eprintid: 17319 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/19 datestamp: 2023-05-03 01:49:50 lastmod: 2023-05-03 01:49:50 status_changed: 2023-05-03 01:49:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nengsih, En creators_name: Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih creators_name: Meitiyani, meitiyani creators_id: maryanti.setyaningsih@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidance, and Satisfaction) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta didik Kelas X MIA SMAN 1 Cikande pada Materi Perubahan Lingkungan ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran ARCS (attention, relevance, confidance, and satisfaction) terhadap kemampuan memecahkan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cikande pada bulan Maret sampai bulan Juni Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah quasy experiment (eksperimen semu), sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Kontrol Group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 175 siswa dengan sampel sebanyak 67 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan uji normalitas. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis pilihan ganda yang terdiri dari 30 butir soal dalam materi perubahan lingkungan kelas X yang dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan memecahkan masalah (Memahami masalah, Merencanakan penyelesaian masalah, Menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan Melakukan pengecakan kembali). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, siswa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 78.24, sedangkan nilai siswa kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 69.79. Uji hipotesis menggunakan uji t-test polled varian diperoleh thitung sebesar 2.92 dan ttabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 2.656, karena thitung lebih besar daripada ttabel maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidance, and Satisfaction) terhadap kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Cikande pada materi perubahan lingkungan. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alfiyana, R., Sukaesih, S., & Setiati, N. (2018). Pengaruh Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dengan Metode Talking Stick Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Makanan. Journal of Biology Education. 7(2):226-236. p-ISSN: 2252-6579 e-ISSN: 2540-833X. https://doi.org/10.15294/jbe.v7i2.24287 Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Memecahkan masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan ISBN 978-602-70216-1-7. https://doi.org/10.3917/rsi.100.0107 Apriani, E., Djadir, & Asdar. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Perbedaan Gender. Journal of Mathematics Education. 1 (1): 7-11. http://www.ojs.unm.ac.id/imed Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Bakar, A., Dewi, F., & Syafira, S. (2017). Analisis Keterlaksanaan Model Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction pada Pembelajaran Hidrokarbon dan Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. 9(2):1-7. https://doi.org/10.22437/jisic.v9i2.5108 Farida, A., 2016. Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit Di Program Studi Teknik Informatika Stmik Duta Bangsa. Jurnal Sains Tech Politeknik Indonusa Surakarta. 1 (5): 38-47. ISSN : 2355-5009. Hadi Sutarto, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1): 53-61 Irnaningtyas. 2016. Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Erlangga Purnamasari, I., Ratri Aryuna, D., Ekana Chrisnawati, H. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii C SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM). 1 (1) : 1-15 Purwanto. 2013. Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar 51 Rahman, R., & Trisnawati, W. (2016). Perbedaan Kemampuan Memecahkan masalah Matematik Siswa Yang Mengikuti Pembelajaran Dengan Metode Numbered Heads Together Dan Metode KonvensionaL. Infinity Journal. 4 (1) : 96-104. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.75 Stevany Maya, E. 2014. Pengaruh Strategi Arcs (Attention, Relevance, Confidence And Satisfaction) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Tik Peserta didik Kelas Viii Di Smp Negeri 4 Negara. Jurnal program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1) : 1-9. http://dx.doi.org/10.21107/edutic.v1i2.1549 Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Memecahkan masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (2) : 148-158. ISSN: 2086 4280. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270 Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Alfabet : Bandung Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Memecahkan masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang. 2 (1) : 90-96. p-ISSN : 2460-1187. e-ISSN: 2503-281X. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561 Yelma Sari, R., Netriwati, N., & Intan Sari, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction (ARCS) terhadap Kemampuan Berpikir Matematis berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. NUMERICAL (Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika). 1 (1). 35-56. p-ISSN:2356-2684. e-ISSN: 2580-2437. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i1.119 Yulianti, Y., Murdani, E., & Kusumawati, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X. Variabel. 2 (1) : 24-30. p-ISSN : 2593-302X. e-ISSN : 2599-3038. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1029 citation: Nengsih, En dan Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih dan Meitiyani, meitiyani (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidance, and Satisfaction) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta didik Kelas X MIA SMAN 1 Cikande pada Materi Perubahan Lingkungan. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17319/1/En%20Nengsih.pdf