eprintid: 17343 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/43 datestamp: 2023-05-03 01:50:53 lastmod: 2023-05-03 01:50:53 status_changed: 2023-05-03 01:50:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nursibahhoerony, Nisa Ayu creators_name: Sukandar, Paskal creators_name: Faruq, Hilman creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Tambun Selatan pada bulan April s.d Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest Control Grup Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA yang terbagi menjadi empat kelas, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal berjumlah 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai 60,02 sedangkan kelas kontrol 50,06. Selanjutnya pada uji hipotesis melalui uji-t pada taraf signifikansi α = 1% diperoleh t(hitung) = 4,24 sedangkan t(tabel) = 2,388 karena t hitung lebih besar dari t tabel maka H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anazifa, R. D., & Djukri, D. (2017). Project-Based Learning and Problem-Based Learning: Are They Effective to Improve Student’s Thinking Skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(6), 346–355. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Ariyanti, N. W. P., Lasmawan, I. W., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SD Cipta Dharma Denpasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(3). Bustami, Y., & Corebima, A. D. (2017). The Effect of JiRQA Learning Strategy on Critical Thinking Skills of Multiethnic Students in Higher Education, Indonesia. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 3(4), 13–22. Irnaningtyas. (2013). Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Erlangga. Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. Corwin Press. Khasanah, A. N., Widoretno, S., & Sajidan, S. (2017). Effectiveness of Critical Thinking Indicator- Based Module in Empowering Student’s Learning Outcome in Respiratory System Study Material. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(6), 187–195. Khoiron, A. M., & Sutadji, E. (2016). Kontribusi Implementasi Pendidikan Karakter dan Lingkungan Sekolah terhadap Berpikir Kreatif serta Dampaknya pada Kompetensi Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 2(22), 103–116. Lilis Wulandari1,*, E. S. V., & Martini2, dan K. S. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA 2 Semester Genap SMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(4), 144–150. Lubis, E. A., & Sembiring, E. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dengan Pemberian Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bahorok T.P 2017/2018. Muhlisin, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu 54 Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Tema Polusi Udara. Journal of Educational Research and Evaluation, 2(1), 139–145. Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo. Sanjaya. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran (Teori dan Praktik Perkembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Prenadamedia Group. Shoimin. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta. Surya, M. (2015). Strategi Kognitif Dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Bandung. Susialita, T. (2016). The Development of Audio-visual Student Portfolios (LKS) Contextual Teaching and Learning-based (CTL) on Sound Chapter of Science Subject for Deaf Students. The Development of Audio-Visual Student Portfolios (LKS) Contextual Teaching and Learning-Based (CTL) on Sound Chapter of Science Subject for Deaf Students., 2(5), 192–198. Syaefudin sa’ud, U. (2010). Inovasi Pendidikan. Bandung : ALFABETA. Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta : PT Bumi Aksara. Wartono, W., Hudha, M. N., & Batlolona, J. R. (2018a). How Are The Physics Critical Thinking Skills of The Students Taught by Using Inquiry- Discovery Through Empirical and Theorethical Overview?. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2(14), 691–697. Wartono, W., Hudha, M. N., & Batlolona, J. R. (2018b). How Are The Physics Critical Thinking Skills of The Students Taught by Using Inquiry- Discovery Through Empirical and Theorethical Overview? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2(14), 691–697. Wulandari, L., Van Hayus, E. S., & Martini, K. S. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA 2 Semester Genap SMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(4), 144–150. citation: Nursibahhoerony, Nisa Ayu dan Sukandar, Paskal dan Faruq, Hilman (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17343/1/Nisa%20Ayu%20Nursibahnoerony.pdf