eprintid: 17331 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/31 datestamp: 2023-05-03 01:50:18 lastmod: 2023-05-03 01:50:18 status_changed: 2023-05-03 01:50:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hayati, Indah Suci creators_name: Meitiyani, meitiyani creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: mayarni@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Kemampuan Menganalisis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI IPA di SMAN 102 Jakarta ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menganalisis siswa pada materi Sistem Ekskresi kelas XI IPA beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA di SMAN 102 Jakarta. Dilaksanakan bulan Februari-Agustus. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPA 2. Sebanyak 33 siswa dijadikan sampel yang diambil secara Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal sistem ekskresi pilihan ganda yang terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek membedakan, mengorganisasi, dan mengatribusi untuk mengukur kemampuan menganalisis siswa, dan angket faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase rata-rata kemampuan menganalisis siswa sebesar 57,39%, yang termasuk dalam kategori kurang. Adapun hasil persentase rata-rata peraspek yaitu aspek membedakan sebesar 57,57%, aspek mengorganisasi sebesar 58,05%, dan aspek mengatribusi sebesar 56,56%. Berdasarkan hasil perhitungan angket diperoleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan menganalisis siswa berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi ialah intelegensi dengan rata-rata persentase 58,9%, minat dan rasa percaya diri dengan rata-rata persentase sebesar 62.6%. Dan faktor eksternal yang mempengaruhi ialah relasi guru dengan siswa yang memiliki rata-rata persentase sebesar 52,6%. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Achmad, Panggih I. (2016). Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Kelas Iv Sd Se-Gugus Boden Powell Gebang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 19(5), 1861–1869. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen (Ed. 1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Arifuddin, M., & M, A. S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Analisis Sintesis Siswa Kelas X Mia 6 Sman 2 Banjarmasin Melalui Model Pengajaran Langsung Dengan Metode Problem Solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 98–117. Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. B, M., Hidayat, M. Y., & Anggereni, S. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Berbasis Taksonomi Kognitif Bloom, 6(2), 96–101. Retrieved From Http://Journal.Uin-Alauddin.Ac.Id/Indeks.Php/Pendidikanfisika Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-Direktorat Ketenagaan. Dimyati, & Mujiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Pt. Rineka Cipta. Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar (Revisi). Jakarta: Pt. Rineka Cipta. Fatonah, S., & Prasetyo, Z. K. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Febriyanti, C. (2014). Peran Minat Dan Interaksi Siswa Dengan Guru. Jurnal Formatif, 4(3), 245–254. Fujika, A., Anggereini, E., & Budiarti, R. S. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma N 5 Kota Jambi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Biodik, I(1), 1–10. Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Lp.2014v17n1a5 71 Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016 / 2017, 5(1). Herlina, L., & Suwatno. (2018). Kecerdasan Intelektual Dan Minat Belajar Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa, 3(2), 106–114. Ilma, R., Hamdani, A. S., & Lailiyah, S. (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer Dan Verbalizer. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1), 1–14. Irnaningtyas. (2013). Biologi Kelas Xi Untuk Sma Dan Ma. Jakarta: Erlangga. Jatmiko. (2015). Eksperimen Model Pembelajaran Think-Pair- Share Dengan Modul ( Tps-M ) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 417–426. Karwono, & Mularsih, H. (2018). Belajar Dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar (1st Ed.). Depok: Rajawali Pers. Kompri. (2017). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (1st Ed.). Yogyakarta: Media Akademi. Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya. Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. Mulyana, Y. (2016). Penggunaan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Dalam Pembelajaran Ips. International Journal Pedagogy Of Social Studies, 1(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17509/Ijposs.V1i1.2083 Nawawi, S., Oviyanti, F., & Faizah, U. (2017). Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Materi Sistem Saraf Manusia. Edubiolik, 2(2), 30–39. Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia. Novita, S., Santosa, S., & Rinanto, Y. (2016). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Dengan Guided Discovery Learning. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 359–367. Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi 72 Belajar Melalui Model Pbl Abstrak, 6(1), 35–43. Nugroho, R. A. (2018). Hots (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Konsep, Pembelajaran, Penilaian, Dan Soal-Soal). (T. Y. Kurniawati, Ed.) (Ed.1). Jakarta: Pt. Gremedia. Nur, M., Sahidu, H., & Kosim. (2017). Pengaruh Model Pemecahan Masalah Polya Berbantuan Lkpd Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Fisika Peserta Didik Sman 1 Selong Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 155–163. Nuraini, Tindangen, M., & Maasawet, E. T. (2016). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry Dan Permasalahan Siswa Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Di Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Pengembangan, 1(10), 2066–2070. Nurhayati, & Angraeni, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa ( Higher Order Thinking ) Dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika Melalui Model Problem Based Learning, 3(2), 119–126. Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar Dan Pembelajaran (Ed. 1 Cet.). Depok: Pt Rajagrafindo Persada. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya. Ratna, E., Rahayu, S., & Fajaroh, F. (2016). Pengaruh Learning Cycle–5e Berkonteks Ssi Terhadap Pemahaman Hakikat Sains Pada Materi Larutan Penyangga Dan Hidrolisis Garam Siswa Sma Eris. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 25–35. Https://Doi.Org/10.17977/Jps.V4i1.8177 Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di Sman X Kota Tangerang Selatan, 2(1), 18–29. Rusyna, A. (2014). Keterampilan Berpikir: Pedoman Praktis Para Peneliti Keterampilan Berpikir. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Sagala, S. (2012). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Ed.1 Cet.6). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sartika, S. B., & Nuroh, E. Z. (2016). Implementasi Pembelajaran Ipa Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Analisis Siswa Smp. Pros. Semnas. Ipa Pascasarjana Um, 1(2). 73 Sartono, N., Rusdi, & Handayani, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Sman 27 Jakarta Pada Materi Sistem Imun. Jurnal Pendidikan Biologi (Biosferjpb), 10(1), 58–64. Setiawati, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Analisis Transaksi Dalam Menyusun Jurnal Dengan Model Problem Based Learning Melalui Pengamatan Bt / Bk, 1(1), 1–8. Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Ed. Rev.,). Jakarta: Rineka Cipta. Suardi, M. (2015). Belajar Dan Pembelajaran (1st Ed.). Yogyakarta: Deepublish. Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cet. 14). Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta. Suryadi, A., & Kamilati, N. (2017). Sains: Hakikat, Urgensi, Dan Pembelajarannya (Ed 1). Yogyakarta: Deepublish. Susilaningrum, D. F., Santosa, S., & Ariyanto, J. (2017). Studi Komparasi Antara Penerapan Model Learning Cycle 5e Dan Discovery Learning Terhadap Capaian Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Boyolali, 14, 331–339. Undang-Undang Ri Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Wahyono, Suciati, & Sutarno. (2014). Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis Problem Posing Disertai Spider Concept Map Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Menganalisis Siswa Sman 1 Sumberlawang. Bioedukasi, 7(2), 32–38. Winarti. (2015). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Dan Evaluasi Mahasiswadalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Inovasi Dan Pembelajran Fisika, 2(2), 19–24. Yuriza, P. E., Adisyahputra, & Sigit, D. V. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Tingkat Kecerdasan Dengan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Smp, 11(1), 13–20. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/Biosferjpb.11-1.2 74 Yustitia, V. (2017). Kemampuan Analisis Mahasiswa Pgsd Terhadap Tujuan Pembelajaran Dimensi Kognitif Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Sd. Scholaria, 7(1), 83–93. Yustyan, S., Widodo, N., & Panyiwati, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X Sma Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 240–254. Zahriah, Hasan, M., & Jalil, Z. (2016). Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Dan Hasil Belajar Pada Materi Vektor Di Sman 1 Darul Imarah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 04(02), 151–161. citation: Hayati, Indah Suci dan Meitiyani, meitiyani dan Mayarni, Mayarni (2019) Kemampuan Menganalisis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI IPA di SMAN 102 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17331/1/INDAH%20SUCI%20HAYATI.pdf