eprintid: 17313 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/13 datestamp: 2023-05-02 07:55:00 lastmod: 2023-05-02 07:55:00 status_changed: 2023-05-02 07:55:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggraini, Dewi creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Analisis Keterampilan Memprediksi Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Ekosistem ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Memprediksi Siswa kelas XI pada materi Ekosistem dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Bekasi pada bulan September tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA berjumlah 288 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan sampel kelas XI MIPA6, XI MIPA 7 dan XI MIA 8 sebanyak 101 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal. Instrumen pendukung yang digunakan berupa lembar angket siswa dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan memprediksi siswa sebesar 73.42 %. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI MIPA 6, XI MIPA 7 dan XI MIPA 8 di SMA Negeri 4 Kota Bekasi tergolong kategori cukup. Cukupnya kemampuan memprediksi siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, media pembelajaran yang digunakan, kegiatan dalam proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, sumber refrensi, kondisi fisik dan psikis siswa. date: 2019-11-19 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta Asrori, M. 2008. Psikologi Pembelajaran. Wacana Prima. Bandung Bundu, Patta. 2006. Penilaian Ketrampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains-SD. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan. Jakarta. Daryanto.2014.Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum. 2013.Yogyakarta: Gava Media Dewi, Shinta. 2008. Keterampilan Proses Sains.Tinta Mas. Bandung. Depdiknas.2006.Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta :Depdiknas. Dimyati & Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta. Djamarah,S. B. & Aswan, Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta. Dewi, R.A.K., Nugroho.S.E., Sulhadi. 2015. Pengaruh Media Computer Based Instruction (CBI) Berorientasi Poe dalam Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Memprediksi Ipa Siswa Kelas IV. Journal of Primary Education . Vol 4 (2) :139-143. Elvanisi, Ade., Hidayat ,Saleh., Fadilah, E.N. 2018.Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol 4 (2): 245-252 Fatimah, Siti. 2017. Analisis Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis Kelamin Dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol.1(1): 57-70. Hafez, Afif& Rashed, Majdi. 2015. Science Process Skills and Attitudes toward Science among Palestinian Secondary School Students. Vol. 5( 1) :14-24. Harlis, Retni. S, Budiarti. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Praktikum dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Kuliah Mikologi Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jambi .Jurnal Biodik. Vol 3(2) :102-112. Iwan Falahudin. 2014.Pemanfaatan Media Pembelajaran .vol 1 (4) :104-117. Istiqomah, Kadaritna, Nina.,& Efkar,. 2017. Efektivitas LKS Berbasis Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Memprediksi dan Inferensi.Vol. 6( 2) : 387-399. 62 Kadaritna, N. 2013. Model Problem Solving Efektif dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa MAN 1 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol.1(1): 37-45. Khotimah, K. 2018. Meningkatkan Kemampuan Higher-Order Thinking Menggunakan Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Sejarah Asia Tenggara. Jurnal Agastya, 8(2),181-187. Mahirah.2017. Evaluasi Belajar Peserta Didik. Dalam Jurnal Idaarah Vol. 1(2) :257-267. Ongowo, R. O., & Indoshi, F. C. (2013). Science process skills in the Kenya certificate of secondary education biology practical examinations. Creative Education, 04(11), 713–717. https://doi.org/10.4236/ce.2013.411101 Padilla, M.J. 2015.“The Science Process Skills”. Paper.www.narst.org. (Diakses 4 Maret 2019). Prasasti, P. A. T. (2017). Efektivitas scientific approach with guided experiment pada pembelajaran IPA untuk memberdayakan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 19–26. Purwanto, N. 2013.Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Rachmantika, Arfika.R., Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol 2, 439-443. Rahayu, A. H. & Poppy, A. 2017. Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang .Jurnal Pesona Dasar. Vol.5(2): 22-33. Rahman, Aditya., dkk. 2017. Profil Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa di Smp Satu Atap Pulau Tunda. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Prosiding Volume 7 No 1. Rahmat,A.,Smith,M.Bin,&Rahim,M.2015. Perilaku Hidup Sehat dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 113-122. Risamasu, P. V. M. 2016. Peran Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jayapura.Universitas Jayapura. Desember 2016. Rustaman, Nuryani. 2012. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Universitas Terbuka. Tangerang Selatan. Rustaman, Nuryani. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Universitas Negeri Malang. Malang. 63 Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta :Kencana. Schultz. 2015. Revisiting Construtivist Teaching Methods in Ontario Colleges Preparing for Accreditation. College Quarterly. 18(2). Shoimin,A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Alfabeta.Bandung. Suherman. 2012. Bimbingan Belajar. Bandung : FIP UPI. Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta. Yuniastuti. E. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Biologi Dengan Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar Pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal Socioscientia. 5(1):31-38. Widayanti, E.Y. 2015. Penguasaan Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Studi Pada Madrasah Mitra STAIN Ponorogo). Kodifikasia.Vol.9(1): 171-198. citation: Anggraini, Dewi dan Akbar, Budhi dan Safahi, Luthpi (2019) Analisis Keterampilan Memprediksi Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17313/1/DewiI%20Anggraini.pdf