eprintid: 17338 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/38 datestamp: 2023-05-03 01:50:27 lastmod: 2023-05-03 01:50:27 status_changed: 2023-05-03 01:50:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nida, Khotrun creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Susilo, Susilo creators_id: susilo@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PERSEPSI GURU BIOLOGI DENGAN RASCH MODEL TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dewasa ini telah memberikan banyak pengaruh termasuk di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru biologi terhadap penggunaan TIK dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan analisis data Rasch Model menggunakan perangkat lunak Winstep 4.4.4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah untuk mengetahui kualitas pernyataan dan karakteristik responden, realibilitas item dan responden, pengelompokkan item dan responden, konsistensi responden, dan persepsi responden berdasarkan profil demografi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru biologi di SMP, SMA, dan MAN se Pulau Jawa. Sampel penelitian yang digunakan adalah 54 orang guru biologi dari 38 sekolah yang diperoleh dengan cara purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang terdiri dari 35 butir pernyataan dan 13 butir pertanyaan dalam hal pengetahuan TIK, pemanfaatan dan pengaruh TIK terhadap pembelajaran biologi digunakan untuk pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru terhadap TIK berada pada kategori baik sampai sangat baik. 20 item kuesioner memiliki nilai di bawah rata-rata logit +0.00 yang berarti kuesioner tersebut mudah disetujui oleh responden. 52 responden menjawab kuesioner dengan konsistensi yang tinggi dengan nilai logit diatas +1.35. Hambatan penggunaan TIK yang paling sering terjadi adalah siswa sering menyalahgunakan TIK dalam proses pembelajaran. Harapan guru biologi terhadap TIK adalah adanya aplikasi yang dirancang khusus untuk pembelajaran biologi, sehingga penggunaan TIK dalam pembelajaran menjadi lebih efektif. date: 2019-09-19 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Akhmad Sudrajat. (2008). Model Pembelajaran Afektif dan Sikap. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka. Al-Bahrani, A., & Patel, D. (2015). Incorporating Twitter, Instagram, and Facebook in Economics Classrooms. The Journal of Economic Education, 46(1), 56–67. https://doi.org/https://doi.org/10.1080 /00220485.2014.978922. Alsuraihi, A., Almaqati, A., Abughanim, S., & Jastaniah, N. (2016). Use of social media in education among medical students in Saudi Arabia. Korean Journal of Medical Education, 28(4), 343–354. https://doi.org/https://doi. org/10.3946/kjme.2016.40. Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian: Pros edur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Cao, Y., Ajjan, H., & Hong, P. (2013). Using social media applications for educational outcomes in college teaching: A structural equation analysis. British Journal of Educational Technology, 44(4), 581–593. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/bjet.12066. Chai dan Chain. (2016). Professional Learning For 21st Century Education. Journal Computer Education, 4(1), 1–4. Creswelll, w. J. (2014). Research Design qualitative, quantitative, adnd mix methods approaches. Los Angeles: SAGE Publications. Desmita, D. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta. Earl, B., & Johann, M. (2010). Babbie And Mouton 2010 The Practice Of Social Research. Eeva Liikanen & Marko Björn & Marianne Nielsen. (2018). Use of information and communications technology by teachers andstudents inbiomedical laboratoryscience educations in the Nordic countrie. Educ Inf Technol. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10639-018-9746-yhttps://doi.org/10.1007/s10639-018-9746-y El Bialy, S., & Jalali, A. (2015). Go Where the Students Are: A Comparison of the Use of Social Networking Sites Between Medical Students and Medical Educators. JMIR Medical Education, 1(2). https://doi.org/https://doi. org/10.2196/mededu.4908. Fatonah, S., & Prasetyo, Z. K. (2014). Pembelajaran Sains. yogyakarta: Penerbit Ombak. Ferguson, C., DiGiacomo, M., Saliba, B., Green, J., Moorley, C., Wyllie, A., & Jackson, D. (2016). First year nursing students’ experiences of social media during the transition to university: A focus group study. Contemporary 59 Nurse, 52(5), 625–635. George, P., Dumenco, L., Dollase, R., Taylor, J., Wald, H., & Reis, S. (2013). Introducing technology into medical education: Two pilot studies. Patient Education and Counseling, 293(3), 522–524. https://doi.org/https://doi. org/10.1016/j.pec.2013.04.018. Ghavifekr, S., Razak, A. Z. A., Ghani, M. F. A., Ran, N. Y., Meixi, Y., & Tengyue, Z. (2014). ICT Integration in Education: Incorporation for Teaching & Learning Improvement. The Malaysian Online Journal of Educational Technology, 2(2), 24–54. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2011.00453.x Handal, B., MacNish, J., & Petocz, P. (2013). Adopting Mobile Learning in Tertiary Environments: Instructional, Curricular and Organizational Matters. Education Sciences, 3(4), 359–374. https://doi.org/10.3390/educsci3040359 Hannah, B. Mi., & Joshua, A. C. (2017). Mobile Learning and its Effects on Academic Achievement and Student Motivation in Middle Grades Students. International Journal for the Scholarship of Technology Enhanced Learning, 1(2), 91–110. International Education Advisory Board. (2017). Learning in the 21st Century: Teaching Today’s Students on Their Terms. USA: Certiport. Ismaniati, C. (2010). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jans, S., & Wouters, V. (2009). E-learning Competencies for Teachers in Secondary and Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 4(2), 58–60. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijet.v4 i2.739. Jones, A. M. (2003). The use and abuse of PowerPoint in teaching and learning in the life sciences: a personal overview. Bioscience Education E-Journal. Retrieved from http://bio.ltsn.ac.uk/journal/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. (1st ed.). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Madden, M., Lenhart, A., Cortesi, S., Gasser, U., Duggan, M., & Smith, A. (2013). Teens, social media, and privacy. Berkman Center for Internet & Society. Mok, M., & Wright, B. (2004). Overview of Rasch Model Families. In Introduction to Rasch Measurement: Theory, Models and Applications. Minnesota: Jam Press. Mukhopadhyay, S., Kruger, E., & Tennant, M. (2014). YouTube: A new way of supplementing traditional methods in dental education. Journal of Dental 60 Education, 78(11), 1568–1571. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j. acalib.2014.05.018. Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta. Nutteerat Pheeraphan. (2013). Enhancement of the 21 Century Skills for Thai Higher Education by Integration of ICT in Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 365–373. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.346 Osakwe, J. O., Nomusa, D., & Jere, N. (2017). Teacher and Learner Perceptions on Mobile Learning Technology: A Case of Namibian High Schools from the Hardap Region. HIGHER EDUCATOR-An International Journal, 1(1), 13–41. https://doi.org/10.26762/he.2017.30000002 Pickering, J., and Bickerdike, S. (2016). Medical student use of Facebook to support preparation for anatomy assessments. Anatomical Sciences Education, 10(3), 205–2014. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/ase.1663. Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Sarrab, M., Elgamel, L., & Aldabbas, H. (2013). Mobile Learning (M-Learning) and Educational Environments, 3(4), 31–38. Sarwono, S. W. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Slameto, S. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Cimahi: TrimKom Publishing House. Surjono, H. D. (2013). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Peningkatan Proses Pembelajaran yang Inovatif. Seminar Nasional Pendidikan & Saintec UMS. Thomas, K., & Bannon, B. O. (2015). Cell Phones in the Classroom: Preservice Teachers’ Perceptions Kevin. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 30(1), 11–20. https://doi.org/10.1080/21532974.2013.10784721 Tjahyadi, S. (2007). Ilmu Teknologi dan Kebudayaan. yogyakarta: Liberty Yogyakarta. Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka. Tursinawati, T. (2016). Penguasaan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan 61 Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 72–84. Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andy Yogyakarta citation: Nida, Khotrun dan Akbar, Budhi dan Susilo, Susilo (2019) PERSEPSI GURU BIOLOGI DENGAN RASCH MODEL TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17338/1/KHOTRUN%20NIDA.pdf