eprintid: 17328 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/28 datestamp: 2023-05-03 01:50:10 lastmod: 2023-05-03 01:50:10 status_changed: 2023-05-03 01:50:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Iriantini, Henny creators_name: Amirullah, Gufron creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id creators_id: mayarni@uhamka.ac.id title: Pengaruh Pendekatan TASC (Thinking Actively In Social Context) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan disetiap Negara. Dalam proses pendidikan terjadi proses belajar mengajar untuk merubah seseorang yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. TASC (Thinking Actively in Social Context) merupakan salah satu jenis pendekatan pembelajaran dengan menyelesaian masalah secara umum dan untuk mempromosikan pengalaman belajar yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan TASC (Thinking Actively in Social Context) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi ekosistem. Penelitian ini di laksanakan di SMA Negeri 39 Jakarta pada bulan maret – Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimental semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperiment dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk soal uraian atau essay dengan 10 soal dengan 4 indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu berpikir lancar (fluency), berpikir luwes (flexibility), berpikir orsinal (originality), dan berpikir merinci (elaboration). Hasil presentase tes kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperiment dan kelas kontrol tertinggi pada kemampuan indikator berpikir luwes (flexibility), kelas eksperiment sebesar 98,5% dan kelas kontrol sebesar 90,5%, sedangkan pada kelas eksperiment nilai terendah pada indikator berpikir orisinal (originality) sebesar 55.00% dan kelas kontrol pada indikator berpikir orisinal (originality) sebesar 46,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posstest kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperiment memperoleh nilai 76,94 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 68,02. Uji hipotesis menggunakan Uji-t pada taraf signifikan α = 1 % diperoleh thitung 4,96 > t0,99 2,38 yang berarti H0 ditolak. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran TASC (Thinking Actively in Social Context) berpengaruh terdahap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi ekosistem. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Asmara, R., E. Susantini, and Y.S. Rahayu. 2015. “Biologi Berorientasi Pendekatan TASC (Thinking Actively In Social Conteks) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa.” Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya 5(1): 885–90. Faulkner, C. 2008. “Creativity and Thinking Skills in Mathematics: Using The TASC Wheel as The Basis For Talented puupils to Create their Own Thinking Frameworks”. Gifted Education Internasional. Vol 24. Pp 288-296. Irma, Yuniar Wardhani. 2018. “Pembelajaran thinking actively in Social Context untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Siswa SMA”. Journal of Biology Education. Vol.1, No.1 Tersedia: http:/journal.stainkudus.ac.id?index.php?jbe. Lutvaidah, Ukti. 2016. Pengaruh Metode dan pendekatan terhadap penguasaan Konsep Matematika, Jurnal Formatif. Vol. 5 No. 3 Tersedia: https://journal.lppmunindra.ac.id Maker, C. J. and Zimmerman, R. 2008. “Problem solving in acomplex World: Integrating DISCOVER. TASC and PBL in a Teacher Education Project”. Gifted Education Internasional.Vol 24, Pp 160-178. Maltby, F. 1993. ”Teaching Mathematics Through "Thinking Actively in Social Context”. Gifted Education International 1993 Vol 9, pp 45-47. Jurnal pendidikan sains pascasarjana universitas negeri surabaya Vol.2, No.2. Tersedia: https:/journal.unesa.ac.id (31 Januari 2019). Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta. Rosidi, Irsad. 2017. Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Pengelolaan Limbah dengan Pendekatan TASC (Thinking Actively In Social Context). Science 54 Education Journal. Vol. 1 No.1 Tersedia: http://ojs.umsida.ac.id/index.php/sel Rosidi, Irsad. Ibrahim, Muslimun dan Tjandrakirana. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa menggunakan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan TASC (Thinking Actively In Social Context). Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Vol. 2. No. 2. Tersedia: https://journal.unesa.ac.id Ratnawulan, Elis dan Rusdiana, H. A. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Slavin, Robe rt E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Prakteik Edisi Delapan. Jakarta: PT Indeks. Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Prakteik Edisi Sembilan. Jakarta: PT Indeks. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekaran Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung Suyadi, 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. Turdjai. 2016. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Triadik. Volume 12, No. 2. Tersedia: https://ejournal.unib.ac.id Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. 55 Wallace, B. and Bentley, Richard. 2012. Teaching Thinking Skills Across the Middle Years A Practical For Chirdren Aged 9-14. Routledge: London and New York. Yuniza, Nursilawati. 2017. Pengaruh model Pembelajaran Modified Free Inquiry terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekosistem pada Kelas X SMA PGRI Rancaekek. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi. Tersedia: http://digilib.uinsgd.ac.id (31 Januari 2019 citation: Iriantini, Henny dan Amirullah, Gufron dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Pendekatan TASC (Thinking Actively In Social Context) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17328/1/HENNY%20IRIANTINI.pdf