eprintid: 17339 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/39 datestamp: 2023-05-03 01:50:47 lastmod: 2023-05-03 01:50:47 status_changed: 2023-05-03 01:50:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syarifadillah, Laila creators_name: Setyaningsih, Maryanti creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP DASAR BIOLOGI DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS CALON GURU BIOLOGI ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tingkat keeratan hubungan antara penguasaan konsep dasar Biologi dengan keterampilan proses sains (KPS). Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka pada bulan Maret-Juli 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh calon guru pendidikan biologi angkatan 2016 dengan jumlah 62 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah calon guru pendidikan biologi angkatan 2016 dengan jumlah 55 calon guru. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah sebanyak 34 soal penyusunan keterampilan proses sains. Hasil penelitian mengahsilkan nilai rata-rata penguasaan konsep dasar biologi sebesar 25,91% dan nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 52,38%. Berdasarkan hasil uji korelasi dengan menggunakan perhitungan korelasi pearson yang sebelumnya dilakukan perhitungan uji prasyarat, yaitu linieritas dan regresi. Hasil perhitungan korelasi pearson dengan perolehan r= 0,423 dari hasil tesebut menandakan terdapat hubungan yang positif antara penguasaan konsep dasar Biologi dengan keterampilan proses sains yang tergolong kategori sedang, dan diperoleh r2= 0,179 yang artinya penguasaan konsep dasar Biologi sebesar 17,9% terhadap kemampuan keterampilan proses sains dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan membandingkan nilai rtabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,266 dan nilai rhitung sebesar 0,423 sehingga 0,423 > 0,266 maka H0 ditolak dan Ha diterima. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustina, P., & Saputra, A. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (Kps) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P . Biologi Fkip Ums, Tahun Ajaran 2015/2016). Seminar Nasional Pendidikan Sains. Vol. 3. p 71–78. Akbar, B. (2011). Efektifitas Pembekalan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru SD Dalam Asesmen IPA. Universitas Pendidikan Indonesia. Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran (2nd ed.). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Arikunto, S. (2012). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. (R. Damayanti, Ed.) (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara Artayasa, I. P. (2017). Profil Keterampilan Proses Sains dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Transformasi Pendidikan Abad 21. 6(19), 706-714 Arumsari, L. T., Rosilawati, I., & Kadaritna, N. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Proses Sains Pada Materi Teori Tumbukan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 5(1), 140–151. Atmaja, N., P. (2016). Evaluasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Standar Kompetensi. Jakarta Erkol, S., & Ugulu, I. (2014). Examining Biology Teachers Candidates ’ Scientific Process Skill Levels and Comparing These Levels in Terms of Various Variables. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4742–4747. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1019 Hadis, A., & Nurhayati. (2018). Developing Science Process Skill Based Learning in Science for Children with Special Needs Course. Journal of Physics. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012210 Hafizan, E., Shahali, M., & Halim, L. (2010). Development and validation of a test of integrated science process skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143–146. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.127 Hamadi, A. A. L. (2018). Pemahaman Guru Terhadap Keterampilan Proses Sains. Pendidikan Sains & Matematika, 6(2), 42–53. Handayani, G., Adisyahputra., & Indrayanti, R. (2018). Hubungan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap 50 Literasi Sains Pada Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. 11(1), 21-31 https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.3 Hanum, E. (2015). Pengembangan Instrumen Tes Pengukur Keterampilan Proses Sains Pelajaran Biologi SMA. Universitas Syiah Kuala. Ilmi, N., Desnita, Handoko, E., & Zelda, B. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (Vol. V, pp. 57–62). https://doi.org/10.21009/0305010213 Jihad, A., & Haris, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo Juhler, M. V. (2018). Assessment of Understanding: Student Teachers’ Preparation, Implementation and Reflection of a Lesson Plan for Science. Research in Science Education, 48(3), 515–532. https://doi.org/10.1007/s11165-016-9574-2 Koloi, S., & Keaikitse. (2017). Assessment of teacher perceived skill in classroom assessment practices using IRT Models. Cogent Education, 38(1), 1–14. https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1281202 Kramer, M., Olson, D., & Walker, J. D. (2018). Design and assessment of online, interactive tutorials that teach science process skills. CBE Life Sciences Education, 141(2), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.228 Kruea-In, N., & Thongperm, O. (2014). Teaching of Science Process Skills in Thai Contexts: Status, Supports and Obstacles. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1324–1329. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.228 Kurniawan, A., & Fadloli. (2016). Profil Penguasaan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka Science Process Skills Mastery Profile Students Primary School Teacher Education Program Open University. In Proceeding Biology Education Conference (Vol. 13, pp. 410–419). Mahmudah, L. (2016). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA di Madrasah, 4(1), 168–187. Nurhasanah. (2016). Penggunaan Tes Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Dalam Pembelajaran Konsep Kalor Dengan Model Inkuiri Terbimbing. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Nurtika, A., Kadaritna, N., & Tania, L. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Kognitif Berbasis KPS Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 6(3), 549–560. Pratama, H. E. (2015). Keterampilan proses sains siswa jurusan ipa beberapa sma 51 di yogyakarta. Universitas Sanata Dharma. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (kedelapanb). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Risnani, L. Y. (2017). Kemampuan Calon Guru (Pre-Service Teacher) Biologi Merencanakan Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Biologi. 8(2), 102-116 Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumbono, Aung. 2014. Panduan SPSS Untuk Statistika Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish Suryani, A., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2015). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Gerak. In Prosiding Simposium Nasional dan Pembelajaran Sains (pp. 217–220). Susilo, H. (2013). Pengembangan Tes Keterampilan Proses Sains Materi Sistem Pencernaan Kelas Xi Sma N 1 Pemalang. Universitas Negeri Semarang Susilo, J. (2014). Teknik Penyusunan Soal Pilihan Ganda Untuk Meningkatkan Kualitas Mata Uji Kediklatan Dan Mata Uji Kompetensi. Forum Diklat. 4(4). p 1-9. Tahir, J., & Damayanti, M. (2016). An Analysis of Science Process Skills of Pre Service Biology Teachers in Solving Plants Physiology Problems. International Conference on Education, (September 2016), 454–457. Uno, H., & Koni, S. (2016). Assessment Pembelajaran. (D. Ispurwanti, Ed.) (1, Cet. 5 ed.). Jakarta: Bumi Aksara Wati, W., & Novianti. (2016). Pengembangan Rubrik Asesmen Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRaNi, 5(1), 131–140. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.113 Yamtinah, S., Haryono, Mulyani, B., & Shidiq, A. S. (2016). Pelatihan Guru Kimia Sma Dalam Mengembangkan Tes Jenis Testlet dan Profil Individu Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains, (October). Vol. 3, p 161-168 Yildirim, M., Calik, M., & Ozmen, H. (2016). A Meta-Synthesis of Turkish Studies in Science Process Skills. International Journal of Environmental & Science Education, 11(14), 6518–6539. Retrieved from http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/) citation: Syarifadillah, Laila dan Setyaningsih, Maryanti dan Safahi, Luthpi (2019) HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP DASAR BIOLOGI DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS CALON GURU BIOLOGI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17339/1/LAILA%20SYARIFADILLAH.pdf