eprintid: 17329 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/29 datestamp: 2023-05-03 01:50:12 lastmod: 2023-05-03 01:50:12 status_changed: 2023-05-03 01:50:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aprilina, Herdianti Rizky creators_name: Meitiyani, Meitiyani creators_name: Anugrah, Devi creators_id: herdiantiikyaprilina@gmail.com creators_id: Meitiyani@uhamka.ac.id creators_id: devi.anugerah@uhamka.ac.id title: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Sel ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi berpikir analisis siswa SMA kelas XI pada materi sel. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI SMA Negeri 12 Tangerang pada semester ganjil 2019/2020. Sampel diambil secara Simple Random Sampling dengan responden sebanyak 30 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda kemampuan berpikir analisis pada materi sel, angket tertutup dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan tiga indikator. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan analisis siswa pada indikator mengorganisasi memiliki nilai 70,1% yang tergolong kedalam kategori cukup, indikator membedakan memiliki nilai 53,8% yang tergolong kedalam kategori kurang sekali dan indikator mengatribusikan memiliki persentase 55,3% yang termasuk dalam kategori kurang. date: 2019-10-21 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anderson, L.W. dan Krathwohl D.R. (2001). Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Annisa, N., dkk (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Unnes Journal of Biology Education, 5 (2), 163-170. Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Asegaff, A., dkk. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Penelitian Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.1 No.1. Astriani, D., dkk. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru IPA dalam Perkuliahan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol.2 No.1. Aunurrahman (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta. Ilma, R., dkk. (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1), 1-14. Kurniawan, Budi, dkk. (2017). Studi Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol.4. No.2. 156. Kuswana, W.S. (2013). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Novita, Sania, dkk. (2016). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016: 359-367. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Qomariya, Y., dkk. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Siswa SMP Negeri 3 Bangkalan dengan Menggunakan Merode Pictorial Riddle dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal of Natural Science Education Reseach, Vol.1 No.1. 52 Slameto (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta. Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Suryanda, A., dkk. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB), Vol.9 No.2. Wahyono, dkk. (2014). Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis Problem Posing Disertai Spider Concept Map untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Menganalisis Siswa SMAN 1 Sumberlawang. BIOEDUKASI, 7(2), 32-38. Winarti. (2015). Profil Kemampuan Berpikir Analisis dan Evaluasi Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, Volume 2 Nomor 1. citation: Aprilina, Herdianti Rizky dan Meitiyani, Meitiyani dan Anugrah, Devi (2019) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Sel. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17329/1/Herdianti%20Rizky%20Aprilina.pdf