eprintid: 17340 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/40 datestamp: 2023-05-03 01:50:49 lastmod: 2023-05-03 01:50:49 status_changed: 2023-05-03 01:50:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ningrum, Lina Kustia creators_name: Amirullah, Gufron creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id creators_id: mayarni@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terintegrasi Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Konsep Ekosistem ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning yang diintegrasikan dengan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada konsep ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 13 Bekasi pada bulan April sampai bulan Mei semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan Quasy Experiment (eksperimen semu), sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 180 siswa dengan sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah ter tertulis pilihan ganda yang terdiri dari 25 butir soal dalam materi ekosistem kelas X yang dikembangkan berdasarkan literasi sains aspek kompetensi yang memiliki indicator menjelaskan fenomena ilmiah, menggunakan bukti ilmiah, dan mengidentifikasi isu ilmiah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 84.77, sedangkan nilai siswa kelompok control memperoleh nilai rata-rata sebesar 66.16. uji hipotesis menggunakan uji t-test separated varian diperoleh thitung 9.64 dan ttabel pada paragraph signifikansi 1% sebesar 2.65, karena thitung 9.64 > 2.65 maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Problem Based Learning terintegrasi STEM (science, technology, engineering, and mathematics) terhadap literasi sains aspek kompetensi sains peserta didik pada materi ekosistem. date: 2019-10-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Abidin, A., Mulyati, T., Yunansah, H. 2017. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara Adholpus, Telima, Arokoyu. 2012. Improving Scientific Literacy among Secondary School Students through Integration of Information and Communication Technology. Journal of Science and Technology, 2 (5), 444-448. ISSN 2225-7217. Afriana, J., Permanasari, A., Fitriani, A. 2016. Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2 (2), 202-212 p-ISSN 2406-9205 e-ISSN 2477-4820. Anggraini, F, I., Huzaifah, S. 2017. Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 722-731 Arends, R.I. (2008). Learning to Teaching. Terjemahan oleh Helly P.S. dan Sri Mulyantini S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Arohman, Mamat, Saefudin, Didik Pryanko. 2016. Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem. Proceeding Biology Education Conference, Vol. 13 no 1 :90-92 Farmawati, dkk. 2017. Integrasi Problem Based Learning dalam STEM Education Berorientasi pada Aktualisasi Literasi Lingkungan dan Kreativitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017. Firman, H. 2015. Pendidikan Sains Berbasis STEM: Konsep, Pengembangan, dan Peranan Riset Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bogor. (Online) (http://www.academia.edu/21597075/pendidikan_sains_berbasis_ stem_konsep_pengembangan_dan_peranan_riset_pascasarjana) Listiana. 2018. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika Universita Lampung. Maqbullah, S., dkk. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Vol. 13 No. 2. 57 Mayasari, T., Kadorahman, A., & Rusdiana, D. 2014. Pengaruh pembelajaran terintegrasi science, technology, engineering, and mathemathics (STEM) pada hasil belajar peserta didik: Studi meta analisis. Prosiding Semnas Pensa VI “Peran Literasi Sains”. Universitas Negeri Surabaya. p-ISSN: 371-377. Mayasari, Tantri., Kadarohman., Asep. 2016. Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, Vol 2 No 1. Miftahuzzakiya. 2018. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics (Stem) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Konsep Jamur. Skripsi Jurusan Biologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. OECD. 2016. PISA 2015 Result in Focus. Perancis: OECD. (Online) (www.oecd.org/ pisa) Permanasari, Anna. 2016. STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Jurnal dalam Seminar Nasional Pendidikan Sains Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar Setiani, Ngazizah, Kurniawan. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, Vol. 9 : 7-12 Shofiyah, N. 2015. Deskripsi Literasi Sains Awal mahasiswa Pendidikan pada Konsep IPA. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(2), 113-120. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabet Toharudin, Uus., Hendrawati, Sri. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora Uno, H. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta Bumi Aksara citation: Ningrum, Lina Kustia dan Amirullah, Gufron dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terintegrasi Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Konsep Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17340/1/Lina%20Kustia%20Ningrum.pdf