TY - THES Y1 - 2019/08/30/ N2 - Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi calon guru biologi pada konsep Alga mata kuliah Tumbuhan Non Vaskuler di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus B FKIP UHAMKA pada bulan Februari hingga Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sebanyak 93 mahasiswa angkatan 2017 yang aktif, sebagai responden dalam penelitian ini. Pengumpulan data penelitian ini melalui pengolahan tes objektif pilihan ganda dengan CRI (Certainty of Response Index), wawancara dan angket tentang faktor-faktor yang mempengaruhi miskonsepsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 31,30% mahasiswa mengalami miskonsepsi, sebanyak 25,84% mahasiswa paham konsep dan sebanyak 42,86% mahasiswa tidak paham konsep Alga mata kuliah Tumbuhan Non Vaskuler. Kemudian, faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi adalah mahasiswa itu sendiri yang berasal dari pemikiran atau intuitif yang salah terhadap suatu konsep, dan kurangnya minat dalam belajar mahasiswa. Adapun faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi lainnya yaitu ada perbedaan dalam penjelasan konsep yang disampaikan oleh dosen dan buku teks, metode pembelajaran yang digunakan dosen berupa metode ceramah, penggunaan bahasa yang rumit atau sulit pada buku teks sehingga sulit dipahami oleh mahasiswa, dan adanya pengaruh belajar bersama teman. Kesimpulannya bahwa masih terdapat adanya miskonsepsi calon guru biologi pada konsep Alga mata kuliah Tumbuhan Non Vaskuler. A1 - Bramasta, Khafi Putra A1 - Setyaningsih, Maryanti A1 - Anugrah, Devi TI - ANALISIS MISKONSEPSI CALON GURU BIOLOGI PADA KONSEP ALGA MATA KULIAH TUMBUHAN NON VASKULER M1 - bachelor PB - Universitas Prof.Dr. Hamka AV - public UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17336/ ID - repository17336 ER -