TY - THES A1 - Cahyani, Astri Fajar Cahyani, A1 - Amirullah, Gufron A1 - Kartikawati, Eka ID - repository17305 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17305/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kemampuan berpikir analisis siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 4 Kota Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Bekasi pada bulan Juni sampai September tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA berjumlah 288 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan sampel kelas XI MIPA 1, XI MIPA 3 dan XI MIA 4 sebanyak 101 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda, angket dan wawancara. Tes pilihan ganda digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analisis siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Sedangkan angket dan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir analisis siswa. Data dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir analisis siswa sebesar 73% dengan nilai tertinggi sebesar 92 dan nilai terendah sebesar 52. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI MIPA 1, XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 di SMA Negeri 4 Kota Bekasi tergolong baik. Baiknya kemampuan analisis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, media pembelajaran yang digunakan, kegiatan dalam proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, minat siswa, sumber refrensi, kemampuan siswa dalam menguasai materi, kondisi fisik dan psikis siswa, bimbingan dari keluarga, teman sebaya dan bimbingan belajar (bimbel). Adapun jenis kelamin tidak terlalu berpengaruh terhadap kemampuan ini. AV - public TI - Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 4 Kota Bekasi Y1 - 2019/10/31/ M1 - bachelor PB - Universitas Prof.Dr. Hamka ER -