eprintid: 17344 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/44 datestamp: 2023-05-19 04:09:49 lastmod: 2023-05-19 04:09:49 status_changed: 2023-05-19 04:09:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Elviani, Novi creators_name: Meitiyani, Meitiyani creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: Meitiyani@uhamka.ac.id creators_id: mayarni@uhamka.ac.id title: Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Sistem Indra Siswa SMA Kelas XI MIA ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Sejalan dengan perkembangan teknologi media merupakan penunjang hasil belajar yang penting dalam proses pembelajaran bagi siswa, sehingga penggunaan media perlu diukur dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan media berbasis augmented reality dalam pembelajaran biologi pada materi sistem indra. waktu penelitian yang dilakukan mulai bulan maret 2019 sampai juli 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Cikarang Utara yang berjumlah enam kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dipilih dua kelompok penelitian, yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment (eksperimen semu) dan desain penelitian yang digunakan adalah posttets Only group design. Pengambilan data posttest dilakukan diakhir pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan media augmented reality sebesar 75.19 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68.34. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dengan menggunkan media pembelajaran yang berbasis augmented reality. Analisis data melalui uji hipotesis diperoleh bahwa nilai thitung (3.35) dan ttabel (2.38) pada taraf signifik an α = 1% sehingga diperoleh thitung > ttabel. Selain itu, nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen juga lebih unggul pada ranah kognitif tingkatan C1(mengingat), C2(memahami), C3(menerapkan), dan C4 (menganalisis). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI pada materi sistem indra. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (R. Damayanti, Ed.) (2nd ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara. Arsyad, azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Bruno, L. E. (n.d.). Get Gamified : Promoting Augmented Reality and Digital Game Technology in Education. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15616-9 Cheng, Y., Yen, C., Su, N., Ting, T., Yueh, W., & Huang, M. (2019). Enhancing students ’ botanical learning by using augmented reality. Universal Access in the Information Society, 18(2), 231–241. https://doi.org/10.1007/s10209-017- 0590-4 Chin, K., Lee, K., & Hsieh, H. (2016). Development of a Mobile Augmented Reality System to Facilitate Real-World Learning, 363–372. https://doi.org/10.1007/978-981-10-0539-8 Cruikshank, Peter W. Airasian, K. A., Pintrich, Richard e. Mayer, P. R., & Wittrock, James Rythes, M. C. (2015). kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. (A. Prihantoro, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dede, C. J., Jacobson, J., & Richards, J. (2017). Introduction : Virtual , Augmented , and Mixed Realities in Education, 1–16. https://doi.org/10.1007/978-981-10-5490-7 Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran (5th ed.). Jakarta: PT. Rineka Cipta. 77 El Khuluqo, ihsana. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Gandolfi, E., Ferdig, R. E., & Immel, Z. (n.d.). Educational Opportunities for Augmented Reality, 967–979. Harley, J. M., Poitras, E. G., Jarrell, A., Duffy, M. C., & Lajoie, S. P. (2016). Comparing virtual and location-based augmented reality mobile learning: emotions and learning outcomes. Educational Technology Research and Development. https://doi.org/10.1007/s11423-015-9420-7 Irwansyah, F S, D. (2018). Augmented Reality ( AR ) Technology on The Android Operating System in Chemistry Learning Augmented Reality ( AR ) Technology on The Android Operating System in Chemistry Learning. https://doi.org/10.1088/1757-899X/288/1/012068 Laine, T. H., Nygren, E., & Dirin, A. (2016). Science Spots AR : a platform for science learning games with augmented reality. Educational Technology Research and Development, 64(3), 507–531. https://doi.org/10.1007/s11423- 015-9419-0 Li, J., Spek, E. D. Van Der, Feijs, L., & Wang, F. (2017). Augmented Reality Games for Learning : A Literature Review, 1, 612–626. https://doi.org/10.1007/978-3-319-58697-7 Liu, E., Li, Y., Cai, S., & Li, X. (n.d.). The Effect of Augmented Reality in Solid Geometry Class on Students ’ Learning Performance and Attitudes (Vol. 2). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95678- 7 78 Ningsih, M. fitria. (2015). Analisis Penggunaan Media Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Konsep Bentuk Molekul. universitas islam negri. Pratama, G. Y., Studi, P., Kimia, P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2018). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI. Sadiman, A. S., Rahadjo, R., Haryanto, A., & Rahardjito. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Safitri, R. (n.d.). Buku Siswa Biologi untuk SMA/MA XI. (RISWANTI, Ed.). SURAKARTA: CV MEDIATAMA. Sagala, D. S. (2012a). Konsep dan Makna Pembelajaran (10th ed.). Bandung: Alfabeta. Sagala, D. S. (2012b). Konsep dan Makna Pemebelajaran. Bandung: Alfabeta. Saidin, N. F., Dayana, N., Halim, A., Yahaya, N., Chemical, Á., & Visualization, Á. A. Á. (2015). Designing Mobile Augmented Reality ( MAR ) for Learning Chemical Bonds. https://doi.org/10.1007/978-981-10-0237-3 Sanjaya, D. wina. (2008). Strategi Pembelajaran (5th ed.). Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP. Santos, M. E. C., Lübke, W., Taketomi, T., Yamamoto, G., Rodrigo, M. M. T., Sandor, C., & Kato, H. (2016). Augmented reality as multimedia : the case for situated vocabulary learning. Research and Practice in Technology Enhanced Learning. https://doi.org/10.1186/s41039-016-0028-2 Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, 79 Kualitatif, dan R&D). (Sugiyono, Ed.). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv. Sutirman. (2013a). Media dan Model-modek Pembelajaran Inovatif (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu. Sutirman. (2013b). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu. Syah, M. (2013). Psikologi Belajar (13th ed.). Jakarta: Rajawali Pers citation: Elviani, Novi dan Meitiyani, Meitiyani dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Sistem Indra Siswa SMA Kelas XI MIA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17344/1/Novi%20Elviani.pdf