@phdthesis{repository17343, month = {August}, title = {Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem}, school = {Universitas Prof.Dr. Hamka}, year = {2019}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Tambun Selatan pada bulan April s.d Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest Control Grup Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA yang terbagi menjadi empat kelas, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal berjumlah 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai 60,02 sedangkan kelas kontrol 50,06. Selanjutnya pada uji hipotesis melalui uji-t pada taraf signifikansi {\ensuremath{\alpha}} = 1\% diperoleh t(hitung) = 4,24 sedangkan t(tabel) = 2,388 karena t hitung lebih besar dari t tabel maka H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.}, author = {Nursibahhoerony, Nisa Ayu and Sukandar, Paskal and Faruq, Hilman}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17343/} }