eprintid: 17306 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/06 datestamp: 2023-04-13 09:03:04 lastmod: 2023-04-30 14:22:19 status_changed: 2023-04-13 09:03:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ra'fah, Azizah creators_name: Akbar, Budhi creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: mayarni@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Biologi Materi Sel Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Jakarta ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta dan mengetahui tingkat kesesuaiannya dengan standar proses. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta pada bulan Mei-Agustus 2019. Sampel penelitian ini adalah pembelajaran Biologi materi sel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis silabus dan RPP. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan pada aspek perencanaan pembelajaran mendapat kategori baik. Komponen dan prinsip-prinsip penyusunan RPP tergolong sudah sesuai dengan standar proses. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran mendapatkan kategori baik ditandai dengan sudah terlaksananya sebagian besar poin-poin pada pengelolaan kelas, terlaksananya tahapan-tahapan pada kegiatan pembuka dan penutup, terlaksananya dengan cukup baik kegiatan pendekatan saintifik, penggunaan media pembelajaran yang sudah beragam dan menggunakan teknologi. Pada aspek penilaian sudah mendapatkan kategori yang sangat baik yaitu sangat sesuai dengan standar proses karena menggunakan pendekatan autentik. Walaupun begitu beberapa bagian perlu dilakukan perbaikan dan pengembangan seperti pada model pembelajaran dan sumber belajar. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ariadi, Didiet Chandra. 2014. Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Biologi di SMA Se-Kota Magelang. Skripsi . Semarang : Universitas Negeri Semarang Arikunto, S. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta : Bumi Aksara Astrada. Suherman, A., Yayat. 2014. Studi Pelaksanaan Standar Proses di Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Mechanical Engineering Education , Vol.1, No.1, Juni 2014 Atika, Sudana, Basyirun. 2017. Analisis Kesenjangan Pelaksanaan Proses Pembelajaran Produktif SMK, Journal Vocational and Career Education , Vol 2, 2017 Ayuningrum, S., Peniati, E. 2016. Analisis Hambatan Guru Biologi SMA di Kota Semarang dan Pemecahannya Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Unnes Journal of Biology Education . Vol. 5, (1), Hal. 1-7. Bariyah, Lailatul., dkk. 2014. Analisis Kesesuaian RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Guru SMPN di Kabupaten Mojokerto Pada Sub Materi Fotosintetis dengan Kurikulum 2013. BioEdu (Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi), Vol. 3, No. 3. ISSN: 2302-9528 Bialangi, Mursito S., dkk. 2018. Profil Pembelajaran Biologi Di Madrasah Aliyah (MA) Kota Palu Sulawesi Tengah. Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA dan Pembelajarannya , Malang : 15 Oktober 2016. Hal. 791-801. Bonney, Kevin M. 2015. Case Study Teaching Method Improves Student Performance and Perceptions of Learning Gains. Journal of microbiology and biology education , Vol. 16, No. 1. DOI :10.1128/jmbe.v16i1.846 Chairani, Shanty. 2016. Peningkatan Belajar Peserta Didik Melalui Metode Praktikum Pada Materi Metabolisme Di SMAN 3 Tangerang. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) , Tangerang : 26 November 2016. Hal. 180-186 93 Cherif, A., Siuda, J., Jedlicka, D., Bondoc, J. & Movahedzadeh, F. 2016. Not All the Organelles of Living Cells Are Equal! Or Are They? Engaging Students in Deep Learning and Conceptual Change. Journal of Education and Practice , Vol. 7, No.17, 2016. Dalyono, Bambang. 2016. Strategi Pembelajaran Inovatif Untuk Mencapai Kompetensi Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING), Tangerang : 26 November 2016. Hal. 29-41 Debrency, Aniko. 2015. Song as saga : curriculum-based song for learning. Proceedings of INTCESS15- 2nd International Conference on Education and Social Sciences , 2-4 February 2015- Istanbul, Turkey : 2-4 February 2015 Fauziah. 2015. Meningkatkan Kemampuan Guru Produktif Dalam Penyusunan Administrasi Pembelajaran Melalui In House Training Pada SMK Negeri 1 Kota Lhokseumawe Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Media Inovasi Edukasi, Vol. 01, No. 01, Hal. 33-49 Febrina, Dilla. 2018. Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses Di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Buana , Vol. 2, No. 1, 2018 Harrison, Elizabeth. 2018. Role-Playing activity to demonstrate diffusion across a cell membrane. Journal of microbiology and biology education . Vol. 19, No. 2. DOI: https://doi.org/10.1128/jmbe.v19i2.1576 Indrawan, Sholeh. 2014. Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sedayu. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H. 2015. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 7, No. 1, Hal. 9-21 Jayadipura, Y. 2018. In House Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP. Jurnal Idaarah , Vol. II, No.2. 94 Kalsum, Mardiah. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan , Vol. 11, No. 1. ISSN 1978-8169 Kampourakis, K., Reiss, M. 2018. Teaching Biology in School ( Global research, issues, and trends) . Routledge : New York Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisainsia- mengalami-peningkatan . diakses pada 7 Juli 2019 Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013 . Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Kurniawan, Taufiq. 2017. Implementasi Standar Proses Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMP Negeri Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Tesis . Tidak diterbitkan. Surakarta : IAIN Surakarta Kusmijati, Neneng. 2014. Penerapan Penilaian Autentik Sebagai Upaya Memotivasi Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian LPPM UMP 2014. Purwokerto, 20 Desember 2014. ISBN 978-602-14930-8 Mahmudah, T. 2015. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 2 Bantul. Artikel E-Journal. Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta Mukarramah, U., Juanda, A., Fitriah, E. 2015. analisis standar proses pembelajaran biologi kelas X di SMA negeri 1 Majalengka Tahun ajaran 2014/2015. Scientiae Educatia , Vol. 5. No. 1. 2015 Mulyasa. 2014. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Muspawi, Mohamad. 2014. Profesionalitas Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Sekolah Dasar Negeri No. 76/IX Desa Mendalo Darat Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, Vol. 17, No. 1, Hal. 57-62 95 Nesi, M., Akobiarek, M. 2018. Pengaruh Minat dan Penggunaan Metode Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, Vol. 1, No. 1, Hal. 80-94 Nuraini., Tindangen, M., Maasawet, E.T. 2016. Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry dan Permasalahan Siswa Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 1, No. 10, Hal. 2066-2070 Pemerintah Indonesia. 2016. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses. Lembaran Negara RI Tahun 2016. Jakarta : Sekretariat Negara Permatasari, A.I., Mulyani, B., Nurhayati, N.D. 2014. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Joyful Learning Dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 SIMO Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3, No. 1, Hal. 117-122 Prabowo, K.B., Rusimamto, P.W. 2016. Pengembangan Silabus Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Dasar Sistem Komputer di SMK Negeri 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro , Vol. 5, No. 3 Pramudi, Titis Abimanyu., Ibrohim., Herawati, Susilo. 2016. Kajian Implementasi Pendekatan Saintifik dan Pemanfaatan Sumber Belajar Potensi Lokal Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Biologi SMA Di-Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA dan Pembelajarannya, Malang : 15 Oktober 2016. Hal. 1151-1163. Purwanto, Ngalim.2013. Prinsip-Pprinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya Rakhmawati, S., Muspiroh, N., Azmi, N. 2016. Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Education: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains , Vol. 5, No. 2: 156-164 Royani, I., Mirawati, B., Jannah, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan 96 Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, Vol. 6, No. 2, Hal. 46-55 Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta :Kencana Saldanha, Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Sanjaya, Wina. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : kencana Siswanti,Indah. 2017. Bersahabat Dengan Biologi Pengembangan Media Kreatif Pembelajaran . Jakarta : Pustaka media guru Sisca, V., Budiarti, RS., Gardjito. 2016. Analisis Hambatan Guru Biologi Pada Implementasi Kurikulum 2013 di Kelas X MIA SMA Negeri Berakreditasi A Se-Kota Jambi. Biodik, Vol. II, No. 2, Hal 86-95. Sobarningsih, N., Sugilar, H., Nurdiansyah, R. 2019. Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika , Vol. 3, No. 1, Januari 2019, hal. 67-84. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) . Bandung : Alfabeta Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor: Konsep dan Aplikasi. Depok : Rajawali Pers Sutopo. 2006. Metodologi penelitian kualitatif . Surakarta : Universitas Sebelas Maret Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi pendidikan dan Tenaga Kependidikan . Jakarta : Kencana Tumurun, S.W., Gusrayani, D., Jayadinata, A.K. 2016. Pengaruh Model Pembelajarn Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No. 1. 97 Veselinovska, S.S., Gudeva, L. K., Djokic, M. 2011. Applying appropriates methods for teaching cell biology. Procedia Social and Behavioral Sciences 15 (2011) 2837–2842. doi:10.1016/j.sbspro.2011.04.199 Widiasworo, erwin. 2018. Mahir penelitian modern . Yogyakarta : Araska Widyasmoro, C., Alimah, Siti. 2015. Analisis Hambatan Guru Biologi Kelas X Dalam Implementasi Standar Proses dan Standar penilaian Kurikulum 2013. Unnes Journal Of Biology Education , 4, (2), 156-165 . Yulianti, Mulyanti, Qurbaniah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Musik Video Sains Pada Materi Sel Kelas XI SMAN 5 Pontianak. Jurnal Bioeducation , Vol. 4, No. 1. 2017 citation: Ra'fah, Azizah dan Akbar, Budhi dan Mayarni, Mayarni (2019) Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Biologi Materi Sel Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17306/1/AZIZAH%20RA%27FAH.pdf