TY - THES M1 - bachelor ID - repository17306 A1 - Ra'fah, Azizah A1 - Akbar, Budhi A1 - Mayarni, Mayarni PB - Universitas Prof.Dr. Hamka N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta dan mengetahui tingkat kesesuaiannya dengan standar proses. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta pada bulan Mei-Agustus 2019. Sampel penelitian ini adalah pembelajaran Biologi materi sel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis silabus dan RPP. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan pada aspek perencanaan pembelajaran mendapat kategori baik. Komponen dan prinsip-prinsip penyusunan RPP tergolong sudah sesuai dengan standar proses. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran mendapatkan kategori baik ditandai dengan sudah terlaksananya sebagian besar poin-poin pada pengelolaan kelas, terlaksananya tahapan-tahapan pada kegiatan pembuka dan penutup, terlaksananya dengan cukup baik kegiatan pendekatan saintifik, penggunaan media pembelajaran yang sudah beragam dan menggunakan teknologi. Pada aspek penilaian sudah mendapatkan kategori yang sangat baik yaitu sangat sesuai dengan standar proses karena menggunakan pendekatan autentik. Walaupun begitu beberapa bagian perlu dilakukan perbaikan dan pengembangan seperti pada model pembelajaran dan sumber belajar. Y1 - 2019/08/30/ AV - public TI - Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Biologi Materi Sel Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Jakarta UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17306/ ER -