TY - THES M1 - bachelor ID - repository17325 A1 - Hanafi, Galuh Permatasari A1 - Amirullah, Gufron A1 - Safahi, Luthpi PB - Universitas Prof.Dr. Hamka N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan berpiki kritis siswa kelas XI IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 27 Jakarta Pusat pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah quasy experiment (eksperimen semu). Desain penelitian menggunakan Prettest-Posttest control design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 108 siswa dengan sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Prosedur dari penelitian terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis uraian terdiri 10 butir soal dengan enam indikator kemampuan berpikir kritis (merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi, melakukan induksi, melakukan evaluasi, dan mengambil keputusan dan tindakan). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,79, sedangkan nilai siswa kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 74,11. Uji hipotesis menggunaan uji t-test diperoleh t hitung sebesar 3,57 dan t tabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,39, karena t hitung lebih besar dari pada t tabel maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 27 Jakarta pada materi sistem reproduksi manusia. Y1 - 2019/08/30/ AV - public TI - Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI ipa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17325/ ER -