eprintid: 17315 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/15 datestamp: 2023-05-03 01:49:37 lastmod: 2023-05-03 01:49:37 status_changed: 2023-05-03 01:49:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Trenggono, Dimas creators_name: Amirullah, Gufron creators_name: ANUGRAH, DEVI creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id creators_id: devi.anugerah@uhamka.ac.id title: Hubungan Antara Kesadaran Metakognitif Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Pokok Bahasan Fotosintesis ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keeratan hubungan antara kesadaran metakognitif dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada pokok bahasan fotosintesis. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Oktober 2019 di FKIP UHAMKA. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 7 tahun ajaran 2019-2020 berujumlah 55 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes. Intrumen yang digunakan untuk mengukur kesadaran metakognitif berupa angket, berujumlah 41 pernyataan, mencakup perencanaan, pemantauan diri, strategi kognitif, dan kesadaran diri serta instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian berujumlah 10 butir soal, mencakup merumuskan masalah, memberikan argumen, menganalisis, deduksi, induksi, mengevaluasi, serta mengambil keputusan dan tindakan. Hasil menunjukkan bahwa skor rata-rata kesadaran metakognitif 62,43. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis korelasi. Hasil perhitungan korelasi kesadaran metakognitif dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa diperoleh nilai r 0,622 dengan r2 0,387, yang berarti Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan antara kesadaran metakognitif dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada pokok bahasan fotosintesis. date: 2019-11-21 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abidin, Yunus. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama. Alpusari, Mahmud. 2014. Analisis Butir Soal Konsep Dasar IPA 1 Melalui Penggunaan Program Komputer Anates Versi 4.0 for Windows. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Univ. Riau. 3(2). 106-115. Diakses 20/10/2019, 13:34 WIB. http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/2501 Amir, Zubaidah. 2017. Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika. JPPM. 10(1). Hal. 60-67. Diakses 25/02/19, 13:00 WIB. http://jurnal.untirta.ac.id/download Agustin, D., Widowati, H., dan Achyani. 2017. Hubungan Kesadaran dan Regulasi Metakognitif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. Semnasdik FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. Hal: 19-24. Diakses tanggal 31/01/19, 13:15 WIB. http://repository.ummetro.ac.id As’ari, Ruli. 2018. Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dalam Melestarikan Lingkungan Hubungannya dengan Perilaku Menjaga Kelestarian Kawasan Bukit Sepuluh Ribu di Kota Tasikmalaya. 2018. Jurnal GeoEco. 4(1). Hal. 9-18. Diakses 20/10/2019, 13:58 WIB. http://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/19166/15192 Danarjati, D., P., Murtiadi, A., dan Ekawati, A., R. 2014. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Fauzan., Helendra., D., Rahmawati. 2015. Kemampuan Metakognisi Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Padang dan Hubungannya dengan Kompetensi Belajar Biologi. Prosiding Semirata 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat. Hal. 190-199. Diakses 03/10/19, 12:56 WIB. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/semitara2015/article/view/13730 Herni, Yulies. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Atas Lingkungan Sekolah Terhadap Mata Pelajaran Sejarah di SMA Al-Hasra Bojongsari Sawangan Depok. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia. 2(1). Hal. 158-174. Diakses 20/10/19, 20:58 WIB. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JJSDM/article/view/1941 59 Iskandar, S.M. 2014. Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di kelas. ERUDIO. 2(2): 13-20. Diakses tanggal 31 Januari 2019. Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press. Muttaqiin, A., Sopandi, W. 2015. Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis dalam Pembelajaran Penemuan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. 2(2). Hal. 116-125. Diakses 20/10/19. 21:46 WIB. http://ejournal.sps.upi.edu Rahmawati, Ika., Hidayat, Arif., Rahayu, Sri. 2016. Analisis Keterampilan Berpikir Siswa SMP pada Materi Gaya dan Penerapannya. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. Hal. 1112-1119. Diakses 11/02/19, 12:55 WIB. http://pasca.um.ac.id Rati, Ni Wayan., Sucidamayanti, Ni Pt. Wiwin. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. International Journal of Elementary Education. 1 (2). Hal. 115-124. Diakses 11/02/19, 21:05 WIB. http://ejournal.undiksha.ac.id Rusyna, A. 2014. Keterampilan Berpikir: Pedoman Praktis para Peneliti Keterampilan Berpikir. Yogyakarta: Ombak. Santoso, 2014. Ilmu Sosial di Indonesia: Perkembangan dan Tantangan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Santrock, J., W. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika. Smith, M., K. 2010. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Jogjakarta: Mirza Media Pustaka. Solikhatun, Imah., Santosa, Slamet., Maridi. 2015. Pengaruh Penerapan Reality Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi Volume. (7) 3 Halaman 49-60. Diakses 11/02/19, 21:15 WIB. http://sc.syekhnurjati.ac.id Suprijono, A. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Tanjung, Indayana F. 2016. Guru dan Strategi Inkuiri dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Tarbiyah. 23(1). Hal. 64-82. Diakses 21/10/19, 00:46 WIB. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id Wicaksono, A., G., Candra. 2014. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada 60 Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Sains. 2(2): 85-92. Diakses 11 Februari 2019. Pukul 19:00 WIB. http://mulok.library.um.ac.id Yunita, Selly., Rohiat, Salastri., Amir, Hermansyah. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kepahiang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. 2(1). Hal. 33-38. Diakses 21/10/19, 00:49 WIB. http://ejournal.unib.ac.id citation: Trenggono, Dimas dan Amirullah, Gufron dan ANUGRAH, DEVI (2019) Hubungan Antara Kesadaran Metakognitif Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Pokok Bahasan Fotosintesis. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17315/1/Dimas%20Trenggono.pdf