eprintid: 17335 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/35 datestamp: 2023-05-03 01:50:24 lastmod: 2023-05-03 01:50:24 status_changed: 2023-05-03 01:50:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Febrianto, Johari creators_name: Amirullah, Gufron creators_name: Abdullah, Sahami creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id title: HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KONSEPTUAL PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PRO LINGKUNGAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UHAMKA ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Latar Belakang: Pendidikan lingkungan mempengaruhi perilaku mahasiswa dalam menyikapi lingkungan sehingga sangat penting untuk diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur nilai koefisien korelasi antara pengetahuan konseptual pendidikan lingkungan hidup dengan perilaku pro lingkungan mahasiswa pendidikan biologi UHAMKA. Metode: Penelitian ini memakai metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 9 butir soal untuk mengetahui pengetahuan konseptual dan instrumen non tes berupa kuesioner sebanyak 25 pernyataan untuk mengetahui perilaku pro lingkungan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah 92 mahasiswa. Hasil: Kedua variabel memiliki persamaan regresi y = 77,25 + 0,429x. Sedangkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh hasil yakni 0, 903. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan konseptual pendidikan lingkungan hidup dengan perilaku pro lingkungan pada mahasiswa pendidikan biologi UHAMKA. Kesimpulan: Pengetahuan konseptual pendidikan lingkungan hidup yang dimiliki mahasiswa berkontribusi sebesar 81,50% terhadap perilaku pro lingkungan. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustini, A. 2019. Promosi Kesehatan. Deepublish: Yogyakarta. Ahmad, S. F., & Ahmad, S. S. 2008. 5 Tantangan Abadi Terhadap Agama dan Jawaban Islam Terhadapnya. Mizan Pustaka: Bandung. Aisyah, S. 2015. Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Deepublish: Yogyakarta. Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (Eds.). 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing; a Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (Abridged E). Addison Wesley Longman: New York. Andriani, A. 2018. Praktis Membuat Buku Kerja Guru: Menyusun Buku Kerja 1, 2, 3 dan 4 dengan Mudah dan Sistematis. CV Jejak: Sukabumi. Arifin, Z. 2016. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. PT Remaja Rosdakarya: Bandung. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rhineka Cipta: Jakarta. Bakker, A., & Zubair, A. C. 2011. Metodologi Penelitian Filsafat. Kanisius: Yogyakarta. Detik. 2018. Penampakan Sungai Citarum yang Tercemar Limbah Industri. Gao, Y. 2018. To Study the Relationship between Environmental Education and Environmental Behavior Based on Environmental Attitude. 27(106), 627–634. Retrieved from http://www.ekolojidergisi.com/article/to-study-the-relationship-between-environmental-education-and-environmental-behavior-based-on-5397 Gunawan, J., & Sukarna, R. A. 2016. Potret Keperawatan di Belitung Indonesia. Penerbit YCAB: Kendari. Hines, J. M., Hungerford, H. R., & Tomera, A. N. 2010. Analysis and Synthesis o f Research on Responsible Environmental Behavior : A Meta-Analysis. (March 2013), 37–41. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00958964.1987.9943482 89 Homburg, A., & Stolberg, A. 2006. Explaining pro-environmental behavior with a cognitive theory of stress. Journal of Environmental Psychology, 26(1), 1–14. https://doi.org/10.1016/J.JENVP.2006.03.003 Hwang, Y.-H., Kim, S.-I., & Jeng, J.-M. 2000. Examining the Causal Relationships Among Selected Antecedents of Responsible Environmental Behavior. The Journal of Environmental Education, 31(4), 19–25. https://doi.org/10.1080/00958960009598647 Jaenudin, U., & Marliany, R. 2017. Psikologi Lingkungan (B. A. Saebani, Ed.). CV. Pustaka Setia: Bandung. Jubilee Enterprise. 2014. SPSS untuk Pemula. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta. Kaiser, F. G., Oerke, B., & Bogner, F. X. 2007. Behavior-based environmental attitude: Development of an instrument for adolescents. Journal of Environmental Psychology, Vol. 27, pp. 242–251. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2007.06.004 Keraf, A. S. 2010. Etika Lingkungan Hidup. PT. Komas Media Nusantara: Jakarta. Kollmuss, A., & Agyeman, J. 2002. Mind the Gap : Why do people act environmentally and what are the barriers to pro-environmental behavior ? Mind the Gap : why do people act environmentally and what are the barriers to. Vol. 8 No. https://doi.org/10.1080/1350462022014540 Kurisu, K. 2015. Pro-enviromental Behaviors. Springer New York Heidelberg Dordrecht London: Tokyo. Laurens, J. M. 2005. Arsitektur dan Perilaku Manusia. PT. Grasindo: Jakarta. Liobikiene, G., & Po, M. S. 2019. The Importance of Environmental Knowledge for Private and Public Sphere Pro-Environmental Behavior : Modifying the Value-Belief-Norm Theory. Sustainability, 11. https://doi.org/doi:10.3390/su11123324 Mafar, I. M. 2018. Hubungan Place Attachment dengan Perilaku Pro Lingkungan Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Maulana, H. D. J. 2009. Promosi Kesehatan (E. K. Yudha, Ed.). Penerbit Buku Kedokteran EGC: Jakarta. Mongabay. 2019a. Menanti Hukuman Bagi Perusak Cagar Biosfer Giam Siak Kecil. Retrieved June 16, 2019, from Mongabay.co.id website: 90 https://www.mongabay.co.id/2019/06/14/menanti-hukuman-bagi-perusak-cagar-biosfer-giam-siak-kecil/ Mongabay. 2019b. Pembalakan Liar Masih Ancaman Utama Hutan Leuser. Retrieved June 16, 2019, from Mongabay.co.id website: https://www.mongabay.co.id/2019/06/14/pembalakan-liar-masih-ancaman-utama-hutan-leuser/ Nurfajriani, N., Azrai, E. P., & Sigit, D. V. 2018. Hubungan Ecoliteracy dengan Perilaku Pro-Lingkungan Peserta Didik SMP. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 5(2), 63–69. https://doi.org/10.25273/florea.v5i2.3126 Prasetyo, K., & Hariyanto. 2018. Pendidikan Lingkungan Indonesia; Dasar Pedagogi dan Metodologi (P. Latipah, Ed.). PT. Remaja Rosdakarya: Bandung. Priyatno, D. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Mediakom: Yogyakarta. Putri, A., Pertiwi, F., Sigit, D. V., & Komala, R. 2018. Hubungan Pengetahuan tentang Pencemaran Lingkungan dengan Perilaku Ramah Lingkungan Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 06(02), 54–58. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jps.6.2.2018.54-58 Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. 2017. Evaluasi Pembelajaran. CV. Pustaka Setia: Bandung. Safari. 2004. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non-Tes dengan Manual, Kalkulator, dan Komputer. Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta. Salim, E. 2000. Kembali ke Jalan Lurus - Esai-esai 1966-99. AlvaBet: Jakarta. Sarwono, J. 2011. Buku Pintar IBM SPSS Statistics 19. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta. Selamet, S. R. 2015. Dahsyatnya Al-Ashr Motivasi dan Inspirasi Kesuksesan. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta. Setiawan, D. F. 2018. Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran. Deepublish: Yogyakarta. Setyowati, D. L., Soenarko, Rudatin, & Sedyawati, S. M. R. (Eds.). 2014. Buku Ajar Mata Kuliah Umum Pendidikan Lingkungan Hidup. Universitas Negeri Semarang: Semarang. 91 Simamora, B. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta. Soga, M., & Gaston, K. J. 2016. Extinction of experience : the loss of human – nature interactions in a nutshell : 94–101. https://doi.org/10.1002/fee.1225 Steg, L., & Vlek, C. 2009. Encouraging pro-environmental behaviour : An integrative review and research agenda. Journal of Environmental Psychology, 29(3), 309–317. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2008.10.004 Sudargo, T., Kusmayanti, N. A., & Hidayati, N. L. 2018. Defisiensi Yodium, Zat besi, dan Kecerdasan. UGM Press: Yogyakarta. Sudjoko, Wijaya, S. A., Hidayati, S., Mariyam, S., & Setianingsih, W. 2013. Pendidikan Lingkungan Hidup. Penerbit Universitas Terbuka: Tangerang. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung. Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Kanisius: Yogyakarta. Supiana. 2017. Metodologi Studi Islam. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung. Susilo, E., Purwanti, P., & Fattah, M. 2017. Adaptasi Manusia, Ketahanan Pangan dan Jaminan Sosial Sumberdaya. UB Press: Malang. The UNEP-International Environment Technology Centre (IETC). 2003. Environmental Education Framework (Urban Envi). Retrieved from http://www.unep.or.jp/ietc/Focus/pdf/ee-frame.pdf Unesco-UNEP International Environmental Education Programme. 1985. Environmental Education : Module for Pre-Service Training of Social Science Teachers and Supevisors (Environmen; W. J. Jacobson, Ed.). Retrieved from http://www.unesco.org/education/pdf/333_14.pdf Vicente-Molina, M. A., Fernández-Sáinz, A., & Izagirre-Olaizola, J. 2013. Environmental knowledge and other variables affecting pro-environmental behaviour: Comparison of university students from emerging and advanced countries. Journal of Cleaner Production, 61, 130–138. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2013.05.015 Zaim, M. 2016. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris. KENCANA: Jakarta. Zainal, V. R., Kamal, H., & Muhammad, N. 2014. The Economics of Education: Mengelola Pendidikan Secara Profesional untuk Meraih Mutu dengan citation: Febrianto, Johari dan Amirullah, Gufron dan Abdullah, Sahami (2019) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KONSEPTUAL PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PRO LINGKUNGAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17335/1/JOHARI%20FEBRIANTO.pdf