eprintid: 17308 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/08 datestamp: 2023-04-13 09:03:09 lastmod: 2023-04-30 14:19:57 status_changed: 2023-04-13 09:03:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wibisono, Danu creators_name: Murwitaningsih, Susanti creators_name: Yarza, Husnin Nahry creators_id: danuwibi403@yahoo.com creators_id: murwitaningsih@uhamka.ac.id creators_id: husnin.rahry@uhamka.ac.id title: Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Sel Di SMAN 4 Jakarta ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk untuk menemukan ragam kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dari aspek kognitif dan setiap sub pokok bahasan materi Sel Kelas XI SMAN 4 Jakarta Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2019 .Penelitian ini dilaksanakan pdi SMA Negri 4 Jakarta. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 108 siswa. Instrumen untuk memperoleh data tentang kesulitan siswa dalam aspek kognitif digunakan tes hasil belajar dan angket tertutup untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase kesulitan belajar. Analisis data dengan tes hasil belajar diperoleh persentase kesulitan belajar yaitu pada aspek kognitif C4 dan aspek kognitif C2 dengan masing-masing persentase 63,89% dan 68,75% dengan kriteria kesulitan belajar tinggi. Untuk aspek kognitif C1 dan C3 diperoleh masing-masing persentase kesulitan belajar 57.64% dan 53,89% dengan kriteria kesulitan belajar sedang. Pada sub pokok bahasan Sintesis Protein memiliki persentase kesulitan tertinggi yaitu sebesar 70,37% dengan kriteria tingkat kesulitan tinggi. Dari hasil penelitian aspek kognitif C2 memiliki persentase tertinggi dari pada aspek kognitif lainnya. Serta sub pokok bahasan Sintesis Protein memiliki persentase kesulitan tertinggi. Faktor kesulitan belajar siswa yang dominan berasal dari guru bidang studi, media dan sumber belajar siswa, dari diri siswa itu sendiri dan fasilitas sekolah. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Basiran. (2012). Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan dalam Belajar. Jurnal Edukasi, vol.7, no.1. Budiman, M. S. (2018). Analisis Kesulitan belajar Siswa Kelas XII IPA SMAN 3 Pontianak Pada Materi Reproduksi Sel. Jurnal.untan.ac.id. Hidayatussaadah, R. (2016). . Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria . Jurnal Pendidikan Biologi , Vol 5 No 7: 58-68. Jirana. Syamsiara Nur, N. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan dan Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal saintifik, Vol 1 No 2: 87-93. M.Nur Ghufron, R. R. (2015). Kesulitan Belajar Pada Anak: Identifikasi Faktor yang berperan. Journal.stainkudus.ac.id, vol.3 no.2, 298-309. Rahmadani, W. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SMA Negeri Se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, No. 2: 279-284. Septia Nurbaiti, T. A. (2017). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X IPA Berdasarkan Aspek Kompetensi Kognitif pada Materi Kingdom Animalia Di SMA Negri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2016/2017 Artikel E-JOURNAL. E-Journal, 1-14. Suryani, I. (2016). Analisis Kesulitan Belajar pada Materi Sel. Skripsi FKIP Biologi, 1-46. Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Anderson, K. (2002). A Taxonomy of Learning, Teaching and Assesing Revison of Bloom's Taxonomy. New York: Longman.inc. Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan E.2. Jakarta:. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Budinigsih, A. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Dalyono, M. (2015.). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 84 Desmita, S. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta. Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Jakarta: PT.Bumi Aksara. Henry Purnama Wati, S. N. (2017). Pegangan Guru Biologi Perminatan Matematika dan Ilmu Alam. Klaten: Intan Pariwara. Irham, M. (2014). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. yogyakarta: Ar-ruz Media. Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus Cet.II. Yogyakarta: Nuha Liter. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: T. Remaja Rosdakarya. Sapuroh, S. (2018, November 11). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Memahami Konsep Biologi Pada Konsep Monera Skripsi. Retrieved from uinjkt.ac.id: http://www. uinjkt.ac.id Slameto. (2013). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta. Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. akarta: Rajagrafindo citation: Wibisono, Danu dan Murwitaningsih, Susanti dan Yarza, Husnin Nahry (2019) Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Sel Di SMAN 4 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17308/1/DANU%20WIBISONO.pdf