eprintid: 17312 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/12 datestamp: 2023-05-02 07:54:59 lastmod: 2023-05-02 07:54:59 status_changed: 2023-05-02 07:54:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hadiat, Dewi Anggraeni Hadiat creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Astuti, Yuni creators_id: yuni.astuti@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Pada Sub Bab Sistem Endokrin Di SMAN 13 Bekasi ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa pada sub bab sistem endokrin serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa di kelas XI SMAN 13 Bekasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMAN 13 Bekasi. Penelitian dilaksanakan bulan Maret-Mei 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 sebanyak 62 siswa yang diambil secara Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal mengenai sistem endokrin dan angket tentang kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar dengan kategori sedang pada sub bab sistem endokrin dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 45,48. Sub materi yang memiliki tingkat kesulitan belajar dengan kategori tinggi yaitu kelenjar endokrin dan sekresi hormon dengan persentase sebesar 39%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dominan berasal dari faktor eksternal, yaitu dari aspek guru dan materi. date: 2019-08-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abas, N. S., Paputungan, M., & Suleman, N. (2019). Pengaruh Pemberian Tugas Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar Reaksi Oksidasi-Reduksi Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Educational Chemistry. Vol1(1) Adriani, S & Lazuardi. (2016). Analisis Kesulitan Belajawa Siswa Pada Materi Sisteme Indra Manusia (Penglihatan, Pendengaran, dan Penfecap) di Kelas XI IPA MAN 1 STABAT. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol5(4). Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar–Dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Badruzzaman, A., & Raharjo. (2019). Profile Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Endokrin. Bio Edu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol8(2) Cimer, Atilla. (2012). What Makes Biology Learning Difficult and Effectiv: Students‟ Views. Academic Journals. Vol7(3). Cimer, Atilla., & Vekli, G. S., (2017). High School Students‟ Written Argumentation Qualities with Problem-Based Computer-Aided Material (PCBAM) Designed about Human Endocrine System. Journal Of Educational Research. Vol5(5). Dimyanti & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Dogru, M. S., & Ozesevgec, L. C., (2018). Biology Subjects Which The Teacher Candidates Have Difficulties In Learning And Leading Reason. European Journal of Education Studies. Vol5(5). Etobro, A. B., & Fabinu, O.E. (2017). Students‟ Perceptions of Difficult Concepts In Biology In Senior Secondary Schools In Lagos State. Global Journal of Educational Research. Vol16(2) Hayati, Nur & Berliatni, Ayu. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil belajar Mahasiswa Universitas Hasyim Asy‟ari Melalui Pembelejaran Discovery Terbimbing. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol2(3) Hidayatussaadah, R., Hidayati, S., & Umniyatie, S. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Archabacteria dan Eubacteria di SMA Negeri 1 Muntilan. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol5(7). Huda, A. I., Harahap, F., and Edi, S. (2017). Analysis of Biological Difficulties in Studying Tissue Culture at State University of Medan Indonesi. International Journal of Humanities Social Sciences and Education. Vol4(11) 72 Irmayanti, Hasruddin., & Kartika., (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa PADA Materi Pokok Hormon di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Matauli Pandan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Vol12(1) Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Jurnal Edukasi. Vol2(1). Ixganda, O., & Suwahyo. (2015). Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Chassis dan Pemindahan Daya Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknik mesin. Vol15(2). Karim, I El. (2017). Kajian Deskriptif Faktor Yang Menyebabkan Kesulitan Belajar Biologi Pada Peserta Didik Kelas XI di Kecamatan Serpong, Skripsi, Jakarta: UIN Jakarta. Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning: Penerapan dalam pembeljaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Veteran. Vol3(1). Kompri. (2017). Belajar Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi. Mawarni, Ira. 2017. Hubungan Tingkat Pendidikan Terhadap Perilaku Prososial Masyarakat, Skripsi, Bandar Lampung: Universitas Lampung. Muspikawijaya, M., Iswari, R. S., & Marianti, A. (2017). Analisis Kesulitan Peserta Dididk SMA/MA Kabupaten Luwu Timur dalam Memahami Konsep pada Materi Metabolisme Sel. Journal of Innovative Science Education. Vol6(2). Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., dan Apsari, R.A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Raida, Sulasfiana Alfi. (2018). Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa Dan Guru SMA Se-Kota Salatiga. Journal of Biology Education. Vol1(2). ________________ . (2017). Penerapan Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Biologi. Vol1(1). Ristiyani, E. dan Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa di SMAN X Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. Vol2(1). Rohmawati, Afifatu. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol9(1). 73 Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Bandung: Rineka Cipta. Sudarsiman, Suciati. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembeljaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulim 2013. Jurnal Florea. Vol2(1). Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Suwarto. (2017). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Uno, Hamzah B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Uzoamaka, E. C., Okafor, C. O., & Akusoba, E. U. (2014). The Impact of Teacher Errors on Senior Students‟ Understanding of Concept Respiration in Awka Anambra State. International Journal of Scientific and Research Publications. Vol(4)11. Wahab, Rohmalina. (2018). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Prees citation: Hadiat, Dewi Anggraeni Hadiat dan Akbar, Budhi dan Astuti, Yuni (2019) Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Pada Sub Bab Sistem Endokrin Di SMAN 13 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17312/1/Dewi%20Anggraeni%20Hadiat.pdf