@phdthesis{repository17317, year = {2019}, month = {November}, title = {Analisis Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Perencanaan}, school = {Universitas Prof.Dr. Hamka}, author = {Sandi, Dini Ermi and Murwitaningsih, Susanti and Yarza, Husnin Nahry}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17317/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Penelitian dilakukan dari bulan Mei hingga Oktober 2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 49 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 49 yang tersebar ke dalam 9 kelas. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal uraian dan lembar angket. Soal terdiri dari 7 indikator pemahaman konsep yaitu mendeteksi, mengaitkan, mengorganisasikan, menelaah, mendiagnosis, mendiferensiasi, dan menguraikan. Angket penelitian digunakan untuk menjaring faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep siswa. Langkah-langkah penelitian terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Data pemahaman konsep Biologi siswa dan data faktor-faktor penyebabnya diolah dengan cara menghitung persentase data tersebut. Hasil penelitian ini ditemukan 2,8\% siswa memiliki pemahaman konsep yang rendah, 62,8\% sedang, dan 34,3\% pemahaman tinggi. Hasil angket menunujukkan bahwa semua faktor yang diteliti berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian besar siswa memiliki tingkat pemahaman yang sedang pada materi sistem pencernaan. Kemampuan mengajar guru sangat menarik minat siswa sebagai faktor yang paling dominan.} }