@phdthesis{repository17339, year = {2019}, title = {HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP DASAR BIOLOGI DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS CALON GURU BIOLOGI}, school = {Universitas Prof.Dr. Hamka}, month = {August}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tingkat keeratan hubungan antara penguasaan konsep dasar Biologi dengan keterampilan proses sains (KPS). Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka pada bulan Maret-Juli 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh calon guru pendidikan biologi angkatan 2016 dengan jumlah 62 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah calon guru pendidikan biologi angkatan 2016 dengan jumlah 55 calon guru. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah sebanyak 34 soal penyusunan keterampilan proses sains. Hasil penelitian mengahsilkan nilai rata-rata penguasaan konsep dasar biologi sebesar 25,91\% dan nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 52,38\%. Berdasarkan hasil uji korelasi dengan menggunakan perhitungan korelasi pearson yang sebelumnya dilakukan perhitungan uji prasyarat, yaitu linieritas dan regresi. Hasil perhitungan korelasi pearson dengan perolehan r= 0,423 dari hasil tesebut menandakan terdapat hubungan yang positif antara penguasaan konsep dasar Biologi dengan keterampilan proses sains yang tergolong kategori sedang, dan diperoleh r2= 0,179 yang artinya penguasaan konsep dasar Biologi sebesar 17,9\% terhadap kemampuan keterampilan proses sains dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan membandingkan nilai rtabel dengan taraf signifikan 5\% sebesar 0,266 dan nilai rhitung sebesar 0,423 sehingga 0,423 {\ensuremath{>}} 0,266 maka H0 ditolak dan Ha diterima.}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17339/}, author = {Syarifadillah, Laila and Setyaningsih, Maryanti and Safahi, Luthpi} }