eprintid: 17317 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/17 datestamp: 2023-05-03 01:49:44 lastmod: 2023-05-03 01:49:44 status_changed: 2023-05-03 01:49:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sandi, Dini Ermi creators_name: Murwitaningsih, Susanti creators_name: Yarza, Husnin Nahry creators_id: murwitaningsih@uhamka.ac.id creators_id: husnin.rahry@uhamka.ac.id title: Analisis Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Perencanaan ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Penelitian dilakukan dari bulan Mei hingga Oktober 2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 49 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 49 yang tersebar ke dalam 9 kelas. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal uraian dan lembar angket. Soal terdiri dari 7 indikator pemahaman konsep yaitu mendeteksi, mengaitkan, mengorganisasikan, menelaah, mendiagnosis, mendiferensiasi, dan menguraikan. Angket penelitian digunakan untuk menjaring faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep siswa. Langkah-langkah penelitian terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Data pemahaman konsep Biologi siswa dan data faktor-faktor penyebabnya diolah dengan cara menghitung persentase data tersebut. Hasil penelitian ini ditemukan 2,8% siswa memiliki pemahaman konsep yang rendah, 62,8% sedang, dan 34,3% pemahaman tinggi. Hasil angket menunujukkan bahwa semua faktor yang diteliti berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian besar siswa memiliki tingkat pemahaman yang sedang pada materi sistem pencernaan. Kemampuan mengajar guru sangat menarik minat siswa sebagai faktor yang paling dominan. date: 2019-11-16 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adiprastyo, Bagus., Sumarni, Wowoda., Penerapan Modeling Learning dengan Video Eksperimen untuk Meingkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal UNNES Chemistry in Education. Vol. 2. No. 1. Hal 28-35. Alatas, Fathiah . Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah Fisika Dasar, Edusains, Vol. VI, No. 01, 2014, Hal. 88 Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R (2001). A Taxonomy for Lerarning Teaching, and Assesing, A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objective. New York:Addison Wesley Lonman Inc. Anggoro, M . Thoha. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka Anggraini, Gita Randu. 2017. Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Pada Materi Phytagoras di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kartasura. (Surakarta:Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta) Arief, S. Sadiman, dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Arikunto, Suharsimi. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Ed revisi VI, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta, 2006. Badan Standar Pendidikan Nasional. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Badriah, Liah. Perbedaan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Deduktif Dan Induktif Pada Konsep Ekosistem, Bioedusiana, Vol. 1, No, 1, 2016, Hal. 54 Bakoban, Faizah Ibrahim. 2019. Analisis Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Medan. Skripsi tidak diterbitkan. Candra Arifiana, Improving Students’ Skill In Writing Recount Text By Using Peer Review Technique, Journal of English Language Teaching, Vol. 4, No. 1, 2015, Hal. 3 Damopolii, Insar, dkk,. 2018. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Jurnal Bioedukatika. Vol. 6. No.1. hal 22-30. 54 Departemen Pendidikan, KBBI, Jakarta: Balai Pustaka, 2008, Hal. 60 E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung:Remaja Rosdakarya Offset Effendi, Ramlan. 2015. Konsep taksonomi bloom dan implementasinya pada pelajaran matematika SMP, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1, Hal 75-76 Farida. 2015. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis VCD. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 6. No. 1. Hal.25-32 Febriyanto, dkk. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 4. No. 2. Hal 33 Firmansyah dkk. (2009). Mudah dan Aktif Belajar Biologi. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Hamdu, Ghullam., Agustina, Lisa. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12 N0. 1 April 2011, Hal 90 Handayani, Dede Fitroh. 2011. Meningkatkan Pemahaman Konsep SiswaMelalui Pendekatan Ketrampilan Proses Pada Konsep Laju Reaksi. (Jakarta:Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah) hlm 22 Idtesis.Com. Pengertian Konsep Menurut Para Ahli. (diposting tanggal 20 Maret 2015). https://idtesis.com/konsep-menurut-para-ahli/ Jihad, Asep & Haris, Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Preasindo Komariah, Siti, dkk. 2018. Analisis Pemahaman Konsep dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Program Pendidikan Matematika STKIP PGRI Tulungagung. Vol. 4. No. 1. Kurniawan, Aries Wahyu. 2017. Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas X SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Skripsi Program Studi Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hal 10 55 Made Wena, Strategi Pembelajaran inovatif Kontemporer : suatu tinjauan konseptual operasional, Jakarta:Bumi Aksara, 2010 Maisari, Dwi dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Margiastuti, Siska Nugraheni . dkk, Penerapan Model Giuded Inquiry terhadap Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Ekosistem, Unnes Science Education Journal. 2015. Hal. 1043 Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan . Jakarta: PT. Rineka Cipta Mcmilan, Eileen. Holism: A Concept Analysis, International Journal of Nursing & Clinical Practices, Vol. 5, 2018, Hal. 1 Nahdi, Dede Salim., dkk. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa, Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 4, No. 2, 2018, Hal 10 Novitasari, Diah. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci, Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1. No. 2. Hal 8-18 Novitasari, Yuni. (2016). Bimbingan dan Konseling Belajar (Akademik). Bandung: Alfabeta Nugroho, Adi. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi Berorientasi Objek, Informatika. Bandung. 2005 Prince & Felder, Inductive Teaching and Learning Methode: Definitions, Comparations, and Research Bases. J. Engr. Education, Vol 95. No. 2. 2006. Hal 124 Rahmi Ramadhani, Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph, Jppm, Vol. 01, No.02, 2017, Hal. 72-73 Ramadoan & Sulisworo, Strategi berpikir hipotektikal deduktif dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran fisika. Seminar Nasional Quantum. 2018. Hal. 351 Rismawati & Hutagaol. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep MTK mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa 4(1) p. 91-105 Rusman. (2010). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada 56 Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung; Alfabeta, 2003 Septiana, Dwi dkk, Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Archaebacteria Dan Eubacteria Menggunakan Two-Tier Multiple Choice, Edusains, Vol. VI, No. 2, 2014. Hal. 192 Seruni., Febriyanti, Chatarina., 2014. Peran Minta dan Interaksi Siswa dengan Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 4. No. 3. Hal 249 Siagian, Roida Eva Flora. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 2. No. 2. Hal 122-131 Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta:Raja Grafindo Perkasa, 2009 Sudjana, Nana. 1995. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. (Bandung: Sinar Baru Algensindo. Cet. 3. Hl 47 Sudjoko. (2001) Membantu Siswa Belajar IPA. Yogyakarta: FMIPA UNY Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantittif, Kualitatif, R&D), Penerbit CV. Alfabeta:Bandung. 2015 Taksonomi Bloom, Kata Kerja Operasional Edisi Revisi Tariq, Usman Muhammad, Hypothetico-Deductive Method: A Comparative Analysis, Journal of Basic and Applied Research International, Vol. 7, No. 4, 2015, Hal. 228 Turnip, Noni Dynawati., Hasrudin., Sirait, Riama. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Materi Archabacteria dan Eubacteria. Jurnal Pelita Pendidikan. 6(4) p. 199-203 Utomo, Agung Aditya., Imron, Ali., M, Syaiful. 2017. Pengaruh Penjelasan Guru terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. Wahyuni, Sri. development test system based on linear equations two variable revised taxonomy bloom to measure high order thinking skills at student class VII SMPN Sungguminasa Gowa, Jurnal Daya Matematics, Vol. 5, No. 1, 2017. Hal. 132-135 Yusuf, Amuri. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group citation: Sandi, Dini Ermi dan Murwitaningsih, Susanti dan Yarza, Husnin Nahry (2019) Analisis Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Perencanaan. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17317/1/Dini%20Ermi%20Sandi.pdf