eprintid: 17336 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/36 datestamp: 2023-05-03 01:50:27 lastmod: 2023-05-03 01:50:27 status_changed: 2023-05-03 01:50:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Bramasta, Khafi Putra creators_name: Setyaningsih, Maryanti creators_name: Anugrah, Devi creators_id: *Correspondence email: agus.pambudi@uhamka.ac.id creators_id: devi.anugerah@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: ANALISIS MISKONSEPSI CALON GURU BIOLOGI PADA KONSEP ALGA MATA KULIAH TUMBUHAN NON VASKULER ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi calon guru biologi pada konsep Alga mata kuliah Tumbuhan Non Vaskuler di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus B FKIP UHAMKA pada bulan Februari hingga Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sebanyak 93 mahasiswa angkatan 2017 yang aktif, sebagai responden dalam penelitian ini. Pengumpulan data penelitian ini melalui pengolahan tes objektif pilihan ganda dengan CRI (Certainty of Response Index), wawancara dan angket tentang faktor-faktor yang mempengaruhi miskonsepsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 31,30% mahasiswa mengalami miskonsepsi, sebanyak 25,84% mahasiswa paham konsep dan sebanyak 42,86% mahasiswa tidak paham konsep Alga mata kuliah Tumbuhan Non Vaskuler. Kemudian, faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi adalah mahasiswa itu sendiri yang berasal dari pemikiran atau intuitif yang salah terhadap suatu konsep, dan kurangnya minat dalam belajar mahasiswa. Adapun faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi lainnya yaitu ada perbedaan dalam penjelasan konsep yang disampaikan oleh dosen dan buku teks, metode pembelajaran yang digunakan dosen berupa metode ceramah, penggunaan bahasa yang rumit atau sulit pada buku teks sehingga sulit dipahami oleh mahasiswa, dan adanya pengaruh belajar bersama teman. Kesimpulannya bahwa masih terdapat adanya miskonsepsi calon guru biologi pada konsep Alga mata kuliah Tumbuhan Non Vaskuler. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Ariyana, Y., Bestary, R., Pudjiastuti, A., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, S. B, & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Eka, K. I. (2014). Miskonsepsi dalam Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish. Fadillah, S. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Dalam Materi Perbandingan Dengan Menggunakan Certainty of Response Index ( Cri ). Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(2), 247–259. Retrieved from http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/349 Fitarahmawati, Sukiya, & Sudarsono. (2017). Analisis Ragam Kesulitan Belajar Biologi Materi Protista MAN di Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2016/2017. Pendidikan Biologi-S1, 6(7), 403–413. Hala, Y., Syahdan, U. A., Pagarra, H., & Saenab, S. (2018). Identification of Misconceptions on Cell Concepts among Biology Teachers by Using CRI Method. Journal of Physich: Conference Series, 1028(1), 1–7. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1028/1/01 Halim, L., Yong, T. K., & Meerah, T. S. M. (2014). Overcoming Students’ Misconceptions on Forces in Equilibrium: An Action Research Study. Creative Education, 05(11), 1032–1042. https://doi.org/10.4236/ce.2014.511117 Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Physics Education, 34(5), 294–299. https://doi.org/10.1088/0031-9120/34/5/304 Hidayati, F. N., Akhsan, H., & Syuhendri, S. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Sma Negeri 1 Indralaya. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 1–9. Retrieved from http://fkip.unsri.ac.id/index.php/menu/104 Hodač, L., Brinkmann, N., Mohr, K. I., Arp, G., Hallmann, C., Ramm, J., Friedl, T. (2015). Diversity of Microscopic Green Algae (Chlorophyta) in Calcifying Biofilms of Two Karstic Streams in Germany. Geomicrobiology Journal, 32(3-4), 275–290. https://doi.org/10.1080/01490451.2013.878418 79 Ibrahim, M. (2012). Seri Pembelajaran Inovatif KONSEP,MISKONSEPSI DAN CARA PEMBELAJARANNYA. Surabaya: Unesa University Press. Istighfarin, L. (2015). Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. BioEdu, 4(3), 991–995. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu Kasanah, N., Setyadi, Triyanto, & Ismi, T. (2018). Rumput Laut Indonesia: Keanekaragaman Rumput Laut di Gunung Kidul. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Kirbulut, Z. D., & Geban, O. (2014). Using three-tier diagnostic test to assess students’ misconceptions of states of matter. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 10(5), 509–521. Retrieved from https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1128a Kurniasih, M. D. (2017). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa dengan Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Pada Materi Anatomi Tubuh Manusia. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 1–11. Retrieved from https://doi.org/10.23971/eds.v5i1.650 Kurniawan, R. (2017). Keanekaragaman Jenis Makroalga di Perairan Laut Desa Teluk Bakau Kabupaten Bintan Kepulauan Riau. Riau (Sripsi). Jurusan Ilmu Kelautan. Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang. Lora, H. A., Sesunan, F., & Wahyudi, I. (2019). Perbandingan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Impuls Dan Momentum Menggunakan Media Animasi. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 46–55. Retrieved from http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/1395 Meriam, W. P. M., Kepel, R. C., & Lumingas, L. J. L. (2016). Inventarisasi Makroalga di Perairan Pesisir Pulau Matehage Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Platax, 4(2), 84–108. Retrieved from https://doi.org/10.35800/jip/4/2/2016.14077 Muna, I. A. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pgmi Pada Konsep Hukum Newton Menggunakan Certainty Of Reponse Index (CRI). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(2), 309–322. Mustaqim, T. A., Zulfiani, & Herlanti, Y. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI) pada Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Edusains, 6(2), 146–152. https://doi.org/10.1186/1744-9081-4-34 Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Nusantari, E. (2014). Genetics Misconception on High School Textbook , the Impact and Importance on Presenting the Order of Concept through Reorganization of Genetics. Journal of Education and Practice, 5(36), 20–29. 80 Ojose, B. (2015). Students’ Misconceptions in Mathematics: Analysis of Remedies and What Research Says. Ohio Journal of School Mathematics, 72, 30–34. Retrieved from http://hdl.handle.net/1811/78927 Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga. ÖZAY KÖSE, E., & KESKİN, B. (2015). Understanding Adaptation and Natural Selection: Common Misconceptions. International Journal of Academic Research in Education, 1(2). https://doi.org/10.17985/ijare.53146 Priadi, A., & Herlanti, Y. (2016). Biologi 1 SMA Kelas X. Jakarta: Yudhistira. Raharjo, D., Ramli, M., & Rinanto, Y. (2018). Misconception protist in high school biology textbooks. International Conference on Mathematics and Science Education, 3, 85–90. Rusman. (2014). Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (2nd ed.). Jakarta: Rajawali Pers. Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Sarlina. (2015). Miskonsepsi siswa terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan persamaan kuadrat siswa kelas x5 sma negeri 11 makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 194–209. Setiawati, G. A. D., Arjaya, I. B. A., & Wayan, E. N. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Dalam Materi Kelas IX SMP di Kota Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati, 03(02), 17–31. https://media.neliti.com/media/publications/74728-ID-identifikasi miskonsepsi-dalam-materi-fo.pdf Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Starr, C., Taggart, R., Evers, C., & Starr, L. (2012). Biologi: Kesatuan dan Keragaman Makhluk Hidup. Jakarta: Salemba Teknika. Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Suhermiati, I., Sifak, I., & Rahayu, Y. S. (2015). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Sintesis Protein Ditinjau dari Hasil Belajar Biologi Siswa. BioEdu,4(3),985–990. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu. Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Grasindo. 81 Susilaningsih, E., Kasmui, & Harjito. (2016). Desain Instrumen Tes Diagnostik Pendeteksi Miskonsepsi Kimia Mahasiswa Calon Guru. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1432–1437. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/usej.v5i3.13184 Tim penyusun buku panduan. (2015). Panduan 2015-2016. Jakarta: Biro Akademik dan Kemahasiswaan UHAMKA. Uno, H. B., & Koni, S. (2016). Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. Uriyah, N. C., Nuriman, & Hutama, F. S. (2018). Analisis Miskonsepsi Materi Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Menggunakan Certainty of Response Index Pada Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 148–157. https://doi.org/10.12928/jpsd.v5i1.12576 Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara. Yangin, S., & Sidekli, S. (2014). Prospective Teachers Misconceptions About Classification Of Plants And Changes In Their Misconceptions During Pre-Service Education. Journal of Baltic Science Education, 13(3), 105–117. http://journals.indexcopernicus.com/abstract.php?icid=1093376 citation: Bramasta, Khafi Putra dan Setyaningsih, Maryanti dan Anugrah, Devi (2019) ANALISIS MISKONSEPSI CALON GURU BIOLOGI PADA KONSEP ALGA MATA KULIAH TUMBUHAN NON VASKULER. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17336/1/KHAFI%20PUTRA%20BRAMASTA.pdf