eprintid: 17346 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/46 datestamp: 2023-05-19 04:09:55 lastmod: 2023-05-19 04:09:55 status_changed: 2023-05-19 04:09:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Astuti, Nur Fitriana creators_name: Meitiyani, Meitiyani creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: Meitiyani@uhamka.ac.id creators_id: mayarni@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 99 JAKARTA ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 99 Jakarta serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi penelitian ini berjumlah 180 siswa. Dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2019. Sampel adalah kelas XI MIPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 36 dan XI MIPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 36 yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal kemampuan berpikir tingkat tinggi, angket faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 99 Jakarta masuk ke dalam kategori cukup dengan persentase 72% dengan nilai tertinggi 89 dan nilai terendah 53. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 99 Jakarta diantaranya faktor sekolah seperti pendekatan, metode pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi. Selain itu ada faktor interaksi, motivasi, intelegensi, minat dan rasa ingin tahu, fisik dan psikis serta lingkungan. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ananda, R. 2019. Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8. Diakses pada 3 Maret 2019 Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2001. A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (Longman). New York. Anugrah, A. W. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Mts. Ulumul Qurán dalam Pembelajaran IPA di Pondok Pesantren Ulumul Qurán Bojong Sari Depok. Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Balqist, A., Jalmo, T., & Yolida, B. 2019. Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 103–111. Diakses pada 4 Maret 2019 Brookhart, S. M. 2010. How To Assess Higher-Order Thinking Skills In Your Classroom. Alexandria: ASCD. Conklin, W. 2012. Higher Order Thinking Skills to Develop 21st Century Learners. Huntington Beach, CA: Shell Education Publishing, Inc. Dimyati, & Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 64 Erny, Haji, S., & Widada, W. 2017. Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 1–22. Diakses pada 16 Maret 2019 Fadholi, M. I. 2018. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pengembangan High Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33244 Fatonah, S., & Prasetyo, Z. K. 2014. Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Hanifah, N. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) di Sekolah Dasar. Conference Series Journal, 1(1), 1–8. Diakses pada 31 Agustus 2019 Helmawati. 2019. Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Bandung: Remaja Rosdakarya. Janah, F. 2019. Hubungan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Khodijah, N. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. King, F., Goodson, L., & Rohani, F. 2013. Higher Order Thinking Skills. Educational Services Program (Vol. 18). http://www.cala.fsu.edu/files/higher_order_thinking_skills.pdf 65 Kompri. 2017. Belajar, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi. Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. Diakses pada 17 Maret 2019 Kusuma, A. A. 2018. Korelasi Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Negeri 2 Ponorogo dan SMA Negeri 3 Ponorogo Pada Materi Listrik Statis. Skripsi. Universitas Jember. Lusyana, E., & Wangge, M. 2016. Increasing Higher Order Thinking Skill to Build Student ’ s Character by Using Mathematical Reasoning. Proceeding Of 3rd International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Science, 119–126. Diakses pada 27 Maret 2019 Nugroho, R. A. 2018. HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Nurlaela, L., Ismayati, E., Samani, M., Suparji, & Buditjahjanto, I. G. P. A. 2019. Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Jakarta: Media Guru Digital Indonesia. Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada. Pratiwi, T. K. 2017. Perbedaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Negeri 6 Tangerang dan SMA Yuppentek 1 Tangerang Pada Mata Pelajaran Biologi. Skripsi Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. 66 Purwanto, N. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Rahyubi, H. 2016. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media. Royantoro, F., Mujasam, Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik. Pendidikan Fisika, 6(3), 371–382. Diakses pada 28 Maret 2019 Rubiyanto, B. A. J., Marjono, & Prayitno, B. A.2016. Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Sma. Bio-Pedagogi, 5(1), 6–14. ISSN: 2252-6897. Diakses pada 3 April 2019 Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. Sani, R. A. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart. Sari, S. W. M. 2013. Hubungan Persepsi Belajar Dan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 3(2), 1–13. Diakses pada 4 April 2019 Silvia, N., Suryanti, & Idris, T. 2018. Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMAN 7 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018, 59–67. Diakses pada 31 Agustus 2019 67 Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta. Taghva, F., Rezaei, N., Ghaderi, J., & Taghva, R. 2014. Studying the Relationship Between Critical Thinking Skills and Students’ Educational Achievement (Eghlid Universities as Case Study). International Letters of Social and Humanistic Sciences, 25, 18–25. Diakses pada 3 Februari 2019 Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. 2017. The Relationship Between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78–85. Diakses pada 27 Februari 2019 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia. Wahab, R. 2018. Psikologi Belajar. Depok: Raja Grafindo Persada. Widana, I. W. 2017. Modul Penyusunan Higher Order Thingking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sma Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan 2017. Yaumi, M. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. Yunanti, E. 2013. Hubungan Antara Kemampuan Metakognitif Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Kelas Ix Mts N Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(2), 81–89. Diakses pada 2 Maret 2019 68 Yuriza, P. E., Adisyahputra, & Sigit, D. V. 2018. Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Tingkat Kecerdasan dengan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa SMP. Biosperjpb, 11(1), 13–20. Diakses pada 1 Mei 2019 Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. citation: Astuti, Nur Fitriana dan Meitiyani, Meitiyani dan Mayarni, Mayarni (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 99 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17346/1/NUR%20FITRIANA%20ASTUTI.pdf