TY - THES Y1 - 2019/08/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menganalisis siswa pada materi Sistem Ekskresi kelas XI IPA beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA di SMAN 102 Jakarta. Dilaksanakan bulan Februari-Agustus. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPA 2. Sebanyak 33 siswa dijadikan sampel yang diambil secara Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal sistem ekskresi pilihan ganda yang terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek membedakan, mengorganisasi, dan mengatribusi untuk mengukur kemampuan menganalisis siswa, dan angket faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase rata-rata kemampuan menganalisis siswa sebesar 57,39%, yang termasuk dalam kategori kurang. Adapun hasil persentase rata-rata peraspek yaitu aspek membedakan sebesar 57,57%, aspek mengorganisasi sebesar 58,05%, dan aspek mengatribusi sebesar 56,56%. Berdasarkan hasil perhitungan angket diperoleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan menganalisis siswa berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi ialah intelegensi dengan rata-rata persentase 58,9%, minat dan rasa percaya diri dengan rata-rata persentase sebesar 62.6%. Dan faktor eksternal yang mempengaruhi ialah relasi guru dengan siswa yang memiliki rata-rata persentase sebesar 52,6%. A1 - Hayati, Indah Suci A1 - Meitiyani, meitiyani A1 - Mayarni, Mayarni TI - Kemampuan Menganalisis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI IPA di SMAN 102 Jakarta M1 - bachelor PB - Universitas Prof.Dr. Hamka AV - public UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17331/ ID - repository17331 ER -