TY - THES M1 - bachelor ID - repository17330 A1 - Sari, Indah Puspita A1 - Amirullah, Gufron A1 - Abdullah, Sahami PB - Universitas Prof.Dr. Hamka N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa melalui kelas X MIPA serta upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 13 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA dan sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 4 yang berjumlah 34 orang siswa, diantaranya terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 12 orang dan perempuan sebanyak 22 orang di SMAN 13 Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling atau judgement sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dipilih peneliti secara sengaja berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes uraian sebanyak 7 soal yang telah dilakukan uji coba instrumen dan non tes (wawancara). Hasil analisis data kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA 4 di SMAN 13 Jakarta diperoleh berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indikator berpikir lancar (fluency) dengan presentase sebesar 74,71% termasuk dalam kategori kreatif, indikator berpikir luwes (flexibility) dengan presentase sebesar 74,51% termasuk dalam kategori kreatif, indikator berpikir orisinil (originality) dengan presentase sebesar 41,77% termasuk dalam kategori sedang, dan indikator berpikir memerinci (elaboration) dengan presentase sebesar 61,77% termasuk dalam kategori kreatif. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu memberikan motivasi, memberikan arahan untuk belajar mandiri sebelum mata pelajaran berlangsung, berusaha untuk memberikan permasalahan di luar buku untuk menyelesaikan permasalahan. Y1 - 2019/08/29/ AV - public TI - Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MIPA SMAN 13 Jakarta UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17330/ ER -