eprintid: 17345 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/45 datestamp: 2023-05-19 04:09:52 lastmod: 2023-05-19 04:09:52 status_changed: 2023-05-19 04:09:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aini, Novita Nurul creators_name: Meitiyani, Meitiyani creators_name: Dharma, Agus Pambudi creators_id: Meitiyani@uhamka.ac.id creators_id: agus.pambudi@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 94 Jakarta pada kelas XI semester 2 bulan maret hingga juni pada tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experiment, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, dan diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Pada uji hipotesis digunakan uji t pada taraf signifikansi α = 1%, diperoleh thitung = 3,53 > ttabel = 2,667 ; yang berarti HO ditolak, sehingga terdapat pengaruh signifikan terhadap kedua kelompok. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2017). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara. Durotulaila, A. H., Masykuri, M., & Mulyani, B. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating , Experiencing , Applying , Cooperating , Transfering) dengan Metode Eksperimen dan Penyelesaian Masalah terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa ( Studi Pembelajaran Larutan Penyangga di SMA Negeri 8 Surakarta Kelas XI Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 3(4) : 66–74. Djamarah, S., B. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta. Fisher, A. (2017). Berpikir Kritis : Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga. Hakim, M. L. (2017). Model Pembelajaran REACT untuk Mata Pelajaran IPA. Ebookudeena, 1(1), 53–62. Herdianto, H., Setyarsih,W. (2014). Identifikasi Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fluida Statis dengan Modifikasi High-a Binaural Beats dan Guided Problem Solving. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 3(2) : 154- 160. https://doi.org/10.31219/osf.io/byvf6. Irawan, T. A., Rahardjo, S. B., & Sarwanto. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (pp. 232–236). Surakarta. Irnaningtyas, Istiadi, Y. (2014). Biologi untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga. Jelatu, S., Sariyasa, & Ardana, I.M. (2018). Effect of GeoGebra-Aided REACT Strategy on Understanding of Geometry Concepts. Internasional Journal of Instruction, 11(4), 325-336. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11421a. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017).Silabus Mata Pelajaran Biologi. Jakarta. Laelatunnajah, N., Wandani, K., & Prihatnani, E. (2018). Pengaruh Strategi REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bagi Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pabelan Kabupaten Semarang. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(1), 91–105. Luzyawati, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAMateri Alat Indera Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle. Jurnal 54 Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 9–21. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.732. Meita, N. M. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa ditinjau dari Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Jurnal Lentera Sains (Lensa), 6(1), 15–28. Nisa, F. C., Lesmono, A. D., & Bachtiar, R. W. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Relating , Experiencing , Applying , Cooperating , and Transferring ( REACT ) dengan Simulasi Virtual dalam Pembelajaran Fisika di SMA ( Materi Momentum , Impuls dan Tumbukan Kelas x sman 2 jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 8–14. Nugroho, E.S.B., Prayitno, B. A., & Maridi. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Relating , Experiencing , Applying , Cooperating dan Transferring ( REACT ) Pada Materi Jamur untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inkuiri, Vol 7(1), 61–70. Nurzaini, M., & Wasis. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Strategi REACT Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Fluida Statis Di Kelas X Sman 1 Gedangan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 05(02), 11–16. Patimah, L. (2016). Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transfering (REACT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Universitas Pasundan Bandung. Prameswari, S., W., Suharno, & Sarwanto. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. SHEs: Conference Series ,1(1), 742-750. Priansa, D., J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.. Riyanto, A. I., & Muslim, S. (2014). Penerapan Srategi Pembelajaran REACT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 03(02), 37–46. Santi, N., Soendjoto, M. A., & Winarti, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi melalui Penyelesaian Masalah Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 35–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v11i1.19738. Setiawan, E. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diambil 20 Juli 2019 pukul 07:44, dari laman https://kbbi.web.id/mampu. 55 Setiawan, E. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diambil 20 Juli 2019 pukul 07:44, dari laman https://kbbi.web.id/pikir. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumantri, M., S. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Surabaya: Rajawali Pers. Syintia, S., Akbar, B., Safahi, L., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 82–85. Syintia, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Skripsi. Pendidikan Biologi. UHAMKA: Jakarta. Wulandari, N. C., Dwijanto, & Sunarmi. (2015). Pembelajaran Model REACT dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama. UNNES Journal of Mathematics Education, Vol 4(3), 266–274. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.. Temuningsih, Peniati, E.,& Marianti.,A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berpendekatan Etnosains pada Materi Sistem Reproduksi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Biology Education. Vol 6 (1) : 70-79. citation: Aini, Novita Nurul dan Meitiyani, Meitiyani dan Dharma, Agus Pambudi (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17345/1/NOVITA%20NURUL%20AINI.pdf