eprintid: 17305 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/05 datestamp: 2023-04-13 09:03:01 lastmod: 2023-04-13 09:03:01 status_changed: 2023-04-13 09:03:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Cahyani, Astri Fajar Cahyani, creators_name: Amirullah, Gufron creators_name: Kartikawati, Eka creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id title: Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 4 Kota Bekasi ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kemampuan berpikir analisis siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 4 Kota Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Bekasi pada bulan Juni sampai September tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA berjumlah 288 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan sampel kelas XI MIPA 1, XI MIPA 3 dan XI MIA 4 sebanyak 101 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda, angket dan wawancara. Tes pilihan ganda digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analisis siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Sedangkan angket dan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir analisis siswa. Data dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir analisis siswa sebesar 73% dengan nilai tertinggi sebesar 92 dan nilai terendah sebesar 52. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI MIPA 1, XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 di SMA Negeri 4 Kota Bekasi tergolong baik. Baiknya kemampuan analisis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, media pembelajaran yang digunakan, kegiatan dalam proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, minat siswa, sumber refrensi, kemampuan siswa dalam menguasai materi, kondisi fisik dan psikis siswa, bimbingan dari keluarga, teman sebaya dan bimbingan belajar (bimbel). Adapun jenis kelamin tidak terlalu berpengaruh terhadap kemampuan ini. date: 2019-10-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustina, Y., & Sulastri, Y. L. (2019). Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Matematis Peserta Didik SMP. UJMES, 04(01), 41–44. Akbar, B., Safahi, L., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Critical Incident terhadap keterampilan Analisis Siswa. Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 77–81. Akmala, N. F., Suana, W., & Sesunan, F. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 67–72. Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Annisa, N., Dwiastuti, S., & Fatmawati, U. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Unnes Journal of Biology Education, 5(2), 163–170. Arikunto, Suharsimi (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., & Lukiati, B. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru IPA dalam Perkuliahan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 66–70. Aziz, M. A., Tarmedi, E., & Untung, S. H. (2015). Hubungan Antara Kelompok Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar Siswa SMKN. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(2), 233–238. Balanay, C. A. S., & Roa, E. C. (2013). Assessment on Students’ Science Process Skills: A Student- Centred Approach. International Journal of Biology Education Vol. 3, Issue 1, 24-44. Cahyono, A. D. (2016). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Bimbingan Belajar dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Wiroborang 4 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2014-2015. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 148–167. Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya, 29(1), 30–39. Dewina, S., Suganda, O., & Widiantie, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran 90 Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Menganalisis dan Keterampilan Berargumentasi Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas X. Quagga. ISSN: 1907 – 3089, 9(2), 54–65. Djiwandono, P.I. (2013). Keterampilan Analisis sebagai Bekal Bernalar Kritis. Malang: Malang Pos. E, N. Y., Handoyo, B., & Purwito, H. (2013). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Berpikir Analisis. Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang, 2(1), 1–9 Gaol, D. K. L., & Sirait, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inpafi, 2(2), 30–39. Hamalik, Oemar. (2010). Proses belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara. Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Handayani, P. R. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Questions Students Have terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTS. Miftahul Falah Puncel Dukuh Seti Pati Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Skripsi. STAIN Kudus. Ikhsanudin. (2016). Kemampuan Berpikir Divergen Keterampilan Proses Sains Aspek Biologi Siswa SD Berdasarkan Kegiatan Bimbingan Belajar. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 19–29. Indriaty. (2018). Telaah Kemampuan Berpikir Analisis Mahasiswa Pendidikan Biologi Melalui Tugas Meringkas Sejarah Perkembangan Mikrobiologi di Universitas Samudra. Jurnal Jeumpa, 4(2), 54–60. Irnaningtyas. (2013). Biologi untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta: Erlangga. Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (Pysthots) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, (1), 1–12. Khotimah, K. (2018). Meningkatkan Kemampuan Higher-Order Thinking Menggunakan Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Sejarah Asia Tenggara. Jurnal Agastya, 8(2), 181–187. Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Jurnal Idaarah, I(2), 257–267. Maulani, S., Ramli, M., Sari, D. P., & Parwanto, P. D. W. I. (2016). Penerapan Model Guide Inqury Learning Dipadu dengan Concept Map untuk 91 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X-6 SMA N Kebakkramat. Bio-Pedagogi. ISSN: 2252 - 6897, 5(1), 56–59. Nisa, H., Disman, & Dahlan, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik. Manajerial, 3(5), 157–166. OECD. (2016). Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2015. In Country Note (pp. 1–8). Perwitasari, V. R. S., Sumarmi, & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Group Investigation Berbasis Outdoor Study terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 87–93. Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Qomariya, Y., Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Irsad, R. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP Negeri 3 Bangkalan dengan Menggunakan Metode Pictorial Riddle dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Journal of Natural Science Education Reseach, 1(1), 9–18. Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 132–141. Rahma, A. D., Sulhadi, & Sumarti, S. S. (2016). Implementasi Pembelajaran Sains dengan Media Fotonovela untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD/MI. Journal of Primary Education, 5(1), 1–9. Rahmat, A., Smith, M. Bin, & Rahim, M. (2015). Perilaku Hidup Sehat dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2 (2), 113–122. Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Sipayung, H. D., Sihombing, E., & Sani, R. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Gender terhadap Kognitif Tingkat Tinggi Siswa. In Prosiding Seminar Hilirisasi Penelitian untuk Kesejahteraan Masyarakat (pp. 218–227). Sriyono, H., & Wahyudin. (2016). Peran Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi di SMA Negeri Gugus 01 Kabupaten Tangerang. Research and Development Journal of Education, 3(1), 52–69. 92 Slameto. (2013). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Subardi; Nuryani; Pramono, Shidiq. (2009). Biologi I Untuk Kelas X SMA dan MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). The Effectiveness of CBL Model to Improve Analytical Thinking Skills the Students of Sport Science. International Education Studies, 9(4), 195–203. https://doi.org/10.5539/ies.v9n4p195 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB). ISSN: 0853 - 2451, 9(2), 37–44. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. Thaneerananon, T., & Triampo, W. (2016). Development of a Test to Evaluate Students ’ A nalytical Thinking Based on Fact versus Opinion Differentiation. International Journal of Instruction, 9(2). https://doi.org/10.12973/iji.2016.929a Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Wardani, W., Astina, I. K., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Gender terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Program IPS pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1530–1534. Wardhani, Irma Yuniar. (2018). Pembelajaran Thinking Actively In Social Context untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Siswa SMA. Journal of Biology Education, Vol. 1, No. 1. Winarti. (2015). Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 19–24. Zahriah, Hasan, M., & Jalil, Z. (2016). Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar Pada Materi Vektor di SMAN 1 Darul Imarah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 04(01), 166–177. citation: Cahyani, Astri Fajar Cahyani, dan Amirullah, Gufron dan Kartikawati, Eka (2019) Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 4 Kota Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17305/1/Astri%20Fajar%20Cahyani.pdf