TY - THES M1 - bachelor ID - repository17328 A1 - Iriantini, Henny A1 - Amirullah, Gufron A1 - Mayarni, Mayarni PB - Universitas Prof.Dr. Hamka N2 - Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan disetiap Negara. Dalam proses pendidikan terjadi proses belajar mengajar untuk merubah seseorang yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. TASC (Thinking Actively in Social Context) merupakan salah satu jenis pendekatan pembelajaran dengan menyelesaian masalah secara umum dan untuk mempromosikan pengalaman belajar yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan TASC (Thinking Actively in Social Context) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi ekosistem. Penelitian ini di laksanakan di SMA Negeri 39 Jakarta pada bulan maret ? Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimental semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperiment dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk soal uraian atau essay dengan 10 soal dengan 4 indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu berpikir lancar (fluency), berpikir luwes (flexibility), berpikir orsinal (originality), dan berpikir merinci (elaboration). Hasil presentase tes kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperiment dan kelas kontrol tertinggi pada kemampuan indikator berpikir luwes (flexibility), kelas eksperiment sebesar 98,5% dan kelas kontrol sebesar 90,5%, sedangkan pada kelas eksperiment nilai terendah pada indikator berpikir orisinal (originality) sebesar 55.00% dan kelas kontrol pada indikator berpikir orisinal (originality) sebesar 46,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posstest kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperiment memperoleh nilai 76,94 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 68,02. Uji hipotesis menggunakan Uji-t pada taraf signifikan ? = 1 % diperoleh thitung 4,96 > t0,99 2,38 yang berarti H0 ditolak. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran TASC (Thinking Actively in Social Context) berpengaruh terdahap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi ekosistem. Y1 - 2019/08/30/ AV - public TI - Pengaruh Pendekatan TASC (Thinking Actively In Social Context) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17328/ ER -