. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17347/1/NURATIKA%20NOVIANTI.pdf