%X Latar Belakang: Pendidikan lingkungan mempengaruhi perilaku mahasiswa dalam menyikapi lingkungan sehingga sangat penting untuk diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur nilai koefisien korelasi antara pengetahuan konseptual pendidikan lingkungan hidup dengan perilaku pro lingkungan mahasiswa pendidikan biologi UHAMKA. Metode: Penelitian ini memakai metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 9 butir soal untuk mengetahui pengetahuan konseptual dan instrumen non tes berupa kuesioner sebanyak 25 pernyataan untuk mengetahui perilaku pro lingkungan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah 92 mahasiswa. Hasil: Kedua variabel memiliki persamaan regresi y = 77,25 + 0,429x. Sedangkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh hasil yakni 0, 903. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan konseptual pendidikan lingkungan hidup dengan perilaku pro lingkungan pada mahasiswa pendidikan biologi UHAMKA. Kesimpulan: Pengetahuan konseptual pendidikan lingkungan hidup yang dimiliki mahasiswa berkontribusi sebesar 81,50% terhadap perilaku pro lingkungan. %A Johari Febrianto %A Gufron Amirullah %A Sahami Abdullah %L repository17335 %T HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KONSEPTUAL PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PRO LINGKUNGAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UHAMKA %I Universitas Prof.Dr. Hamka %D 2019