eprintid: 17322 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/22 datestamp: 2023-05-03 01:49:56 lastmod: 2023-05-03 01:49:56 status_changed: 2023-05-03 01:49:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syahidah, Fajrina creators_name: Amirullah, Gufron creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: fajrinas97@gmail.com creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id creators_id: mayarni@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terintegrasi Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X di SMA Negeri 98 Jakarta ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran Biologi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 98 Jakarta pada bulan Maret s.d Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment (eksperimen semu), sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 98 Jakarta tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 175 siswa, dengan sampel sebanyak 66 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Dari hasil uji hipotesis digunakan uji-t pada taraf signifikan 1% diperoleh thitung= 8,12 dengan ttabel= 2,66 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model guided inquiry terintegrasi STEM terhadap kemampuan literasi sains siswa SMA kelas X MIPA SMA Negeri 98 Jakarta. date: 2019-09-13 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdurrahman. 2017. Efektivitas dan Kendala Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri terhadap Capaian Dimensi Kognitif Siswa: Meta Analisis. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 02 (1), 1-9. p-ISSN 2301-7562 e-ISSN 2579- 7964. http://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1206 diakses pada tanggal 5 Februari 2019 Abidin, A., Mulyati, T., Yunansah, H. 2017. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara Adholpus, Telima, Arokoyu. 2012. Improving Scientific Literacy among Secondary School Students through Integration of Information and Communication Technology. Journal of Science and Technology, 2 (5), 444- 448. ISSN 2225-7217. http://www.ejournalofscience.org diakses pada tanggal 5 Februari 2019 Adi, W, C., Suwono, H., Suarsini, E. 2017. Pengaruh Guided Inquiry-Blended Learning Terhadap Literasi Sains Mahasiswa Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2 (10), 1369-1376 ISSN 2502-41X. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ diakses pada tanggal 31 Januari 2019 Adisendjaja, Y, H., dkk. 2017. Science Teachers’ Understanding of Scientific Inquiry In Teacher Professional Development. Journal of Physics, 1-8. http://doi.org/10.1088/1742-6596/812/1/012054 diakses pada tanggal 3 Februari 2019 Afriana, J., Permanasari, A., Fitriani, A. 2016. Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2 (2), 202-212 p-ISSN 2406-9205 e-ISSN 2477-4820. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561 diakses pada tanggal 3 Februari 2019 Anggraini, F, I., Huzaifah, S. 2017. Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 722-731 Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Bybee, R, W. 2011. Scientific Engineering Practices in K-12 Clasrooms: Understanding A Framework for K-12 Science Education. VA: NSTA Press Dare, E, A., Ellis, J, A., Roehrig, G, H. 2018. Understanding Science Teachers Implementations of Intergrated STEM Curricular Units Through A Phenomenological Multiple Case Study. International Journal of STEM 63 Edcucation, 5 (4), 1-19. https://doi.org/10.1186.s40594-018-0101-z diakses pada tanggal 3 Februari 2019. Darmawan, Deni., Wahyudin Dinn. 2018. Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya Desianti, N, W, H., Adnyana, P., Setiawan, I, G. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Dengan Setting Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1-12. Diakses pada tanggal 3 Februari 2019 Dewi, N, A, R., Sunarti, T. 2018. Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Sains dengan Model Pembelajaran Guided Inquiry pada SMA untuk Materi Alat Optic. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 7 (3), 381-384 ISSN 2302-4496. Diakses pada tanggal 31 Januari 2019 Dimyati., Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara Khoiriyah, A, J., Zubaidah, S., Syamsuri, I. 2017. Penerapan Inkuiri Terpimpin dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Pengetahuan Siswa kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2 (3), 409-415 ISSN 2502-471X. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ diakses pada tanggal 31 Januari 2019 Ngertini, N., Sadia, W., Yudana, M. 2013. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amlapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 4, 1-10. Diakses pada tanggal 3 Februari 2019 OECD. 2018. PISA 2015: Results In Focus. Retrieved from http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa2015draftframework.htm diakses pada 17 Juli 2019 Pertiwi, R,S., Abdurrahman., Rosidin, U. 2017. Efektivitas LKS STEM untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Tarbiyah, 11-19 diakses pada tanggal 3 Februari 2019 Priansa, D, J. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 64 Puspitasari, A,D. 2015. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. OMEGA: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1 (2), 1-5 ISSN 2443-2911. Diakses pada tanggal 3 Februari 2019 Rohmi, Puspo. 2017. Peningkatan Domain Kompetensi dan Pengetahuan Siswa Melalui Penerapan Levels of Inquiry dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Edusains, 9 (1), 15-23 p-ISSN 1979-7281 e-ISSN 2443-1281 http://dx.doi.org/10.15408/es.v9il.1979 diakses pada tanggal 4 Februari 2019 Rusman. 2016. Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press Sani, R, A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara Sanjaya,W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Septiani, A., Rustaman, N, Y. 2017. Implementation of Performance Assesment in STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Education to Detect Science Process Skill. Journal of Physics, 1-6. http://doi.org/10.1088/1742- 6596/812/1/012052 diakses pada tanggal 3 Februari 2019 Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabet Sulistyowati, Abdurrahman, Jalmo. 2018. The Effect of STEM-Based Worksheet on Students’ Science Literacy. TADRIS: Journal of Education and Teacher Training, 3 (1), 89-96. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2141 diakses pada tanggal 4 Februari 2019 Tamara, A, F., Sunarti, T. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Elastisitas di SMAN 1 Plemahan Kediri. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 6 (3), 1-5 ISSN 2302-4496. Diakses pada tanggal 3 Februari 2019 Toharudin, Uus., Hendrawati, Sri. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora Wulandari, N., Sholihin, H. 2016. Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor. Jurnal Edusains, 8 (1), 66-73 p-ISSN 1979-7282 e-ISSN 2443-1281. http://dx.doi.org/10.15408/es.v8il.1762 diakses pada tanggal 3 Februari 2019 citation: Syahidah, Fajrina dan Amirullah, Gufron dan Mayarni, Mayarni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terintegrasi Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X di SMA Negeri 98 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17322/1/FAJRINA%20SYAHIDAH.pdf