eprintid: 17330 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/30 datestamp: 2023-05-03 01:50:15 lastmod: 2023-05-03 01:50:15 status_changed: 2023-05-03 01:50:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sari, Indah Puspita creators_name: Amirullah, Gufron creators_name: Abdullah, Sahami creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id title: Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MIPA SMAN 13 Jakarta ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa melalui kelas X MIPA serta upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 13 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA dan sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 4 yang berjumlah 34 orang siswa, diantaranya terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 12 orang dan perempuan sebanyak 22 orang di SMAN 13 Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling atau judgement sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dipilih peneliti secara sengaja berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes uraian sebanyak 7 soal yang telah dilakukan uji coba instrumen dan non tes (wawancara). Hasil analisis data kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA 4 di SMAN 13 Jakarta diperoleh berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indikator berpikir lancar (fluency) dengan presentase sebesar 74,71% termasuk dalam kategori kreatif, indikator berpikir luwes (flexibility) dengan presentase sebesar 74,51% termasuk dalam kategori kreatif, indikator berpikir orisinil (originality) dengan presentase sebesar 41,77% termasuk dalam kategori sedang, dan indikator berpikir memerinci (elaboration) dengan presentase sebesar 61,77% termasuk dalam kategori kreatif. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu memberikan motivasi, memberikan arahan untuk belajar mandiri sebelum mata pelajaran berlangsung, berusaha untuk memberikan permasalahan di luar buku untuk menyelesaikan permasalahan. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abu al Hijaj, Yusuf. Penerjemah Rochmat. (2010). Kreatif atau Mati. Solo: Ziyad Visi Media Amalia, A. N., & Widayati, A. (2012). Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas Xii Sma Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Di Kota Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.919 Amin, M. (2016). Perkembangan biologi dan tantangan pembelajarannya. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek, 2016, 1–11. https://doi.org/2557-533x Arifin, Zainal. (2005). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta _____________. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Desak Ketut Sarining Sekar, Ketut Pudjawan, I. G. M. (2015). PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV Universitas Pendidikan Ganesha. Diki, Diki. (2014). Creativity for Learning Biology in Higher Education. Lux, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.5642/lux.201303.03 Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Assimilation : 1(1), 21–28. Herdiansyah, Haris. (2015). Wawancara, Observasi dan Focus Groups. Jakarta: Rajawali Pers Latuconsina, Hudaya. (2014). Pendidikan Kreatif Menuju Generasi Kreatif dan Kemajuan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Muazar, Habibi. (2015). Kreativitas dan Pengembangannya. Yogyakarta : Deepublish Munandar, Utami. (2014). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Nurhamidah, D., Masykuri, M., & Dwiastuti, S. (2018). Profile of senior high school students’ creative thinking skills on biology material in low, medium, and high academic perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012035 Pusfarini. (2018). Pembelajaran Sains Berbasis Masalah Berorientasi HOTS. Surabaya: Pustaka Media Guru Riadi, Edi. (2016). Metode Statitika Parametrik dan Non Parametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri Rustaman, Nuryani. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Univeritas Negeri Malang Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara Sayogya, Tut. (2008). Creative Mind. Jakarta: Elex Media Komputindo Soekarman. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Sains di Abad ke- 21. Surabaya: Pustaka Media Guru Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403 Sugiyanto, F. N., Masykuri, M., & Muzzazinah, M. (2018). Analysis of senior high school students’ creative thinking skills profile in Klaten regency. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012038 Undang Undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. Retrieved from http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 TRANSFORMASI PENDIDIKAN ABAD 21 SEBAGAI TUNTUTAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA GLOBAL.pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib. Winaryati, E. (2018). Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1), 6–19. Wu Suen, L. J., Huang, H. M., & Lee, H. H. (2014). A comparison of convenience sampling and purposive sampling. Journal of Nursing, 61(3), 105–111. https://doi.org/10.6224/JN.61.3.105 Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan Yang Diajarkan. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, (December 2016), 1–17 citation: Sari, Indah Puspita dan Amirullah, Gufron dan Abdullah, Sahami (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MIPA SMAN 13 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17330/1/INDAH%20PUSPITA.pdf