eprintid: 17327 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/27 datestamp: 2023-05-03 01:50:09 lastmod: 2023-05-03 01:50:09 status_changed: 2023-05-03 01:50:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hakim., Harisah Mariu creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Hubungan Antara Efikasi Diri (Self Efficasy) Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Eksresi di SMA Negeri 12 Rangkasbitung ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besar koefisien korelasi antara self efficacy dengan kemampuan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 2 Rangkasbitung. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Rangkasbitung pada bulan Februari - Agustus 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 2 Rangkasbitung dengan jumlah 170. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster random sampling dengan jumlah 32 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket self efficacy dan tes kemampuan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket self efficacy dan tes kemampuan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhit > rtab (0,520 > 0,349) yang berarti hipotesis berada di daerah penolakan Ho. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa adanya hubungan antara self efficacy dengan kemampuan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 2 Rangkasbitung. Self efficacy memberikan konstribusi sebesar 27% terhadap kemampuan berpikir kritis. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53. Agnah, S. M., Rusdi, & Yanti, H. (2018). Pengaruh Metode Peta Argumen dan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. EduSains, 10(2), 217–225. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15408/es.v10i2.7596 Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan Penguasaan Konsep Biologi dan Kemamampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Guided Inquiry di MAN 1 Praya. J. Pijar MIPA, XIII(1), 19–23. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.466 Alessio, F. A. D., Avolio, B. E., & Charles, V. (2019). Studying The Impact Of Critical Thinking On The Academic Performance Of Executive MBA Students. ELSEVIER, 31(January), 275–283. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.02.002 Angelo, Knicki and Robert Kreitner. 2008. Organizational Behavior, Key Concepts, Skills & Best Prcatices Third Edition. New york: McGraw-Hill Companies, Inc. Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.; R. Damayanti, ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara. Astuti, R., Gunawan, W., & Kunci, K. (2016). Sumber-Sumber Efikasi Diri Karier Remaja. Jurnal Psikogenesis, 4(2), 141–151. Citra, A., Hapidin, D., & Akbar, Z. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. 3(1), 18–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136 Dharmawati, Rahayu, S., & Mahanal, S. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Kritis Untuk Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(64), 1598–1606. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6677 Firmansyah, F., Komala, R., & Rusdi. (2018). Self Efficacy and Motivation: Improving Biology Learning. JPBI (JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI INDONESIA), 4(3), 203–208. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i3.6878 Ennis, Robert H . 1985. A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. USA: University of Illinois. 58 Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving Junior High Schools’ Critical Thinking Skills Based On Test Three Different Models Of Learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101–116. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1017a Heriyansyah. (2018). Guru adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, I(1), 116–127. Hernawati, D., & Amin, M. (2017). Analisis Self Efficacy Mahasiswa melalui Kemampuan Presentasi di Kelas. Education and Human Development Journal, 02(1), 26–33. Huang, C. (2016). Achievement goals and self-ef fi cacy : A meta-analysis. Educational Research Review, 19, 119–137. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2016.07.002 Janssen, E. M., Meulendijks, W., Mainhard, T., Verkoeijen, P. P. J. L., Heijltjes, A. E. G., Peppen, L. M. Van, & Gog, T. Van. (2019). Identifying Characteristics Associated with Higher Education Teachers Cognitive Reflection Test performance and Their Attitudes Towards Teaching Critical Thinking. Teaching and Teacher Education, 84, 139–149. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.05.008 Jayawardana. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital. Jurnal BioEdutika, V(1), 12–17. Luzyawati, L., Wiralodra, U., Kritis, K. B., & Riddle, P. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Materi Alat Indera Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 9–21. Malkoç, A., & Mutlu, A. K. (2018). Academic Self-efficacy and Academic Procrastination : Exploring the Mediating Role of Academic Motivation in Turkish University Students. Universal Journal of Educational Research, 6(10), 2087–2093. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.061005 Negoro, R. A., Hidayah, H., Rusilowati, A., & Subali, B. (2018). Peta Konsep untuk Mereduksi Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 45–51. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jp.v3n1.p45-51 Norhasanah. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pembelajaran Biologi. JURNAL PEMBELAJARAN BIOLOGI, 5(1), 105–110. Nurkholis, E., Miarsyah, M., & Indrayanti, R. (2018). The Influence Of Self Efficacy And Learning Indepedence Againts The Outcomes Of The Study 59 Material On Ecosystem Biology High School Student Of Grade X. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 75–80. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.597 Pertiwi, N. G. (2015). Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Daerah Binaan IV Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap. Skripsi. Qudsyi, H., & Irma, M. (2016). Self-efficacy and anxiety of National Examination among high school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 268–275. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.082 Rizkiana, A. (2017). Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) STKIP PGRI Bangkalan. EQUILIBRIUM, 5(2), 117–122. Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Santi, N., Soendjoto, M. A., & Winarti, A. (2018). BIOEDUKSI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(January), 35–39. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v11i1.19738 Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Problem Posing. LITERASI, VIII(1), 49–59. Suciati, R. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah (1), 351–358. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Sugiyono, ed.). Bandung: Alfabeta. Sukasni, A., & Efendy, H. (2017). The Problematic of Education System in Indonesia and Reform Agenda. International Journal of Education, 9(3), 183–199. https://doi.org/10.5296/ije.v9i3.11705 Sulaiman, A., & Syakarofath, N. A. (2018). Berpikir Kritis : Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi, 26(2), 86–96. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38660 Suraya, W. H., & Yunus, J. N. (2017). Self-Efficacy and Academic Performance of Secondary Schools Students in Perak : An Exploratory Outlook. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 6(3). https://doi.org/10.6007/IJARPED/v6-i3/3081 Tauhid, M., Safei, S., & Hidayat, M. Y. (2016). Pengaruh Self Action dan Self Efficacy terhadap Kreativitas Mahasiswa dalam Kegiatan Praktikum Biologi Umum . Jurnal Biotek, 4(2), 315–332. citation: Hakim., Harisah Mariu dan Akbar, Budhi dan Safahi, Luthpi (2019) Hubungan Antara Efikasi Diri (Self Efficasy) Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Eksresi di SMA Negeri 12 Rangkasbitung. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17327/1/HARISAH.pdf