%0 Thesis %9 Bachelor %A Alfian, Neli Rahmawati %A Amirullah, Gufron %A Susilo, Susilo %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2019 %F repository:17342 %I Universitas Prof.Dr. Hamka %T Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Imun %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17342/ %X Berpikir kritis merupakan keterampilan yang dibutuhkan pada era 4.0 dalam pendidikan maka untuk meningkatkan berpikir kritis dibutuhkan metode yang tepat agar dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imun. Jenis penelitian ini quasi-experimental dan post-test only control group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sebanyak 69 siswa dijadikan responden dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 (n=35) dan XI IPA 3 (n=34). Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda kemampuan berpikir kritis digunakan sebagai alat pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan thitung (2.031)> ttabel (1.668). Dapat disimpulkan penggunaan model guided discovery learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imun