eprintid: 17324 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/24 datestamp: 2023-05-03 01:49:59 lastmod: 2023-05-03 01:49:59 status_changed: 2023-05-03 01:49:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Faricha Hanafriansyah creators_name: Sukandar, Paskal creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: mayarni@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan dalam memecahkan masalah. Studi ini menyelidiki tentang pengaruh penggunaan model PBL (Problem Based Learning) terhadap sikap ilmiah siswa. Metode: yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Post Test Only dengan desain penelitian Posttest Only. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperiment dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah non tes dengan 6 indikator rasa ingin tahu, sikap bertanggungjawab, tidak mudah menyerah, sikap terbuka, bekerjasama dalam kelompok dan sikap disiplin. Hasil: Kedua kelas yang diberikan perlakuan model pembelajaran yang berbeda memiliki peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah terlihat dari rata-rata kelas kontrol yang memiliki rata-rata 62%% dan kelas eksperimen 72%. Uji hipotesis menggunakan Uji-t pada taraf signifikan α = 0,5% diperoleh t hitung 8,342 > t tabel 1,994 yang berarti H0 ditolak. Terdapat pengaruh yang signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) berpengaruh terdahap Sikap Ilmiah siswa kelas XI pada materi sistem kekebalan tubuh. Kesimpulan: Temuan ini menunjukan bahwa model PBL (Problem Based Learning) dapat digunakan untuk membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan dalam memecahkan masalah. date: 2019-11-16 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdurrozak, Rizal. 2016. “Pengaruh Model Problem Based LearningTerhadap Kemampuan Berargumentasi Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pena Ilmiah 1: 1–18. Akinoglu, O., & Tandogan, R. O. (2007). The effects of problem-based active learning in science education on student’s academic achievement, attitude and concept learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science &Technology Education, 3 (1), 71-81 Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group. Anonim. 2007. “Pengelolaan Laboratorium Fisika Sekolah Menengah Atas”. Anwar, Herson. 2009. “Penilaian Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains”. Jakarta : Jurnal Pelangi Ilmu Arends. 2014. dalam Shoimin. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media. Barbara J. Duch, Susan E. Grob, dan Deborah E, Allen. 2001. “The Power of Problem Based Learning. Virginia USA: Stylus Publishing. Boud, D. dan Grahamme I. Feletti. 1997. “The Challenge of Problem Based Learning. London: Design and Potents Act. Dimyati & Mudjiono. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Kependidikan, Dirjen Dikti Depdikbud. Gafar, A.A. & Ridwan, T. (2008). Implementasi proble based learning (pbl) pada proses pembelajaran di BPTP Bandung. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. Nomor VII.12 Gerald Choon.Huat Koh., et.al. (2008). The effects of problem based learning (pbl) during medical school on physician competency: a systematic review. Canadian Medical Association Journal, 178 (1), 34-41. Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro. Gusmentari, Selly. 2014. “Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran IPA.” (September) : 203. 51 Harlen, W. 1996. Teaching and Learning Primary Science. London: Paul Chapman Publishing. Herdiansyah, Haris. 2015. “Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikolog. Jakarta: Salemba Humanika Irwan Nasution, Syafarudin. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta. Irwan, Soeharto. 2008. “Metode Penelitian Sosial, (Bandung: Remaja Roesdakarya, 2008).” Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah; Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Kartiasa, Nyoman. 2006. “Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung: Pudak Scientific Lestari, Puji, Sri Wardani, and Miranita Khusniati. 2019. “Model Problem Based Learning Berbantuan Jurnal Belajar Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa.” JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) 3(1): 38–51. http://ejurnal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/index. Marvasti, Amir B. 2004. Qualitative Research in Sosiolog, an Introduction. Sage Pulication London Nasution, Wahyuddin Nur, and Edi Sahputra. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Kabanjahe Kabupaten Karo.” Vol. 1 No.: 152–64. jurnal.uinsu.ac.id. Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo. Program Studi Pendidikan Biologi, Sarjana. 2017.”Penerapan Media Gambar dalam model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa” pada pembelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Surakarta Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada Saifudin, Achmad. 2010. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) MAN 12”. Jakarta Barat 52 Sitiatava Rizema Putra. 2013. Design Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. ed. Nadia Putri. Baruretno Banguntapan Yogjakarta. www.divapressonlinr.com. Studi, Program et al. 2016. “Sikap Ilmiah Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran.” Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekaran Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung Suprijono, Agus. 2006. “Model Pengembangan Pembelajaran.” : 8–41. Susanto, Ahmad. 2001. “Teori Belajar dan Pembelajaran”. Jakarta: Prenada Media. Syah, Muhhibin. 2011. Psikolog Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset Trianto.2011. “Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”. Jakarta :Bumi Aksara citation: Putri, Faricha Hanafriansyah dan Sukandar, Paskal dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17324/1/FARICHA%20HANA.pdf