eprintid: 17337 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/37 datestamp: 2023-05-03 01:50:27 lastmod: 2023-05-03 01:50:27 status_changed: 2023-05-03 01:50:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lutfiana, Khairani creators_name: Meitiyani, meitiyani creators_name: Abdullah, Sahami creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI IPA DI SMAN 102 JAKARTA ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA di SMAN 102 Jakarta serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA di SMAN 102 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2019. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes soal pilihan ganda materi sistem reproduksi dan instrumen non tes (angket) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa. Data penelitian dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis data diperoleh persentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 44,70% yang tergolong ke dalam kriteria cukup. Berdasarkan hasil perhitungan angket diperoleh faktor pendukung dan faktor penghambat kemampuan pemecahan masalah siswa yang berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang merupakan faktor pendukung adalah rasa percaya diri dengan rata-rata persentase sebesar 80,56%. Faktor pendukung yang berasal dari faktor eksternal adalah guru sebagai Pembina siswa belajar dengan rata-rata persentase sebesar 75%. Faktor penghambat yang berasal dari faktor internal adalah konsentrasi belajar dengan rata-rata persentase sebesar 65,28%. Faktor penghambat yang berasal dari faktor eksternal adalah kurikulum sekolah dengan rata-rata persentase sebesar 60,42%. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ali, M., & Aminoto, T. (2018). Brain Gym Dapat Meningkatkan Konsentrasi Belajar Mahasiswa STEI Indonesia Rawamangun Jakarta Timur. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 5(2), 173-178. Amiwati, L. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal E-Journal Pensa, 07(02), 108-112. Arestu, O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 58-66. Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Aviana, R., & Hidayah, F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains, 03(01), 30-33. Baharuddin., Indana, S., & Koestiari, T. (2017). Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tugas Proyek Materi Sistem Eksresi Untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(1), 81-97. Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109-115. Bowkett, S. (2014). 100 Ide untuk Guru: Mengembangkan Keterampilan Berpikir. London: Esensi. Conway, J. H. (2004). How to Solve It. United States of America: Prinston University Press. Darnius, S. (2016). Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Saintifik Di Kelas Tinggi Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 40-48. Dimyati, A., & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 78 Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 157-166. Dostál, J. (2014). Theory of Problem Solving. Jurnal Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174(2015), 2798-2805. DOI: http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.970. Eichmann, B., dkk. (2018). The Role Of Planning In Complex Problem Solving. Jurnal Computers and Education, 128(2019), 1-12. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.08.004. Fauziah, U. (2018). Problem Based Learning Terintegrasi Karakter Religius Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 91-106. Gita, S. D., Annisa, M., & Nanna, A. W. I. (2018). Pengembangan Modul IPA Materi Hubungan Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Berbasis Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 28-37. Grewal, D. S. (2014). Improving Concentration and Mindfulness in Learning through Meditation. IOSR Journal Of Humanities And Social Science, 19(2), 33-39. Hadiansah., Safitri, T. A., & Suhada, I. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran ICARE. Quagga: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 1-5. DOI: 10.25134/quagga.v11i1.1525. Hedyanti, W. N., Sudarmiatin., & Utaya, S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPA Melalui Motivasi Belajar (Studi Pada Siswa Kelas IV , V , VI Gugus 2 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang). Jurnal Pendidikan, 1(5), 865-873. Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9-21. Islamiyati, N. A., Paidi., & Nurcahyo, H. (2016). Identifikasi Kemampuan Problem Solving Siswa SMA Negeri Di Kota Yogyakarta Pada Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Program Penjurusan Dan Jenjang Kelas. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(4), 77-86. 79 Jirana., Nur, S., & Nurmiati. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan dan Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 1(2), 87-94. Khotimah, R. P., & Masduki. (2016). Improving Teaching Quality and Problem Solving Ability Through Contextual Teaching and Learning in Differential Equations: A Lesson Study Approach. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 1(1), 1-13. Kirmizi, F. S., Saygi, C., & Yurdakal, I. H. (2014). Determine The Relationship Between The Disposition of Critical Thinking and The Perception About Problem Solving Skills. Jurnal Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191(2015), 657-661. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.719. Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69-80. Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42. Latief, A. (2014). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Peserta Didik Di SMK Negeri Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pepatuzdu, 7(1), 13-26. Magfira, N. A. Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas XI IPA Pada Pembelajaran Biologi di SMAN 5 Tambun Selatan. Skripsi. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Molnár, G., & Csapó, B. (2018). The Efficacy and Development of Students’ Problem-Solving Strategies During Compulsory Schooling: Loglife Analyses. Jurnal Frontiers in Psychology, 9(302), 1-17. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00302. Muhammedi. (2016). Perubahan Kurikulum di Indonesia : Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang Ideal. Jurnal Raudhah, IV(1), 49-70. Muliyati, dkk. (2017). Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Masamba. Jurnal UNM Journal of Biological Education, 1(1), 6-14. 80 Nafila, H. N., Azmi, N., & Muspiroh, N. (2016). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Iman Dan Taqwa (Imtaq) Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ciwaringin. Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 5(2), 136-143. DOI: https://doi.org/10.1093/qjmed/hcy132/5040729. Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia. Ningrum, G. R. (2015). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI MIA di SMAN 7 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Norhayati., Hasanuddin., & Hartono. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Journal for Research in Mathematics Learning, 1(1), 19-32. Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8-18. Nur, S. (2015). Peningkatan Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Saintifik, 1(1), 34-40. Nurani, D. (2014). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 1 Bangunrejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal BIOEDUKASI, 5(2), 79-86. Nurhasanah, S., Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135. Nurhayati., Rosmaiyadi., & Buyung. (2017). Efforts to Improve Student's Self Confidence Using Collaborative Learning Model. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(2), 57-62. Oktalia, Y., Sakti, I., Hamdani, D. (2017). Pengaruh Minat Dan Motivasi Pada Penerapan Model Diskoveri Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 87-95. 81 Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03(2), 333-352. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Puspitasari, dkk. (2018). Analisis Kesiapan Sekolah Terhadap Perubahan Kurikulum Studi Kasus SMK Perindustrian Yogyakarta dan SMA Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Idaarah, II(2), 280-288. Rahayu, R., Saminan., & Mursal. (2018). The Analysis Of Thinking Style And Confidence Level In Solving Physics Problems. Unnes Science Education Journal, 7(2), 156-162. Redoni. (2017). How To Solve Your Problems. Yogyakarta: Psikologi Corner. Relita, D. T., & Regina, F. (2015). Hubungan Antara Rasa Percaya Diri dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Karyasekadau Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Profit, 2(2), 122-130. Ririmasse, J. W., & Leiwakabessy, F. (2019). Penerapan Model Kooperatif dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa dalam Konsep Sistem Ekskresi Kelas VIII SMP Negeri 1 Ambon. Jurnal Biopendix, 5(2), 104-111. Ritonga, M. (2018). Politik dan Dinamika Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia Hingga Masa Reformasi. Jurnal Bina Gogik, 5(2), 88-102. Safitri, N. A., Maulana, A., & Damayanti, E. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Pallangga. Jurnal Biotek, 6(1), 43-52. Saleh, H. I., Danial, M., Junda, M. (2017). Hubungan antara Gaya Mengajar Guru dan Gaya Belajar Peserta Didik dengan Minat dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA di Kota Bulukumba. Journal of Biological Education, 1(1), 81-88. Sam, H. N., & Qohar, A. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 156-163. Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 82 Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Jurnal Warta LPM, 20(1), 9-16. Stegman, B. (2014). Inquiry, New Literacies, and The Common Core. Jurnal Kappa Delta Pi Record, 50(1), 31-36. Su’udiah, F., Degeng, I., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1744-1748. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan Penilaian Proyek Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101-110. Sumiantari, N. L., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 1(1), 63-73. Suryadi, A., & Kamilati, N. (2017). Sains: Hakikat, Urgensi, dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Deepublish. Susilaningrum, D. F., Santosa, S., & Ariyanto, J. (2017). Studi Komparasi Antara Penerapan Model Learning Cycle 5E dan Discovery Learning terhadap Capaian Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Boyolali. Jurnal Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 331-339. Suwandi, T., Hasnunidah, N., & Marpaung, R. R. T. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Open-Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Oleh Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif, VI(2), 163-173. Syahlan. (2017). Sepuluh Strategi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6), 358-369. 83 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Diunduh tanggal 03 Maret 2019, dari https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf Yamin, M. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi citation: Lutfiana, Khairani dan Meitiyani, meitiyani dan Abdullah, Sahami (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI IPA DI SMAN 102 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17337/1/KHAIRANI%20LUTFIANA.pdf