eprintid: 17334 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/34 datestamp: 2023-05-03 01:50:24 lastmod: 2023-05-03 01:50:24 status_changed: 2023-05-03 01:50:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Saidaturrahmi, Intan creators_name: Amirullah, Gufron creators_name: Abdullah, Sahami creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id title: PENGARUH PjBl (PROJECT BASED LEARNING) TERINTEGRASI STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING MATHEMATICS) TERHADAP LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI SAINS PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM (Science Technology Engineering Mathematics) terhadap literasi sains aspek kompetensi sains peserta didik pada Materi Sistem Reproduksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cikande pada bulan Maret hingga Juni Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah quasy experiment (eksperimen semu), sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 180 siswa dengan sampel sebanyak 60 siswa yang terdiri terbagi ke dalam 2 kelas, yakni kelas X1 MIA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling.. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis essay yang terdiri dari 10 butir soal dalam materi sistem reproduksi manusia kelas XI yang dikembangkan berdasarkan literasi sains aspek kompetensi yang memiliki indikakator menjelaskan fenomena ilmiah, menggunakan bukti ilmiah, mengidentifikasi isu ilmiah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 68.67, sedangkan nilai siswa kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 62.30. Uji hipotesis menggunakan uji t-test polled varian diperoleh thitung sebesar 3.00 dan ttabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 2.665, karena thitung lebih besar daripada ttabel maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Project Based Learning terintegrasi STEM (Science Technology Engineering Mathematics) terhadap literasi sains aspek kompetensi sains peserta didik pada Materi Sistem Reproduksi. Menjelaskan fenomena ilmiah memiliki rata-rata tertinggi sebesar 83.33% pada kelas eksperimen dan 75% pada kelas control. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abidin, Yunus., Tita Mulyati., Hana Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Menulis. Jakarta: Bumi Aksara. Afriana, Jaka., Ann Permanasari,. Fitriani, A. 2016. Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta didik Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi pendidikan IPA, Vol. 2, No. 2. Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Arohman, Mamat., Saefudin., Didik Pryanko. 2016. Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pemebelajaran Ekosistem. Proceeding Biology Education Conference, Vol. 13 No 1 : 90-92. Asyhari, Ardian., Risa Hartati. 2015. Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. Vol. 4 No 2 . DOI: 10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91. Cahyaningsih, Febriana., Ekosari Roektiningroem. 2018. Pengaruh pembelajaran ipa berbasis stem-pbl terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. E-Journal Pendidikan IPA Volume 7 No 5. Darmawan, Deni., Dinn Wahyudin. 2018. Model Pembelajaran Di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. Furi, Indah Meita Lani., Sri Handayani., Shinta Maharani. 2018. Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kretivitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan SUSU. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 32 No 1. Gormally, C., Brickman, P., Hallar, B., Armstrong, N. 2009. Effect of Inquiry Based Learning on Student’s Science Literacy Skills and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3 (2), 1-18. https://doi.org/10.20429/ijsotl.2009.030216 diakses pada tanggal 31 Januari 2019 Ismayani, Ani. 2016. Pengaruh Penerapan STEM Project Based Learning Terhadap Kreativitas Matematika Siswa SMK. Indonesian Digitak Journal of Mathematics and Education, Vol. 3 No. 4. 55 Jagantara, Wirasana Made I., Adyana Budi Putu Budi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Projeck Based Learning)Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Biologi. Kristiani, Devi Kornelia., Tantri Mayasari., Erawan Kurniadi. 2017.. Pengaruh Pembelajaran STEM-PjBL Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III. 15 Juli. Latip, Abdul., Anna Permanasari. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains untuk Siswa SMP pada Tema Teknologi. Research Artikel Edusains, Vol. 7 No. 02. Listiana. 2018. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika Universita Lampung. Miftahuzzakiya. 2018. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics (Stem) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Konsep Jamur. Skripsi. Jurusan Biologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Muharomah, Robiatun Dewi. 2018. Pengaruh Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics (Stem) Terhadap Hasil Belajar Pada Konsep Evolusi. Skripsi. Jurusan Biologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Nessa, Widya., Hartono Yusuf., Cecil. 2017. Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak Pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Problem-Based Learning Di Kelas X. Jurnal Elemen Vol 3 No 1. Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/PISA%202012%20framework%20e-book_final.pdf, Diakses 19 Oktober 2018. Permanasari, Anna. 2016. STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Jurnal dalam Seminar Nasional Pendidikan Sains. Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 56 Robinson, J.K. 2013. Project Based Learning : Improving Student Engagement and Performance in The Laboratory”. Anal Bional Chem, Vol. 405 :7-13. Springer. Safari. 2004. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes: Dengan Manual, Kalkulator, dan Komputer. Jakarta: Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia Departemen Pendidikan Nasional. Sani, R, A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara. Sari, Anggun Novita Desi., Ani Rusilowati., Murbangun Nuswowati. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Pancasakti Science Education Journal, Vol. 2 Nomor 2. Sastrika, I.A.K, Sadia, I.W., & Muderawan, I.W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Vol. 3. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Wijayanti, Arfilia., Khusnul Fajriyah. 2018. Implementasi Stem Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Sd. Jurnal pendidikan sains (jps), Vol. 06 No. 02. Yusa. 2016. Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Biologi Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas XI Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: Garfindo Media Pratama. citation: Saidaturrahmi, Intan dan Amirullah, Gufron dan Abdullah, Sahami (2019) PENGARUH PjBl (PROJECT BASED LEARNING) TERINTEGRASI STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING MATHEMATICS) TERHADAP LITERASI SAINS ASPEK KOMPETENSI SAINS PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17334/1/INTAN%20SAIDATURRAHMI.pdf